Sponsors Link

35 Contoh Interaksi Antar Ruang dan Waktu di Wilayah Indonesia

Sponsors Link

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pastinya akan terus membutuhkan orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya sehari-hari maupun dalam kebutuhannya secara psikologis untuk bisa saling mendengarkan dan didengarkan pendapatnya. Hal ini membuat kita sebagai manusia tidak mungkin lepas dari berbagai macam bentuk interaksi sosial. Pengertian dari interaksi sendiri adalah suatu proses timbal balik yang terjadi antara dua individu atau lebih yang mempengaruhi tingkah laku masing-masing. Interaksi yang terjadi dapat berupa kontak secara langsung maupun kontak secara tidak langsung.

ads

Interaksi secara langsung dan interaksi secara tidak langsung sangat jelas perbedaannya. Interaksi secara langsung secara harafiah berarti interaksi yang terbentuk benar-benar berhadapan secara langsung, misalnya saat seseorang mendatangi suatu tempat, terjadi interaksi secara langsung antara orang itu dengan tempat yang didatanginya. Berbeda dengan interaksi secara tidak langsung, dimana hubungan timbal balik yang terbentuk tidak melibatkan kontak langsung, misalnya ketika kita melihat tayangan berita kebakaran di televisi. Kita mengetahui informasi tentang kebakaran tersebut meskipun tidak sedang berada di tempat kebakaran itu terjadi.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial pastilah terjadi pada siapa saja sejak kita dilahirkan di dunia ini. Kebutuhan untuk bisa berhubungan dengan orang lain sudah ada sejak kita masih berada dalam kandungan. Kita tidak mungkin hidup tanpa bersarang di kandungan ibu kita terlebih dahulu. Berbagai macam interaksi yang sudah kita lewati dari awal kelahiran kita sampai detik sekarang ini adalah yang membentuk karakter dan kepribadian kita sebagaimana kita ada sekarang. Tidak hanya interaksi positif, namun interaksi yang menghasilkan bentuk-bentuk konflik sosial juga membentuk kita menjadi individu yang kita kenal selama ini.

Interaksi sosial memang sudah sangat familiar dalam kehidupan kita hari lepas hari, namun pernahkah Anda mengetahui tentang interaksi antar ruang, dan seperti apakah interaksi antar ruang itu? Tidak banyak yang tahu apa sebenarnya interaksi antar ruang tersebut karena setiap mendengar kata interaksi, pastilah yang terpikirkan adalah bentuk komunikasi dari satu individu atau lebih dengan individu lainnya. Padahal, suatu interaksi tidak hanya tentang komunikasi saja.

Bentuk-bentuk Interaksi Antar Ruang

Kita sebenarnya telah menyaksikan berbagai macam bentuk interaksi antar ruang dalam kehidupan kita sehari-hari. Interaksi antar ruang bisa kita saksikan dalam berbagai bentuk mulai dari pergerakan orang, barang, bahkan dalam bentuk informasi dari pemberi informasi ke penerima. Untuk lebih memahami apa sebenarnya interaksi antar ruang itu sebelum masuk pada bagian contoh, ada baiknya jika kita kaji satu per satu kata per katanya, apa sebenarnya interaksi antar ruang itu.

Dalam aktivitas kita sehari-hari, kita dapat menemukan interaksi dalam tiga kategori besar. Tiga kategori tersebut tak lain adalah interaksi yang terbentuk karena adanya mobilitas penduduk, komunikasi, dan transportasi, sebagai berikut:

1. Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk merupakan salah satu dari macam-macam mobilitas sosial yang dalam hal ini diartikan sebagai pergerakan manusia dalam bentuk individu maupun kelompok yang menghasilkan perpindahan. Perpindahan yang dimaksud dalam konteks interaksi dapat berupa emigrasi, imigrasi, urbanisasi dan transmigrasi. Emigrasi merupakan perpindahan dalam bentuk meninggalkan negara asal untuk pindah ke negara lain, berbeda dengan imigrasi yang merupakan bentuk perpindahan seseorang dari negara dan bangsa lain dan tinggal di negara tujuannya dengan tujuan untuk menetap dalam waktu yang lama atau secara permanen. Bedanya, emigrasi dilihat dari sudut pandang negara yang ditinggalkan, dan beberapa penjelasan lainnya sebagai berikut:

