Sponsors Link

3 Ciri-ciri Solidaritas Organik yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Emile Durkheim merupakan salah satu diantara tokoh sosiologi dunia yang terkenal akan teori solidaritas sosial. Solidaritas sosial sendiri dinyatakan sebagai suatu hubungan antara individu yang saling berhubungan dan melakukan interaksi dalam waktu lama. Interaksi yang dilakukan tersebut lambat laun akan menumbuhkan rasa kebersamaan di dalam diri individu. Solidaritas sosial sendiri terbagi menjadi dua, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Setiap jenis mempunyai ciri-cirinya sendiri. Artikel kali ini hanya akan membahas ciri-ciri solidaritas organik yang perlu diketahui.

ads

Pengertian Solidaritas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, solidaritas adalah suatu sifat yang dimiliki manusia secara solider atau suatu rasa setia kawan terhadap individu atau kelompok. Rasa setia kawan tersebut dapat membuat seseorang rela berkorban demi orang lain ataupun kelompok tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Rasa solidaritas muncul di dalam diri manusia akibat dari rasa kebersamaan yang tumbuh dalam kurun waktu tertentu. Rasa solidaritas yang dimiliki manusia akan menjadi suatu rasa persatuan yang kuat dan mantap. Rasa persatuan akan menghasilkan kerukunan dalam hidup. dengan demikian, contoh hidup rukun bisa berlangsung di setiap lini kehidupan.

Pengertian Solidaritas Sosial

Emile Durkheim dalam Lawang (1994:188) menyatakan bahwa solidaritas sosial merupakan hubungan antar individu atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut setiap individu atau kelompok.  Perasaan dan kepercayaan tersebut lalu diperkuat oleh pengalaman emosional yang dialami oleh sesama individu atau kelompok. Solidaritas sosial dapat terjadi karena adanya persamaan ras, suku, dan perasaan yang sama, sehingga memicu mereka untuk memperbaiki keadaan yang ada di lingkungan sekitar. Solidaritas sosial juga dipengaruhi oleh proses interaksi sosial yang nantinya akan membentuk suatu sentimen komunitas.

Pengertian Solidaritas Organik

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa solidaritas sosial terbagi atas solidaritas organik dan solidaritas mekanik. Solidaritas organik merupakan bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat yang beragam dan telah mengenal pembagian kerja masing-masing secara rinci. Pembagian kerja tersebut didasarkan pada aturan hukum yang restitutif.  Setiap masyarakat ini saling ketergantungan satu sama lain. Motivasi para anggota solidaritas organik adalah berdasarkan pada materi atau upah yang diterima sebagai bayaran atas usaha yang mereka dapatkan. Bayaran tersebut akan digunakan untuk kepentingan mereka sendiri. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi. Solidaritas sosial ini bisa ditemukan di perkotaan yang modern.

Solidaritas organik mempunyai sejumlah ciri, dimana ciri-ciri solidaritas sosial organik yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Pembagian Kerja Tinggi

Setiap anggota solidaritas organik mempunyai keahlian masing-masing. Hal ini membuat pembagian kerja antar individu akan sering dilakukan dan juga akan mempermudah dalam pengorganisiran kerja. Misalnya saja di perusahaan. Hampir setiap perusahaan mempunyai beberapa divisi, seperti manajerial, administrasi, lapangan, dan lain sebagainya. Individu-individu yang berkeahlian itu bisa memasuki divisi-divisi tersebut. Selanjutnya, pihak perusahaan tinggal memerintahkan mereka untuk mengerjakan tugas yang diminta.

Sponsors Link

2. Kesadaran Kolektif Rendah

Meskipun salng ketergantungan, namun individu-individu solidaritas organik tidak mempunyai kesadaran kolektif yang tinggi. Hal ini dikarenakan mereka saling bergantung demi memenuhi kebutuhan mereka, bukan karena atas dasar tolong menolong dan kasih sayang.

3. Bersifat Industrial-Perkotaan

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa solidaritas ini bisa ditemukan di perkotaan yang modern, tempat dimana perindustrian bertumbuh. Industri-industri tersebut secara tak langsung membentuk solidaritas organik beserta individu-individunya, dimana solidaritas ini menjadi terbentuk karena atas dasar keuntungan dan kepentingan pribadi.

Sesudah membahas ciri-ciri tersebut, sudah dijelaskan terlebih dahulu pengertian singkat solidaritas, solidaritas sosial, dan sosial organik. Demikian ciri-ciri solidaritas organik yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 04:20 Oleh :
Kategori : Pendidikan