Sponsors Link

8 Ragam Usaha Pelestarian Laut di Indonesia yang Belum Banyak di Ketahui

Sponsors Link

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang menjadikan laut sebagai sumber daya alam yang sangat dilindungi dan diandalkan. Terutama untuk sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di pesisir pantai atau daerah dekat laut, sumber daya yang ada di dalam laut Indonesia dijadikan sebagai hasil pendapatan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup karena kegiatan ekonomi yang dapat mereka lakukan adalah berlayar dan mencari ikan. Selain dijadikan kegiatan ekonomi untuk masyarakat di pesisir pantai, laut indonesia sangat mendukung kegiatan ekspor dan impor yang terus mengalami kemajuan.

ads

Meskipun perkembangan wilayah Indonesia terus terjadi secara dinamis, Indonesia memiliki batas wilayah laut yang sudah di atur dalam undang-undang. Batas wilayah laut Indonesia sendiri diukur menggunakan territorial laut sebesar 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif sebesar 200 mil laut. Dengan batasan laut Indonesia yang luas ini, sudah sepantasnya Indonesia begitu menjaga dan merawat lautnya.

Berbagai macam usaha dari pelestarian laut di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah, warga lokal, ataupun para pengikut komunitas pelestarian laut. Hal tersebut dilakukan agar sumber daya lautan Indonesia tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin tingginya peminat wisatawan lokal maupun asing untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia.

Agar dapat senantiasa menjaga kelestarian laut kita, berikut 8 ragam usaha dari pelestarian laut di Indonesia yang dapat diterapkan:

1. Menggunakan Metode Penangkapan Ikan yang Legal

Sudah sejak jaman dahulu, penggunaan bom ikan dilarang untuk kegiatan mencari ikan. Selain menimbulkan polusi pada air laut, bom ikan seringkali merusak terumbu karang dan mematikan spesies-spesies lain selain ikan yang ada dilaut. Hal tersebut berakitab sangat buruk untuk kelangsungan hidup para ikan dan hewan laut lainya. Penggunaan bom ikan, sebaiknya dihindari dan digantikan dengan menggunakan jaring seperti biasanya. Meskipun terbilang tradisional, penggunaan jaring kini dapat dilakukan menggunakan alat penebar jaring yang sudah diatur atau di setting dengan baik sehingga nelayan tidak perlu kerepotan menebar jaring ditengah lautan yang luas.

Selain aman untuk hewan laut, penggunaan jaring laut juga meningkan perekonomian para nelayan khususnya para pembuat jaring laut. Karena dengan membeli barang hasil buatannya, penghasilan mereka lebih terjamin dan roda ekonomi dapat berputar dengan lebih baik.

2. Menangkap Ikan dengan Selektif

Selain menggunakan metode penangkapan ikan yang legal, salah satu usaha pelestarian laut yang dapat dilakukan oleh kita bersama adalah dengan lebih selektif dalam menangkap ikan. Baik ikan yang akan dijual ataupun akan dikonsumi sendiri. Apabila kita mengabaikan jenis atau spesies ikan yang ditangkap, dapat dipastikan beberapa jenis ikan akan segera punah dan hal tersebut menambah permasalahan baru.

Dengan lebih selektif memilih ikan untuk ditangkap, selain menyelamatkan beberapa spesies ikan yang dilindungi dan terancam punah, hal tersebut akan menghindari nelayan menjual ikan-ikan kecil yang belum siap untuk dipasarkan. Karena, bermacam-macam himbauan telah diberikan untuk lebih mengutamakan menangkan ikan besar atau ikan dewasa dari pada ikan kecil.

3. Menjaga Kelestarian Ikan dan Terumbu Karang

Untuk menjaga kelestarian ikan dan terumbu karang, dapat dilakukan kegiatan budidaya dengan menjalin kerjasama antara komunitas dengan pemerintah atau komunitas dengan warga sekitar. Budidaya ini dapat dikategorikan sebagai kegiatan pencegahan untuk menghindari punahnya hewan laut yang langka dan dilindungi serta untuk menjaga keindahan laut Indonesia. Dengan hasil akhir, semakin banyak pengunjung atau wisatawan dari suatu daerah untuk datang dan melihat berbagai macam spesies laut yang dilindungi dan hampir punah.

