Sponsors Link

15 Alat Komunikasi Zaman Sekarang Beserta Fungsinya

Sponsors Link

Alat komunikasi zaman sekarang seiring dengan perubahan jaman, tentunya makin banyak kemajuan dalam bidang-bidang di kehidupan manusia, tak terkecuali dengan alat-alat komunikasi saat ini. Alat komunikasi memang diperlukan untuk sebagai media penghubung dengan orang-orang lainnya. Dengan adanya alat komunikasi, silahturahmi diantara orang satu dengan yang lainnya tak akan terputus.

ads

Jika dulunya alat komunikasi masih sangat sederhana, namun kini semakin canggihnya teknologi membuat alat komunikasi berkembang sangat pesat dengan adanya kegiatan ekspor impor. Jika dulu alat komunikasi hanya bisa digunakan dalam ruang lingkup tertentu saja, maka kini alat komunikasi dapat mendekatkan hal-hal yang jauh dari kita. Nah berikut ini beberapa alat komunikasi zaman sekarang serta fungsinya.

1. Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang memang sudah ada sejak sebelumnya. Namun kini seiring dengan perkembangan teknologi yang  alat komunikasi zaman sekarang semakin canggih membuat telepon menjadi lebih modern dari sebelumnya. Jika dulunya telepon menggunakan kabel, namun kini banyak permasalahan hukum di Indonesia dapat di bereskan dengan berkembang telepon tanpa kabel dengan fitur-fitur yang canggih. Bahkan kini anda bisa dengan mudah menghubungi keluarga atau teman yang berada di luar kota maupun luar negeri dengan menggunakan telepon.

2. Handphone (HP) atau Telepon Genggam

Alat komunikasi modern lainnya yang sering digunakan orang-orang saat ini adalah handphone. Dengan adanya handphone, dapat membantu peran dunia Internasional dalam konflik Indonesia Belanda dan anda bisa berkomunikasi dengan yang lainnya dimanapun dan kapanpun anda berada selama terdapat sinyal yang menghubungkan. Bahkan saat ini sudah banyak jenis-jenis merk handphone yang beredar di pasaran dan terus menerus berkembang.

3. Koran

Koran merupakan alat media komunikasi modern yang sudah dikenalpada tahun 59 SM pada saat masa kekaisaran Romawi Kuno. Koran memang berisikan ciri ciri manusia sebagai makhluk ekonomi dan berbagai macam informasi penting, terkait dengan budaya, sosial, hukum teknologi, politik, dan lainnya. Jika dulunya hanya berupa media cetak saja, namun seiring dengan perkembangan jaman kini banyak sekali koran-koran yang berbentuk digital yang beredar di internet.

4. Televisi

Dapat dikatakan bahwa hampir di tiap rumah tentunya memiliki satu buah televisi bahkan lebih. Televisi memang menjadi salah satu alat komunikasi moern daat ini dan sebagai pembawa berita dari macam-macam bencana alam di Indonesia. Awalnya televisi diciptakan dari cakram metal kecil berlubang yang berputar, temuan ini dikemukakan oleh Paul Nipkow di tahun 1883. Jika awalnya televisi hanya menyiarkan hitam putih saja, namun di masa kini televisi dengan menyiarkan dengan beragam warna. Bahkan layar yang dulunya cembung berubah menjadi datar seperti yang bisa anda lihat pada televisi masa kini. Televisi berfungsi untuk menjadi media komunikasi yang menghasilkan suara dan gambar. Sehingga anda dapat menonton tayangan-tayangan yang memberi manfaat dalam hal hiburan, edukasi, dan masih banyak lainnya.

5. Komputer/Laptop/Tablet

ads

Kehadiran komputer, tablet dan laptop memang menjadi warna baru di dalam bidang komunikasi. Dengan alat-alat tersebut, banyak hal yang bisa anda kerjakan mulai keragaman suku bangsa dan budaya dari menggambar, menulis, membuat audio dan video, dan masih banyak lainnya. Alat alat tersebut juga bisa anda jadikan sebagai media hiburan untuk menonton video, mendengarkan musik, dan lainnya. Anda juga bisa menjadi ketiga media ini sebagai alat berkomunikasi dalam jejaring sosial masa kini. Sehingga wajar saja jika komputer/laptop/tablet menjadi salah satu alat komunikasi modern yang banyak dimilikii saat ini.