  • Urbanisasi adalah perpindahan suatu individu maupun kelompok dari desa ke kota, sedangkan transmigrasi adalah salah satu upaya pemerintah dalam menangani kepadatan penduduk sehingga memindahkan penduduknya dari tempat yang padat penduduk, misalnya kota, dipindahkan ke tempat yang lebih sedikit penduduknya, misalnya ke desa.
  • Dengan tujuannya masing-masing, perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya dapat dimotivasi oleh beberapa hal seperti, pencarian lapangan pekerjaan, tempat tinggal yang lebih aman dan tidak rawan bencana alam, fasilitas umum yang lebih lengkap, dan hal-hal lainnya.
  • Mobilitas penduduk dapat berupa perpindahan dalam jangka waktu lama dan perpindahan yang sebentar. Dalam jangka waktu lama bisa berarti pindah domisili untuk pekerjaan, untuk pendidikan, dampak kepadatan penduduk maupun pindah karena ikut keluarga.
Sponsors Link

Sedangkan perpindahan yang sebentar biasanya terjadi karena waktu liburan, hari raya, pulang kampung, survei lokasi, mengungsi karena bencana, dan alasan lainnya yang menyebabkan seseorang untuk menetap di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan nantinya akan kembali ke tempat asalnya. Meskipun demikian, mobilitas penduduk tidak bisa dibiarkan tanpa terkontrol karena hal tersebut dapat mengakibatkan kenaikan jumlah penduduk yang signifikan jika berlangsung secara terus menerus. Dengan mengontrol mobilitas penduduk, upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran bisa terwujud.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah bentuk pertukaran informasi yang melibatkan pemberi informasi, informasi dan penerima informasi. Komunikasi dikatakan berhasil jika penerima informasi menerima informasi yang sama dengan yang diberikan pemberi informasi. Informasi ini dapat berupa ide maupun gagasan. Seperti bentuk interaksi lainnya, komunikasi juga bisa dikategorikan menjadi komunikasi secara langsung dan komunikasi secara tidak langsung.

Komunikasi secara langsung merupakan komunikasi yang terbentuk secara nyata tanpa adanya perantara, misalnya percakapan tatap muka antara guru dan murid di ruangan kelas. Sedangkan komunikasi secara tidak langsung berarti komunikasi tersebut terbentuk dengan adanya perantara yang bertugas menyampaikan informasi. Media perantara ini dapat berupa televisi, telepon genggam, internet, media cetak, dan lain sebagainya.

3. Transportasi

Transportasi termasuk dalam bentuk interaksi karena sama juga dengan mobilitas penduduk yang merupakan bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, transportasi tidak hanya diartikan perpindahan manusia, tapi juga bisa perpindahan barang atau produk yang diangkut untuk distribusi perdagangan, misalnya barang atau produk yang di ekspor dari Indonesia ke negara ASEAN lainnya disekitarnya. Bentuk-bentuk interaksi di atas juga dapat masuk dalam kategori interaksi antar ruang. Tapi, antarruang apa sebenarnya yang dimaksud?

Definisi dari kata ruang adalah suatu tempat dimanapun baik di permukaan bumi maupun yang berada di luar bumi dengan batas-batas tertentu untuk bisa membedakan setiap ruang. Contoh ruang dalam skala kecil dapat kita ambil dari bangunan rumah. Pastinya setiap rumah diberi sekat-sekat tembok dengan pintu sebagai penghubung sehingga terbentuk ruang-ruang seperti kamar tidur, dapur, temapt makan, dll. Tidak hanya rumah, bangunan lain seperti gedung sekolah, gedung kantor, mall maupun bangunan lainnya tentu memiliki ruang-ruang di dalamnya.

Kondisi-kondisi Dalam Interaksi Antar Ruang

ads

Dalam skala besar, ruang dapat dibedakan menjadi bentuk-bentuk yang lebih luas lagi seperti udara, perairan, batuan bahkan lapisan atmosfer juga memiliki ruangnya sendiri. Setiap ruang dengan batasannya tentu memiliki ciri, tujuan dan fungsinya masing-masing yang membedakan satu ruang dengan ruang lainnya. Hal ini membuat tidak ada satupun ruang yang memiliki ciri yang sama dengan ruang lainnya. Setiap ruang tentunya memiliki perbedaan meskipun bentuknya mungkin terlihat sama. Satu wilayah atau lokasi memiliki karakteristiknya masing-masing.

