Sponsors Link

Perbedaan Pantai dan Pesisir, Apa saja ya?

Sponsors Link

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan garis pantai yang sangat panjang. Secara keseluruhan garis pantai di Indonesia mencapai 81.000 km menjadikan Indonesia sebagai negara yang mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Pantai dan Pesisir memiliki arti yang berda mari kita simak artikel berikut.

ads

Pantai adalah salah satu bentang alam yang terdapat di daerah pesisir laut yang terdiri dari pasir, koral dan partikel biologis sepert cangkang moluska atau alga koralin. Pantai juga merupakan kawasan perbatasan antara daratan dan lautan. Pantai memiliki keadaan yang berbeda beda disetiap tempat.

Pesisir adalah daerah dimana terjadinya peristiwa pasang surutnya air laut. Pesisir merupakan daerah yang dimana saat air laut pasang akan terendam oleh air laut sedangkan pada saat surut maka daerah ini tidak terendam. Pesisir memiliki panjang yang sama dengan pantai.

Pantai dengan Pesisir merupaan dua hal yang berbeda namun keduanya saling berhubungan. Pantai dan pesisir memiliki panjang yang sama, akan tetapi pesisir memiliki lebar yang berbeda antara satu dengan yang lain. Misalnya, dipantai yang landai maka lebar pesisirnya sangat luas dari pantai yan curam. Hal ini disebabkan karena di pantai landai air laut merendam lebih banyak daratan daripada pantai curam yang terhalang dinding karang.

Demikian perbedaan antara pantai dan pesisir semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat dan mudah dimengerti.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 24th, September 2021 / 02:29 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?