Sponsors Link

4. Budidaya Terumbu Karang

Kegiatan budidaya terumbu karang ini dapat berupa transplantasi terumbu karang. Untuk melakukan transplantasi terumbu karang, perlu diperhatikan beberapa hal seperti mengidentifikasi jenis terumbu karang, tempat pengembangbiakan terumbu karang, metode pengembangan terumbu karang, dan pengawasan serta pemeliharaan terumbu karang.

Tahapan mengidentifikasi terumbu karang yang akan di transplantasi merupakan salah satu tahapan yang penting dalam usaha membudidayakan terumbu karang. Dengan mengidentifikasi terumbu karang yang akan ditranslantasi, kita dapat menentukan terumbu karang seperti apa yang akan kita jadikan penggantinya. Selanjutnya, kita perlu menentukan tempat yang akan dijadikan lokasi budidaya agar terumbu karang mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Para ahli akan menentukan metode pengembangan terumbu karang yang akan diterapkan karena metode tersebut menentukan seberapa maksimal terumbu karang akan berkembang. Selanjutnya, para ahli akan melakukan pengawasan dan pemeliharaan secara tepat.

5. Peraturan yang Ketat

Perlu kita tahu bahwa pencemaran laut menjadi salah satu permasalahan hukum di Indonesia yang perlu diperhatikan dan ditindak tegas. Dengan diberlakukannya berbagai macam peratuan pemerintah, undang-undang negara maupun undang-undang internasional mengenai kewajiban kita sebagai warga negara untuk selalu berupaya melestarikan sumber daya laut, diharapkan keindahan dan keaslian laut Indonesia semakin terjaga. Dan dengan adanya hukuman atau sanksi atas pelanggaran yang sudah dilakukan, para pelanggar yang mencemari laut dapat merasakan jera dan tidak akan melakukan pencemaran laut lagi. Hal ini merupakan salah satu usaha pelestarian laut yang sangat tepat dan efektif.

Sponsors Link

6. Menjaga Kebersihan

Pernahkah anda membuang sampah di laut atau pesisir pantai? Jika pernah, sebaiknya anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut. Hal tersebut mencemari lautan dan mengganggu ekosistem laut. Berbagai macam spesies lautan hidup disana dengan saling bergantung satu sama lain. Apabila kita sebagai manusia tidak mampu membantu untuk menjaga kebersihan laut dan pantai, dapat diapstikan bahwa kita adalah satu faktor yang membuat laut tercemar.

7. Penanaman Pohon Bakau

Pohon bakau merupakan sebuah tanaman yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah pesisir lautan. Dengan pohon bakau, erosi laut dapat dikurangi dan dicegah tanpa menimbulkan efek yang negatif bagi laut.

8. Fasilitas Umum

Menjaga kebersihan laut ini dapat diawali dengan menjaga kebersihan pantai. Hampir di semua pantai yang dipelihara dan berada di bawah pengawasan pemerintah, disediakan tempat sampah dan difasilitasi oleh dinas kebersihan untuk dipantau kebersihannya dan diberlakukan tindakan pembersihan apabila ditemukan banyak sampah yang berceceran di pantai. Apabila pantai terjamin kebersihannya, kelestarian laut juga akan semakin terjamin. Dengan memanfaatkan fasilitas umum ini, sama saja kita turut membantu dalam usaha pelestarian laut dan pantai.

Itulah 8 ragam usaha dari pelestarian laut di Indonesia yang dapat kita lakukan, untuk menjaga keindahan dan keutuhan laut Indonesia.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Wednesday 15th, November 2017 / 03:00 Oleh :
Kategori : Pendidikan