Seperti sebuah rumah yang setiap ruangannya dibatasi dengan pintu, begitu juga ruang lainnya yang ada di dunia ini, tetap terhubung satu dengan lainnya meskipun berbeda. Itulah yang menyebabkan adanya keterkaitan antar ruang. Karena perbedaan karakteristiknya, suatu ruang pasti membutuhkan ruang lainnya untuk saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kebutuhan antar ruang inilah yang pada akhirnya membentuk apa yang kita kenal dengan interaksi antar ruang. Satu ruang di rumah memiliki fungsinya sendiri, kamar untuk tidur, dapur untuk memasak, toilet untuk mandi dan buang air, tidak mungkin semua kegiatan ini disatukan menjadi satu ruang. Jika setiap ruang sudah tidak membutuhkan ruang lainnya, tidak mungkin terjadi interaksi. Cukup mudah untuk dimengerti bukan?

Kondisi ini membuat tiap ruang menjadi bergantung pada ruang lainnya. Beberapa kondisi yang harus tercipta untuk interaksi antar ruang agar dapat terjadi adalah tiga hal berikut ini:

  • Complementary / Regional Complementary, berarti kondisi yang saling melengkapi
  • Intervening Opportunity, berarti adanya kesempatan dari suatu ruang untuk mendapatkan alternatif yang lebih baik di ruang lain dari pada yang berada di tempatnya
  • Transfer Ability, berarti ketersediaan media yang bisa menyampaikan barang atau produk secara bolak-balik antar setiap ruang yang membutuhkan

Penerapan Interaksi Antar Ruang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang sudah dijelaskan, interaksi antar ruang dapat terbentuk melalui pergerakan manusia, barang, informasi, bahkan perubahan iklim pun bisa menyebabkan interaksi antar ruang. Hal ini membuat contoh interaksi antar ruang bisa dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Untuk semakin memahami interaksi antar ruang beserta kondisi yang mendukung terjadinya interaksi antar ruang tersebut, berikut ini adalah contoh interaksi antar ruang yang dapat kita lihat dalam kegiatan kehidupan kita sehari-hari beserta penjelasannya:

