Sponsors Link

3 Upaya Meningkatkan Kerjasama Antar Negara ASEAN

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui bersama Indonesia merupakan bagian dari ASEAN. ASEAN atau yang kepanjangannya Association of Southeast Asian Nations merupakan asosiasi perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara yang terbentuk berkat pengaruh letak geografis tiap negaranya. Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Myanmar dan Laos.

ads

ASEAN dibentuk dengan tujuan yang sudah tercatat dalam deklarasi Bangkok yang isinya mencakup kerjasama dalam mempercepat pertumbuhan tiap negara anggotanya, menjaga perdamaian, saling membantu untuk kepentingan bersama dalam menyelesaikan masalah negara berkembang dan memajukan pendidikan di kawasan Asia Tenggara. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan bentuk-bentuk kerjasama internasional yang nyata antar tiap negara agar rasa percaya dan hubungan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang bisa terjalin. Beberapa hal yang telah berhasil upaya meningkatkan kerjasama antar negara ASEAN dengan tujuan meningkatkan kerjasama antar negaranya adalah sebagai berikut:

  • Kesepakatan Zona Perdagangan Bebas atau ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Program ini resmi dimulai sejak CEPT Agreement ditandatangini 28 Januari 1992 dan menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional di kawasan ASEAN. Hanya ada enam negara yang sudah menyepakati AFTA yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam. Seiring upaya meningkatkan kerjasama antar negara ASEAN berjalannya waktu Vietnam bergabung tahun 1995, diikuti Laos dan Myanmar tahun 1997. Tujuannya adalah untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara tempat produksi kelas dunia sehingga produk-produknya bisa bersaing di pasar global serta meningkatkan dan mempermudah perdagangan antara setiap negara anggota ASEAN.

Keuntungan yang didapatkan dari program ini sangat dirasakan setiap negara anggota ASEAN. Barang-barang yang diproduksi dengan harga tinggi kini bisa sampai pada konsumen dengan harga rendah. Selain itu, kawasan ASEAN juga jadi lebih menarik bagi para investor karena kawasannya yang terintegrasi bersama-sama. Khususnya bagi Indonesia, AFTA telah menghadirkan sejumlah keuntungan diantaranya peluang pasar yang semakin besar, biaya produksi yang semakin rendah dan produk yag tersedia dipasar domestik semakin beragam.

  • Mengadakan Event Kebudayaan atau Olahraga yang Diikuti Negara di Kawasan Asia Tenggara

Contoh nyata yang kita temui dari tahun ketahun adalah event South East Asia Games atau yang lebih kita kenal dengan SEA Games. SEA Games dilaksanakan setiaap 2 tahun sekali dan Sampai saat ini SEA Games masih eksis menjadi acara olahraga tahunan yang dinanti-nantikan oleh pecinta olahraga di negara-negara Asia Tenggara. SEA Games tahun ini sukses dilaksanakan di Malaysia.

Event olahraga yang diadakan ini bukan untuk unjuk gigi dengan usaha saling menjatuhkan tim negara lain. Tujuan utamanya tak lain adalah menjalin tali silaturahmi sebagai contoh hidup rukun antar sesama negara Asia Tenggara. Selain SEA Games, ada juga pertandingan-pertandingan persahabatan antar negara di kawasan Asia Tenggara misalnya yang sering kita lihat yaitu pertandingan sepak bola.

  • Kerjasama Antar Sekolah Maupun Universitas di Kawasan Asia Tenggara

Dari ketiga bentuk upaya yang dijabarkan ini, kerjasama antar sekolah dan universitas adalah salah satu yang fungsi dan hasilnya paling terlihat. Saat ini sudah banyak kerjasama Indonesia dengan upaya meningkatkan kerjasama antar negara ASEAN dalam bidang ini. Banyak tersedia program beasiswa belajar di luar negeri baik dari lembaga pendidikan berbasis negeri maupun yang swasta. Banyak bentuk kerjasama negara yang dapat terbentuk dari adanya program studi ke negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Para pelajar yang nantinya sudah menyelesaikan pendidikannya bisa memulai karir di negara tempat dia belajar, membantu meningkatkan perekonomian negara yang sudah mengasuhnya dan nantinya bisa kembali ke negara asalnya untuk membangun negaranya menjadi tempat yang lebih baik dengan menerapkan ilmu dan pengalaman yang sudah didapatkannya.

Ketiga hal tersebut masih terus dilaksanakan dengan harapan kerjasama antar negara ASEAN tetap terjalin dengan baik sesuai isi perjanjian Bangkok yang sudah disepakati bersama saat organisasi ini dibentuk.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, October 2017 / 03:02 Oleh :
Kategori : Pendidikan