Sponsors Link

9 Ciri-Ciri Era Globalisasi Informasi dan Komunikasi

Sponsors Link

Dalam masyarakat didunia selalu berkaitan dan saling bergantung satu sama lainnya karena telah mengalami globalisasi. Namun apakah yang dimaksud dengan globalisasi tersebut dan apakah hubungannya dengan bidang informasi?

ads

Globalisasi merupakan berasal dari kata ‘global’, ‘globe’, yang artinya mendunia. Dalam hal ini, globalisasi dapat disamakan dengan ilustrasi bola dunia, yakni menyatu sama lainnya sehingga dunia tidak lagi terlihat luas, namun menyempit dikarenakan proses globalisasi. Globalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Princeton N. Lyman

Pricenton N. Lyman adalah tokoh yang bergerak dibidang perekonomian. Menurutnya, bahwa globalisasi merupakan pertumbuhan yang cepat atas saling  keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.

  1. Menurut Selo Soemardjan

Globalisasi menurut tokoh yang terkenal dibidang sosiologi adalah bahwa globalisasi merupakan proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia memiliki tujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

  1. Menurut Scholte

Scholte merupakan tokoh yang dikenal dalam bidang ekonomi. Menurut scholte, globalisasi merupakan suatu proses meningkatnya jalinan hubungan  internasional. Dalam hal ini, setiap negara tetap mempertahankan identitas negara masing-masing, namun tetap bergantung pada satu sama lainnya.

Globalisasi pada hakikatnya telah mempengaruhi manusia seluruh dunia dalam berbagai bidang aspek kehidupan. Salah satunya, merupakan di sektor Informasi dan Komunikasi. Globalisasi sangatlah berperan penting dalam bidang teknologi dan Informasi pada masyarakat dunia. Dengan adanya informasi dan teknologi, maka segala sesuatu menjadi lebih cepat terserap informasi dan menjadikan masyarakat dunia update .

Dalam bidang Informasi dan Komunikasi, globalisasi memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Adanya Media Cetak

Media cetak dalam perkembangan jaman sekarang sudah sangatlah pesat. Jika pada jaman dahulu setiap negara mengetahui perkembangan dalam negaranya hanya dengan membaca Koran, di era globalisasi, informasi dapat diketahui secara mudah melalui tabloid, majalah. Media cetak juga memberi banyak informasi mengenai kabar dari berbagai penjuru dunia. Namun, di jaman yang modern ini, media cetak bukan lagi hanya dalam bentuk Koran kertas, namun dapat berupa Koran berbasis internet atau berbasis online agar memudahkan bagi masyarakat untuk membaca berita dengan cepat melalui perangkat.

  1. Adanya Media Visual (Internet, Televisi)

Dalam perkembangan jaman sekarang, internet menjadi hal yang sudah dianggap menjadi kebutuhan pokok oleh masyarakat. Hal-hal yang dahulu dianggap sebagai jauh menjadi begitu dekat dikarenakan informasi dari internet. Televisi yang sudah diperlengkapi dengan kabel yang tersalur dengan saluran luar negeri juga membantu masyrakat untuk mendapatkan informasi dari televisi kabel.

  1. Adanya perangkat Komputer, Laptop, Handphone

Handphone merupakan perangkat wajib yang telah digunakan oleh masyarakat era global. Dengan harga yang telah mudah dijangkau oleh masyarakat, tidaklah heran bahwa handphone telah menjadi benda primer yang dimiliki masyarakat jaman sekarang dibandingkan dengan konsumsi handphone yang digunakan masyarakat jaman dahulu.

Sponsors Link

Dengan adanya perangkat untuk memudahkan masyarakat era globalisasi dengan bantuan internet, maka Komputer, Laptop dan Handphone menjadi benda yang disukai oleh masyarakat.

  1. Informasi yang Semakin Mudah Terserap

Ciri-ciri lainnya yakni bahwa informasi semakin mudah diserap oleh masyrakat dunia dikarenakan telah terhubung oleh media satu dengan yang lain. Berita mengenai peristiwa sekecil apapun pasti akan dapat diterima oleh semua masyarakat global. Contoh informasi yang dapat mudah terserap seperti mengenai peperangan ataupun pemilihan presiden di suatu negara.

  1. Kebebasan dalam Berfikir

Banyaknya informasi yang dapat diserap menimbulkan banyak pemikiran-pemikiran dari berbagai otak manusia. Hal ini menimbulkan adanya kebebasan manusia dalam berfikir dan melahirkan berbagai pemikiran idealis dalam pemikiran manusia.

  1. Kegiatan Perdagangan Internasional Berbasis internet
Sponsors Link

Dalam bidang informasi dan teknologi, tidaklah pernah jauh dari sistem perekonomian. Hal ini menimbulkan adanya kegiatan perdagangan internasional, terutama perdagangan berbasis internet atau disebut sebagai online shopping. Perdagangan yang tadinya hanya terjadi jika saat kedua belah pihak bertemu menjadi perdagangan yang dapat dilakukan hanya dengan memegang suatu perangkat saja.

  1. Peningkatan kreatifitas dan kecerdasan dalam berbahasa asing

Perkembangan globalisasi dibidang informasi juga membuat masyrakat dunia saling mengetahui satu sama lainnya dalam mempergunakan bahasa yang digunakan oleh negara tersebut. Sehingga, dalam suatu komunikasi, kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris ataupun bahasa mandarin menjadi marak dalam bidang komunikasi.

  1. Privasi yang semakin sulit untuk dijaga

Dengan adanya perkembangan globalisasi dibidang komunikasi membuat semakin banyaknya setiap manusia untuk menggunggah setiap kegiatan didalam media sosial. Hal inilah yang membuat setiap orang lebih mengetahui privasi yang dilakukan oleh setiap individu dan membuat privasi semakin sulit dijaga dikarenakan kemampuan dalam menyebarkan informasi yang sangatlah cepat di era globalisasi.

Globalisasi pada umumnya dapat memudahkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia karena semakin cepatnya informasi yang didapatkan. Namun, ada kalanya setiap individu dalam era globalisasi dapat semakin bijak untuk mempergunakan perangkat yang ada di dalam media sosial agar tidak terjadi segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 12th, January 2018 / 09:17 Oleh :
Kategori : Pendidikan