  1. Indonesia sebagai jalur perdagangan yang menjadikan penghubung antara Australia dengan negara lain yang berada di kawasan ASEAN. Dalam mengatasi masalah negara berkembang, hal ini merupakan kegiatan interaksi antar ruang dimana Australia dan negara di kawasan ASEAN saling bertukar barang karena kebutuhan dan menjadikan Indonesia sebagai media penguhubung karena jarak yang jauh.
  2. Interaksi antar ruang dalam bentuk perubahan iklim, perubahan iklim di suatu ruang menyebabkan perubahan iklim di ruang lainnya, misalnya hujan di Indonesia disebabkan oleh angin muson barat yang terjadi di samudera pasifik.
  3. Masyarakat yang bermukim di pegunungan memiliki hasil bumi yang banyak berupa sayuran melakukan pertukaran dengan masyarakat yang tinggal di dekat laut yang banyak menghasilkan ikan dan hasil laut lainnya.
  4. Pedagang dari kota A hendak menjual barangnya ke kota C melewati kota B. Kota B juga bisa menjadi tempat dagang, tapi pembangunan jalan di kota B membuat perjalanan jadi terhambat sehingga pedagang lebih memilih lewat kota D untuk menuju kota C untuk menghemat waktu.
  5. Tim debat SMP A menang melawan tim SMP B dan tidak bisa melawan tim SMP D yang kalah dari tim SMP C. Kemenangan tim SMP C mempengaruhi lawan tim SMP A, begitu juga sebaliknya.
  6. Kemacetan membuat sejumlah pegawai datang terlambat di kantor sehingga pekerjaan kantor yang deadline hari itu harus tertunda penyelesaiannya.
  7. Flora dan fauna zaman purba sering bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga menghasilkan spesies yang beragam sampai saat ini.
  8. Terjadi bencana banjir bandang di kawasan A, orang-orang dari kawasan B yang menyaksikan berita banjir di TV mengumpulkan dana untuk membantu korban di kawasan A.
  9. Suku A yang tinggal di perbukitan mulai kehabisan sumber makanan, akhirnya memutuskan untuk pindah ke tempat lain yang sumber makanannya lebih banyak.
  10. Ikan yang biasa hidup di perairan hangat akan bermigrasi ketika suhu air mulai turun dan pindah ke perairan yang suhunya sesuai dengan habitat dimana ia biasa tinggal.
  11. Kondisi alam di Kalimantan bisa menjadi peluang untuk pertambangan sehingga banyak investor yang memilih untuk berbisnis di sana daripada di tempat lain.
  12. Penjual barang hendak menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barangnya agar bisa sampai pada pembeli, kebetulan ada saudaranya yang akan pergi ke tempat dimana pembelinya tinggal, akhirnya penjual barang tersebut menitipkan barang jualannya pada saudaranya agar biaya pengiriman menjadi lebih murah.
  13. Di suatu kompleks perumahan, sistem airnya menjadi satu. Ketika ada rumah yang menyalakan air, secara otomatis air yang mengalir ke rumah lain debitnya akan berkurang.
  14. Kebakaran di hutan membuat sebagian besar satwa yang tinggal di hutan kehilangan tempat tinggal sehingga banyak hewan liar yang mulai masuk ke desa atau ke tempat pemukiman warga.
  15. Laura menjadi saksi dalam kasus pembunuhan karena ia berada di lokasi kejadian ketika pembunuhan itu terjadi.
  16. Bapak O adalah satu-satunya profesor di universitas swasta yang sedang dibangun sehingga beliau diminta dengan sangat agar tidak meninggalkan universitas tersebut sebelum kuota tenaga mengajar dengan gelar yang sama terpenuhi.
  17. Pulsa listrik di rumah habis, Ibu memberitahu anaknya lewat telepon untuk singgah membeli pulsa listrik dalam perjalanan pulang sekolah. Dengan adanya media telepon, ibu bisa berinteraksi dengan anaknya meskipun tidak secara bertatapan wajah.
  18. Seorang pemuda bekerja sebagai penulis konten di suatu blog kepunyaan seorang pengusaha. Keduanya tidak pernah bertemu secara langsung muka dengan muka, namun bisa melakukan interaksi yang memberi keuntungan untuk keduanya lewat layanan internet.
  19. Mahasiswa rantau yang hendak bepergian di kota perantauannya tidak lagi bingung mencari jalan ke tempat tujuan karena layanan transportasi online yang tersedia berkat perkembangan zaman.
  20. Listrik di kompleks perumahan elit seketika padam karena ada pabrik dekat kawasan perumahan tersebut yang terbakar.
  21. Bis yang digunakan untuk perjalanan mengalami kerusakan di tengah jalan sehingga penumpang bis harus turun dan menggunakan kendaraan umum lainnya.
  22. Proyek bangunan yang sedang digarap dihentikan ditengah jalan karena investor merasa mereka telah salah perhitungan, akhirnya investor lain mengambil alih proyek tersebut dengan konsep yang berbeda mendatangkan keuntungan bagi mereka.
  23. Lisa menelpon saudaranya sebagai bentuk hubungan sosial yang berada di luar negeri.
  24. Adanya sesi ramalan cuaca dalam tayangan berita pagi dapat menjadi patokan bagi seseorang atau sekolompok orang untuk menentukan kegiatan yang hendak ia jalani agar tidak salah dalam perencanaan.
  25. Meletusnya suatu gunung membuat bongkahan batu hasil letusan tersebut terlempar dekat pemukiman warga. Warga sekitar daerah tersebut menjadikan hal ini sebagai peluang kerja sehingga mendirikan tempat kerajinan ukir batu dan pembuatan patung atau alat kebutuhan rumah tangga dari batu.
    Sponsors Link

