Sponsors Link

6 Persamaan Simpati dan Empati yang Dapat Dipahamin

Sponsors Link

Bentuk kata empati dan simpati sering kali disamakan, padahal keduanya adalah bentuk yang berbeda dan memiliki makna dibaling perbedaan itu. Kedua kata tersebut memiliki hubungan dengan perasaan seseorang dan pengalamannya dengan orang lain.

ads

Dasar esensial dari kedua makna baik simpati maupun empati adalah rasa kasih sayang, menyatu dalam pemahaman dan penerimaan orang lain yang dapat dilihat atau dapat ditingkatkan dengan adanya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaa. Rasa kasih sayang mengenali adanya “aku” dan “kamu”, suatu persamaan persamaan yang dibagi antara beberapa individual.

Apa itu Simpati?

Kata simpati berasal dari bahasa Yunani yang berarti “feeling together with”. Simpati adalah kondisi dimana kita tidak ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, tapi anda menginginkan mereka untuk tahu bahwa mereka mengerti perasaan anda. Contoh mudah dari bentuk simpati adalah apabila anda memiliki seorang teman yang sedang mengalami duka cita, anda tidak dapat merasakan apa yang mereka rasakan. Namun demikian, anda dapat memakai kemampuan kognitif anda untuk memahami bahwa teman anda sedang berduka cita.

Simpati lebih dahulu digunakan daripada empati. Kata simpati masuk ke dalam bahasa Inggris pada pertengahan tahun 1500 dengan penjelasan yang cukup luas yaitu, persetujuan atau persamaan karakter antara beberapa orang dalam situasi tertentu”. Sejak kala tersebut, bentuk kata simpati lebih digunakan dengan lebih spesifik. Simpati adalah epitomi yang digunakan untuk kategori pengiriman kartu atau surat yang berspesialisasi di pesan-pesan yang mendukung dan merasakan kesedihan orang-orang yang merasakan duka.

Apa itu Empati?

Kata empati berasal dari bahasa Yunan, yang berarti “feeling in atau feeling within”. Penjelasan empati secara sederhana adalah ketika kita merasakan apa yang orang lain rasakan. Hal ini disebut oleh para peneliti sebagai “mirror neurons”. Empati dapat muncul tiba-tiba ketika anda melihat seseorang merasakan kesakitan atau mengalami penderitaan. Misalnya seperti, ketika anda melihat orang yang tangannya sedang terjepit pintu mobil, pada saat itu juga anda akan merasakan rasa sakit di tangan anda. Perasaan tersebut dikarenakan adanya mirror neurons.

Kata empati masuk ke dalam bahasa Inggris di akhir tahun 1800 an, dengan definisi yang bisa dibilang teknis dari rancah ilmu psikologi. Pengertian empati pada saat itu adalah manifestasi perasaan secara psikis. Tidak seperti kata simpati, empati digunakan secara lebih luas daripada ketika diperkenalkan pada waktu pertama kali. Bentuk kata empati sekarang seringnya digunakan untuk menunjukkan kapasitas atau kemampuan seseorang untuk membayangkan berada di situasi orang lain, yang dengan demikian akan membuat orang tersebut merasakan emosi, ide atau pendapat yang sama dengan orang yang sedang mengalami kejadian sebenarnya.

Persamaan Simpati dan Empati

Baik simpati maupun empati menunjukkan adanya kepedulian bagi orang lain, namun dalam empati, kepedulian tersebut lebih mendalam dan meluas dengan kemampuan untuk merasakan emosi orang lain. Beberapa penelitian mengatakan bahwa anda dapat meningkatkan kemampuan empati anda dengan banuak membaca fiksi dan dengan belajar lebih memahami karakter kehidupan lain. Dengan mendengarkan lebih banyak, ikut merasakan kebahagiaan orang lain dan belajar membaca ekspresi wajah seseorang dapat memberikan anda gambaran untuk menjadi lebih empati terhadap orang lain.

Simpati termasuk ke dalam bentuk hubungan sosial dan juga salah satu syarat terjadinya interaksi sosial. Ciri-ciri hubungan sosial yang ada dan juga faktor pendorong terjadinya hubungan sosial di masyarakat adalah ilmu yang perlu dipelajari agar kita dapat berinteraksi dengan lebih baik di dalam suatu masyarakat.

Beberapa persamaan antara simpati dan empati dapat dipahami sebagai berikut :

  • Keduanya menggunakan perspektif pengirim dan penerima sinyal
  • Keduanya mengirim kode yang digunakan untuk memahami perasaan orang lain
  • Keduanya membutuhkan komunikasi dan perspektif dalam bidang unsur-unsur pengalaman, yaitu misalnya berita duka, bencana alam, usaha bangkrut
  • Keduanya memiliki karakteristik persepektif humanistik yang terbuka sehingga terjadi interaksi sosial
  • Adanya perilaku supportif dari kedua jenis definisi tersebut
  • Adanya penggunaan pemikiran dan perasaan

Demikian itulah beberapa ulasan dari adanya persamaan pada simpati dan juga empati yang bisa anda ketahui untuk bisa anda pelajarin.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 21st, February 2018 / 07:30 Oleh :
Kategori : Pendidikan