6. LCD Proyektor

Alat komunikasi ini banyak sekali digunakan di sekolah, kampus, kantor, acara seminar, dan lainnya. Fungsi dari alat ini memang menyampaikan informasi yang terkait yang dihubungkan dengan Laptop atau PC. Kehadiran dari LCD Proyektor memang dapat menjadi penyampai informasi yang efektif yang dapat mudah dimengerti oleh orang-orang lainnya.

7. Radio

Sama halnya dengan televisi, hanya saja radio merupakan media komunikasi yang memang hanya dapat didengar suara nya saja. Saat ini banyak sekali saluran saluran radio yang bisa anda nikmati, mulai dari musik, berita, dan masih banyak lainnya, misalnya dari mengabarkan berita penyebab kegagalan LBB dan lainnya.

8. PDA

PDA (Personal Digital Assitant) merupakan media komunikasi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anda bisa menyimpan data data penting di dalam PDA ini. Sebenarnya fungsi dari PDA hampir sama seperti halnya komputer ataupun laptop, hanya saja ukuran PDA lebih kecil dibandingkan lainnya.

9. Faksmili

Media komunikasi modern lainnya adalah Faksmili. Alat komunikasi ini memang difungsikan untuk menerima sekaligus mengirim informasi dari contoh cara mengatasi masalah persebaran penduduk melalui telephoto dengan cara sistem reproduksi fotografi. Hal ini lah yang membuat anda dapat mengirimkan informasi yang tertera ddi dalam kertas hanya dalam hitungan menit saja. Alat ini memang banyak terdapat di sekolah, kampu, ataupun perusahaan.

10. Jaringan Internet

Internet memang menjadi alat komunikasi modern yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya internet, anda bisa berkomunikasi dengan yang lainnya. Bahkan anda juga bisa melakukan tatap muka walaupun harus berbeda negara. Dengan adanya internet, memudahkan anda untuk mengakses informasi informasi penting dalam berbagai hal. Saat ini internet sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi orang-orang untuk berkomunikasi lebih mudah dan cepat.

11. Radar

Radar merupakan alat komunikasi modern yang berfungsi untuk mengetahui dimana posisi seseorang ataupun benda. Nantinya radar akan memberikan batas wilayah laut di Indonesia melalui sinyal yang akurat mengenai posisi yang sedang dicari oleh manusia. Selain itu, radar juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi baik di air maupun udara yang bisa dikontrol dengan baik.

12. Handy Talk

Sponsors Link

Sama hanya dengan radar, alat komunikasi ini menggunakan sinyal untuk berkomunikasi. Sinyal yang digunakan disini tentu saja pada rentang frekuensi tertentu sebagai pemancarnya yang mana bisa menghubungkan antara handy talky satu dengan lainnya. Alat ini sering kali digunakan pada kepolisian atau pihak keamanan yang seirngkali menggunakan bahasa isyarat tertentu.

13. Toa

Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia membuat alat komunikasi modern ini memang berfungsi sebagai pembesar suara. Sehingga toa ini seringkali digunakan pada acara acara tertentu. Alat komunikasi ini lumayan simple digunakan karena tak membutuhkan aliran listrik, hanya perlu baterai sebagai sumber energi.

14. Microfon

Sponsors Link

Microfon atau yang seringkali dikenal sebagai mic memiliki fungsi yang sama seperti toa, yaitu untuk memperbesar suara di tengah keramaian. Sehingga orang-orang lainnya dapat mendengar apa yang dibicarakan oleh orang tersebut. Semakin canggihnya teknologi yang ada, membuat microfon yang tadinya menggunakan kabel menjadi mic nirkabel yang lebih efektif.

15. Modem

Alat ini berfungsi untuk mempermudah komunikasi yang menggunakan media internet. Dengan adanya alat ini, anda bisa dengan mudah mendapatkan sinyal internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan lainnya. Alat ini cukup simple dan mudah anda bawa kemana-mana.

Nah itu tadi beberapa alat komunikasi modern yang saat ini berkembang serta fungsinya. Tentu saja setiap alat komunikasi memiliki fungsinya masing-masing yang membantu agar komunikasi menjadi semakin mudah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 26th, May 2017 / 08:30 Oleh :
Kategori : Ekonomi