  26. Karena lolos berkas di suatu perusahaan di Jakarta, Budi yang berdomisili Magelang harus melakukan perjalanan menuju Jakarta untuk melaksanakan wawancara.
  27. Adanya ASEAN Free Trade Area (AFTA) membuat perdagangan maupun kegiatan ekonomi lainnya antar negara ASEAN menjadi lebih mudah.
  28. Di kota A belum ada tempat makan keluarga yang menjadikan seafood sebagai pemeran utamanya, pebisnis melihat hal ini sebagai peluang dan memulai bisnis rumah makan seafood di kota tersebut.
  29. Seorang pemuda berhasil diterima untuk menjadi pegawai di dua perusahaan yang berbeda. Perusahaan pertama lebih dekat dengan tempat tinggalnya sedangkan perusahaan kedua lebih jauh, namun menawarkan gaji yang lebih tinggi. Pemuda tersebut memilih perusahaan pertama karena meskipun gajinya lebih tinggi, penghasilan dari perusahaan kedua tidak bisa menutup biaya transportasi dari tempat tinggalnya menuju tempat kerja.
  30. Tsunami yang terjadi di Jepang diawali dengan gempa berkekuatan tinggi yang getarannya sampai menimbulkan gempa bumi berkekuatan rendah di beberapa titik di Indonesia.
  31. Presiden terpilih di Amerika Serikat dapat mempengaruhi nasib setiap negara yang menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi dengan Amerika, salah satunya adalah Indonesia.
  32. Pertukaran pelajar yang dilakukan oleh berbagai universitas di Indonesia dan di Thailand mendatangkan keuntungan bagi kedua pihak. Siswa Indonesia dapat belajar lebih banyak mengenai kehidupan, pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang di Thailand, begitu juga dengan siswa dari Thailand yang datang ke Indonesia dapat mempelajari hal yang sama dari negara kita.
  33. Permainan sepak bola antara kedua tim sepak bola yang keduanya memiliki fanclub yang besar dapat berakhir ricuh jika salah satu fanbase yang tidak bisa menerima kekalahan tim favoritnya memulai aksi anarki.
  34. Pasang surut air laut yang dipengaruhi oleh posisi bulan terhadap bumi.
  35. Kegiatan ekonomi pada zaman dahulu menggunakan sistem barter sebagai kegiatan pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang melibatkan kegiatan pertukaran barang dari kedua bela pihak. Pihak A memberikan apa yang dibutuhkan pihak B dan pihak B memberikan apa yang dibutuhkan pihak A. Dalam hal ini keduanya sama-sama diuntungkan.

Itulah 35 contoh dari interaksi antar ruang yang bisa kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari. Interaksi antar ruang dapat terjadi mulai dari skala yang kecil seperti dalam kehidupan keluarga sampai dalam skala yang besar seperti hal-hal yang terjadi di luar angkasa. Tentunya masih banyak lagi contoh interaksi antar ruang yang bisa disebutkan selain dari 35 poin di atas, namun setidaknya dengan 35 poin tersebut sudah bisa memberi gambaran yang sangat jelas mengenai apa dimaksud dengan interaksi antar ruang dan apa saja yang membuat interaksi antar ruang tersebut terjadi.

Sebagai kesimpulan, interaksi antar ruang adalah proses timbal balik yang terjadi antara satu ruang dengan ruang lainnya yang bisa berupa pergerakan seseorang, barang maupun informasi, yang terjadi karena beberapa kondisi yaitu adanya sesuatu yang saling menguntungkan sehingga saling melengkapi, adanya kesempatan antara atau sesuatu yang bisa menjadi pilihan alternatif dan yang terakhir adanya kemudahan untuk melakukan perubahan apabila rencana yang sudah ditentukan di awal tidak berjalan sesuai rencana agar terhindar dari penyebab terjadinya konflik.

Interaksi antar ruang akan terus terjadi karena satu ruang memiliki karakteristik, fungsi dan kebutuhan yang berbeda dengan ruang lainnya sehingga setiap ruang yang berada di muka bumi ini akan terus berhubungan dan saling melengkapi kekurangan maupun kebutuhan dengan kelebihannya masing-masing.

Semoga artikel ini dapat semakin membuka wawasan  Anda mengenai interaksi antar ruang terkait penjelasannya, kondisi yang menghasilkannya dan contoh-contohnya dalam kehidupan nyata di masyarakat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 09:32 Oleh :
Kategori : Pendidikan