Sponsors Link

5 Ciri dan Fungsi Pranata Dalam Keluarga

Sponsors Link

Suatu sistem berisi macam-macam nilai atau aturan-aturan yang mengatur kegiatan-kegiatan tiap anggota keluarga di lingkungannya. Agar hubungan antara anggota keluarga dapat berjalan dengan sangat baik dan setiap anggota keluarga dapat menjalankan perannya sesuai dengan status yang dimilikinya,serta tujuan keluarga dapat tercapai, maka dibentuklah pranata keluarga. Menurut Hotton dan Hunt, istilah keluarga umumnya digunakan untuk menunjuk beberapa pengertian sebagai berikut:

ads
  • Suatu kelompok yang memiliki nenek moyang yang sama.
  • Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah dan perkawinan.
  • Suatu kelompok Pasangan perkawinan dan mempunyai anak.
  • Suatu kelompok Pasangan yang nikah satu orang atau entah duda atau janda dengan beberapa anak.

Pranata keluarga berisi tentang ketentuan-ketentuan yang tidak tertulis yang menyangkut masalah perkawinan guna melanjutkan keturunan, sosialisasi,dan afeksi. (Baca juga: Ciri Struktur Sosial dan Contoh Struktur Sosial)

Ciri-ciri Pranata Keluarga

  1. Merupakan pola pemikiran dan perilaku suatu  kelompok social  yang terdiri berbagai jenis usia dan jenis kelamin. Jadi didalam pranata keluarga terdapat kakek, nenek, ayah, ibu dan anak.
  2. Pranata Keluarga memiliki tingkat ke sakralan paling tinggi yaitu Pernikahan dan di akui oleh lembaga pemerintah  serta masyarakat menjadi saksi. Jadi apabila dilakukan diluar lembaga negara maka suatu kelompok pranata keluarga tidak terdaftar dan tidak diakui oleh lembaga negara dianggap illegal serta tidak dapat pengakuan dari masyarakat sekitar.
  3. Pranata Keluarga memiliki suatu aturan tertentu yang di patuhi dan  di taati serta di jalankan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga. Jadi seorang kepala rumah tangga yaitu Ayah menerapkan peraturan dan tata tertib untuk di patuhi. Dengan adanya peraturan maka terjadi suatu sistem pranata keluarga yang sehat. Tercipta lingkungan yang disiplin,jujur,saling tolong menolong dan harmonis. Apabila seorang kepala rumah tangga tidak memberikan tata tertib dan peraturan maka terjadi sebaliknya.
  4. Memiliki hunian tempat tinggal. Jadi Untuk memiliki suatu pranata keluarga kita harus memiliki tempat tinggal. Untuk beristirahat,untuk beribadah dan untuk berbagi kasih.
  5. Memiliki tujuan hidup sejahtera,damai dan sentosa. Jadi setiap kelompok pranata keluarga memiliki tujuan dan impian yang berbeda-beda. Dengan mewujudkannya harus terjadi sinkronisasi antar tiap anggota keluarga. Yang terpenting disini yaitu seorang kepala rumah tangga harus bisa berkerja lebih keras untuk mewujudkan semua impian. (Baca juga: Ciri-Ciri Komunitas Sosial)

Fungsi Pranata Keluarga

Pranata keluarga intinya mempunyai fungsi untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat seperti juga Peran Pranata Keluarga. Tanpa keluarga tidak mungkin ada masyarakat. karena pada dasarnya masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga-keluarga.antara lain:

  • Keturunan

Keluarga mempunyai fungsi terpenting yaitu  untuk melanjutkan keturunan dan berhak mempentahankan kelangsungan hidup.Tiap keluarga mendambakan buah hati dan darah daging sehingga fungsi ini berkaitan dengan aktivitas seksual antara laki-laki dan perempuan, sehingga menghasilkan keturunan dan dengan tidak melanggar berbagai macam-macam norma yang telah di buat. Dengan pranata keluarga ini fungsi melanjutkan keturunan dapat terpenuhi secara tepat dan wajar dari sudut agama, moral, sosial, budaya, dan kesehatan.

Sponsors Link

  • Sosialisasi

Sosialisasi didalam keluarga berkaitan dengan pembentukan kepribadian seorang anak. Keluarga merupakan contoh sosialisasi pertama dan paling penting bagi seorang anak untuk belajar nilai-nilai dan norma-norma,serta kebudayaan yang ada di lingkungannya. Sosialisasi dalam keluarga sebagai pelaksanaan pembelajaran yang pertama bagi seorang anak dapat membentuk kepribadian anak sebagai modal atau bekal untuk bergaul dalam lingkungan yang Iebih luas,seperti masyarakat, sekolah, dan teman sepermainan. Dengan demikian baik buruknya seorang anak tergantung dari pola pengasuhan dalam keluarga.

  • Ekonomi

Semua  keluarga harus dapat memenuhi kebutuhan ekonomi  tiap anggotanya, agar dapat bertahan hidup. Untuk itu setiap anggota keluarga harus bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu. Misalkan ibu bertindak sebagai mengurus keprluan rumah tangga agar rumah terlihat rapi dan bersih dan tercipta lingkungan yang sangat sehat. Dan untuk ayah sebagai kepala rumah tangga wajib memberikan nafkah demi kesejahteraan bersama dan mewujudkan cita-cita bersama.

  • Pembimbing

Pembelajaran tentang  nilai dan norma sosial yang  dilakukan kepala anggota keluarga pada para tiap anggotanya mempunyai tujuan untuk menghindari anggotanya dari perbuatan yang menyimpang dan tercela. Apabila ada anggota keluarga yang melanggar norma  atau nilai , maka anggota keluarga yang lain akan memberikan sanksi dan teguran serta arahan untuk menjadikan pribadi yang lebih baik lagi.

Sponsors Link

  • Kasih Sayang

Semua umat manusia membutuhkan kasih sayang, sebab kebutuhan ini menyangkut perasaan atau emosi seseorang. Keluarga merupakan salah satu pranata yang dapat memenuhi kebutuhan tiap anggota keluarga  akan kasih sayang. Keluarga yang ideal adalah  keluarga yang dipenuhi dengan suasana kasih sayang di antara anggotanya dan memiliki hubungan saling melengkapi setiap anggota keluarga.Kasih sayang dan hubungan yang harmonis  sangat berperan penting bagi perkembangan pribadi setiap anggota keluarga.Karena di dalam lingkungan keluarga tercipta suasana yang aman.

  • Pelindung

Seorang individu mempunyai hak untuk mendapatkan proteksi artinya keluarga sebagai tepat bernaung semua anggotanya yang kemungkinan dapat melindungi diri dari berbagai ancaman yang dapat membahayakan.Dan,semua anggota merasa terlindungi ketika dia berada dekat dengan keluarganya.jika dalam sebuah keluarga ada anggotanya yang sakit,maka orang lain sebagai kerabatnya akan ikut membantu untuk merawatnya.Kemudian,jika seorang suami pulang berkerja lalu masuk rumah dan di rumahnya ada anak dan istri,sudah tentu suami tersebut merasa nyaman dan kondisi kejiwaannya menjadi tenang meskipun di luar seorang ayah mendapatkan sebuah masalah dalam pekerjaanya. (Baca juga: Ciri-Ciri Masyarakat Payuguban)

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 23rd, January 2018 / 04:58 Oleh :
Kategori : Pendidikan