Sponsors Link

14 Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Komunis di Negarannya

Sponsors Link

Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana kekuasaan berada ditangan rakyat. Kata demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “demos” yang berarti rakyat, dan “kratos” yang berarti kekuasaan. Dari situlah dipahami bahwa dalam sistem demokrasi, kekuasaan akan berada ditangan rakyat. Yang mana berarti bahwa kekuasaan pemerintah berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

ads

Walaupun kekuasaan berada ditangan rakyat, terdapat satu macam demokrasi dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan negara tetapi tetap berorientasi terhadap rakyat. Demokrasi tersebut adalah demokrasi komunis yang sering dianut oleh negara-negara berdasar pada ideologi komunis atau paham marxisme. Demokrasi komunis merupakan sistem demokrasi dimana setiap individu dipaksa tunduk dengan kehendak partai penguasa, negara, serta bangsa. Selain itu dalam pemerintahan demokrasi komunis menekankan adanya kepemilikan bersama ditangan negara, sehingga tidak ada kepemilikan pribadi demi terciptanya masyarakat tanpa ada perbedaan kelas.

Prinsip utama demokrasi komunis adalah semua milik rakyat dan dikuasai negara, sehingga kepemilikan modal atas individu sangat dibatasi demi kemakmuran rakyat bersama. Dalam demokrasi ini demokrasi pada rakyat juga sangat dibatasi dimana berkebalikan dengan demokrasi liberal, sehingga hak asasi manusia dan hak bersuara rakyat juga ikut dibatasi oleh negara yang menganut demokrasi komunis.

Demokrasi komunis pada suatu negara muncul karena adanya partai komunis yang berkuasa, sehingga segala faktor dan unsur-unsur perubahan sosial budaya juga dimulai dari adanya peran dari partai komunis. Kondisi tersebut sesuai dengan salah satu ciri dari demokrasi komunis yaitu sistem satu partai, dimana disini hanya terdapat satu partai besar yang menguasai sistem demokrasi negara yaitu partai komunis. Walaupun pada kenyataan banyak partai lain yang juga ikut berpartisipasi dalam demokrasi negara, namun mereka hanya memiliki peran sebagai sarana aspirasi rakyat. Segala keputusan, pemenang, kebijakan, dan urusan negara tetapi dikuasai oleh partai komunis sebagai partai terbesar penganut sistem demokrasi komunis.

Ciri-ciri Demokrasi Komunis

Partai komunis sebagai poin utama demokrasi komunis harus menjunjung tinggi kepentingan rakyat secara kolektif, dan tidak mengenal adanya kemerdekaan pribadi. Karena dari situlah masyarakat demokrasi komunis percaya kelas sosial bisa ditiadakan, dan dapat terjadi pemerataan pendapatan dan lain sebagainya demi kemakmuran rakyat bersama. Walaupun memiliki tujuan yang baik demi kemakmuran rakyat bersama, namun banyak negara yang mulai meninggalkan sistem pemerintahan demokrasi komunis ini terutama setelah runtuhnya Uni Soviet di tahun 1990.

Pada zaman sekarang ini hanya beberapa negara saja yang masih menganut sistem demokrasi komunis, seperti China atau RRC, Vietnam, Korea Utara, Rusia, dan Laos. Berbagai alasan menyebabkan banyak negara tidak setuju dengan demokrasi komunis, salah satunya adalah sistem pemerintahan yang mengenal cara kekerasan atau pemaksaan dalam upaya mencapai tujuan negara dan mengatur kehidupan warga negaranya. Lalu apa saja ciri-ciri demokrasi komunis, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Tidak percaya atau mengenal adanya Tuhan.
  • Memperbolehkan sistem tindakan kekerasan dan pemaksaan.
  • Hak asasi manusia tidak diakui.
  • Perekonomian dan pemerintahan diatur oleh pusat yang dipimpin satu partai komunis sebagai partai penguasa.
  • Kekuasaan biasanya dipegang oleh satu golongan saja.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa demokrasi komunis juga memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga masih ada negara yang menganut sistem ini dan ada pula yang sudah meninggalkan sistem demokrasi komunis ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan demokrasi komunis:

Kelebihan Demokrasi Komunis

Salah satu kelebihan dari demokrasi komunis dapa dilihat dari tujuan atau orientasi sistem pemerintahan yang diberlakukan serta dampaknya bagi kehidupan warga masyarakatnya, beberapa diantaranya adalah:

Sponsors Link

  • Sistem demokrasi komunis membuat suatu sistem pemerintahan negara menjadi lebih stabil karena hanya dikuasai oleh satu partai penguasa saja, yaitu partai komunis, sehingga pemerintah akan menjadi lebih kuat dari rakyat.
  • Semua kebijakan yang dibuat pemerintah akan mampu diterapkan, karena digunakannya sistem otoriter atau kemungkinan pemaksaan.
  • Tidak adanya berbagai bentuk-bentuk ketimpangan sosial atau kelas-kelas sosial karena pemerintah demokrasi komunis berupaya untuk meratakan pendapatan bagi rakyat, sehingga segala faktor ketimpangan sosial dapat dihindari.
  • Sistem demokrasi komunis merupakan sistem pemerintahan yang berpusat atau kekuasaan ditangan negara termasuk dalam segi ekonomi. Oleh sebab itu perekonomian negara dapat lebih mudah dikendalikan, seperti inflasi, pengangguran, dan contoh masalah sosial lainnya.
  • Jarang terjadinya suatu krisis ekonomi sebagai salah satu masalah negara berkembang, karena kegiatan perekonomian berpusat pada negara dan direncanakan oleh pemerintah.
  • Semua warga negara dianggap sama di mata pemerintah sehingga tidak ada yang lebih diunggulkan
Sponsors Link

Kekurangan Demokrasi Komunis

Selain memiliki kelebihan, demokrasi komunis juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  • Karena kekuasaan ditangan pemerintah dan negara jadi berkemungkinan adanya tindakan sewenang-wenang oleh pemerintah terhadap rakyatnya.
  • Pemimpin pemerintahan cenderung otoriter atau berdasar pada kekerasan dan pemaksaan.
  • Tidak adanya kemerdekaan pribadi, karena semua dianggap miliki bersama ditangan negara.
  • Adanya pembatasan kepemilikan pribadi, sehingga rakyat tidak dapat bebas memiliki modal.
  • Hak asasi manusia tidak diakui, sehingga rakyat tidak bisa banyak menyampaikan aspirasi atau tidak bisa banyak bersuara.
  • Adanya kemungkinan monopoli oleh pemerintah yang dapat mengarah pada banyaknya aksi korupsi oleh pelaku pemerintahan yang merugikan rakyat.
  • Tidak percaya terhadap adanya Tuhan sehingga mayoritas masyarakat merupakan ateis atau tidak punya agama.
  • Privasi dan kehidupan masyarakat akan terganggu karena semua diatur oleh negara, termasuk media massa juga dipegang dan diatur negara.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan demokrasi komunis yang dapat disimpulkan bahwa demokrasi komunis dapat menciptakan suatu kehidupan negara pemerintahan yang stabil karena semua diatur oleh negara. Namun tetap saja demokrasi komunis juga akan merugikan rakyatnya karena hak setiap warga negara sangat dibatasi. Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan demokrasi komunis, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 05:38 Oleh :
Kategori : Pendidikan