Sponsors Link

11 Perbedaan Transmigrasi dan Urbanisasi Dalam Tujuan dan Programnya

Sponsors Link

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan. Baik kekayaan alam ataupun kekayaan sumber daya manusia. Hanya saja, pembangunan nasional yang dilakukan oleh Indonesia terkadang terkendala karena minimnya sumber daya manusia yang ada didaerah-daerah tertentu hingga akhirnya dikenal istilah transmigrasi dan urbanisasi. Apa perbedaan transmigrasi dan urbanisasi tersebut?

ads

Baik transmigrasi ataupun urbanisasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran. Hal ini karena dengan transmigrasi dan urbanisasi, sumber daya manusia yang ada bisa merata didaerah-daerah. Walaupun transmigrasi dan urbanisasi merupakan perpindahan penduduk, namun tujuan dari perpindahan tersebut berbeda. Seperti misalnya transmigrasi yang merupakan perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang penduduknya masih sedikit. Sedangkan Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota.

Tidak hanya tujuan, transmigrasi dan urbanisasi memiliki perbedaan-perbedaan lain yang harus diketahui. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah:

  1. Transmigrasi

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, transmigrasi merupakan salah satu bentuk-bentuk mobilitas sosial yang memiliki dampak cukup besar terhadap perubahan sosial. Perbedaan transmigrasi dengan urbanisasi adalah:

  • Tujuan

Bentuk yang paling umum dari transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduk ke pulau yang penduduknya masih sedikit. Salah satu contohnya seperti transmigrasi penduduk pulau Jawa ke pulau Kalimantan.

  • Program Pemerintah

Transmigrasi biasanya diselenggarakan oleh pemerintah sebagai salah satu cara mengatasi masalah penyebaran penduduk yang tidak merata. Itulah kenapa biasanya transmigrasi hanya bisa dilakukan pada tempat-tempat yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Membangun Daerah

Pada beberapa daerah di Indonesia, terdapat contoh masyarakat multikultural yang merupakan bentuk pembangunan daerah tersebut. Hanya saja pembangunan tersebut tidak merata dan transmigrasi adalah salah satu solusi pemecahan yang dapat menyelesaikannya.

  • Harus Memiliki Kemampuan Atau Skill

Tujuan transmigrasi adalah untuk membangun daerah-daerah, itulah kenapa tidak semua orang dapat melakukannya. Hanya mereka yang memiliki kemampuan atau skill yang bisa mengikutinya. Hal ini sebagai salah satu upaya mengatasi masalah sosial yang bisa saja terjadi ditempat tujuan transmigran seperti kemiskinan dan tindak kriminal.

  • Biaya Pemerintah

Transmigrasi merupakan program pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan daerah. Untuk itulah biaya hidup serta fasilitas untuk para transmigran biasanya ditangung langsung oleh pemerintah.

  • Menunggu Moment

Transmigrasi tidak bisa dilakukan sembarang waktu karena harus menunggu program dari pemerintah.

  1. Urbanisasi
Sponsors Link

Sama seperti transmigrasi, urbanisasi juga memiliki perbedaan tersendiri yang membedakannya dari transmigrasi. Hal ini tentu tidak terlepas dari dampak positif dan negatif urbanisasi tersebut. Dan perbedaan-perbedaan itu adalah:

  • Tujuan

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota.

  • Keinginan Pribadi

Urbanisasi biasanya dilakukan atas dasar keinginan pribadi tanpa adanya program atau arahan dari pemerintah.

  • Mencari Kerja

Faktor pendorong urbanisasi yang paling umum adalah mencari kerja. Hal ini karena adanya anggapan bahwa kehidupan di kota lebih modern dan mudah untuk merubah hidup menjadi lebih baik.

  • Bisa Tanpa Kemampuan
Sponsors Link

Perbedaan lain urbanisasi dengan transmigrasi adalah kemampuan atau skill. Urbanisasi biasanya dilakukan hanya atas dasar nekat tanpa adanya kemampuan yang dimiliki oleh pelakunya. Inilah yang nantinya akan menjadi masalah baru bagi pemerintah kota yang mereka datangi.

  • Biaya Pribadi

Karena didasari keinginan pribadi, segala biaya untuk melakukannya juga dikeluarkan seorang diri. Tidak jarang orang rela menguras habis tabungannya untuk berangkat ke kota sebagai orang urban.

  • Bisa Dilakukan Kapan Saja

Urbanisasi adalah kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun walaupun seperti itu, biasanya moment setelah hari raya, seperti Idul Fitri, adalah saat dimana jumlah penduduk yang melakukan urbanisasi meningkat dibanding hari-hari lainnya.

Itulah perbedaan transmigrasi dan urbanisasi yang harus kita ketahui. Karena, walaupun sama-sama perpindahan penduduk, namun tujuan serta latar belakang diantara keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 05:15 Oleh :
Kategori : Pendidikan