Sponsors Link

Perbedaan Tsunami dengan Gelombang Pasang, Apa saja ya?

Sponsors Link

Tsunami adalah gelombang laut besar yang disebabkan oleh oleh gerakan tiba-tiba di dasar laut, Seperti gempa bumi. Gelombang ini membentuk gelombang ynag menyebar kesegala arah dengan kecepatan gelombang mencapai 600-900 Km/Jam.

ads

Gelombang pasang merupakan peristiwa yang dapat diprediksi dan daipengaruhi oleh atmosfer. Gelombang pasang merupakan hasil dari pasang surut harian yang disebabkan oleh penaruh gravitasi, Bulan, Matahari dan planet yang tidak seimbang. Gelombang pasang ini dapat menimbulkan bahaya di lautan maupun di daratan terutama daerah pesisir pantai.

Tsunami dan Gelombang Pasang sangatlah berbeda. Berikut adalah perbedaan antara Tsunami dan Gelombang Pasang.

  • Perbedaan yang paling utama antara Tsunami dan Gelombang Pasang adalah pada penyebabnya. Gelombang pasang disebabkan oleh cuaca yang ekstrim atau adanya angin kencang. Sementara Tsunami disebabkan oleh aktivitas tektonik maupun vulkanik yang terjadi di bawah laut.
  • Panjang gelombang pasang biasa berkisar anara 10 meter sampai 200 meter. Sedangkan Tsunami memiliki panjang gelombang antara 100 hingga 200 kilometer.
  • Tanda tanda terjadinya gelombang pasang adalah gelombang besar yang didahului oleh angin yang kencang di area lautan. Gelombang pasang biasanya dapat di prediksi beberapa jam atau beberapa hari sebelum terjadinya gelombang. Sedangkan Tsunami dapat terjadi secara tiba-tiba. Biasanya penyebab dan terjadinya Tsunami hanya berlangsung beberapa menit sehingga menakutkan.
  • Gelombang pasang memiliki periode antara 6 hingga 12 detik. Sedaangkan Tsunami memiliki periode gelombang anatara 10 menit hingga 20 menit.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 24th, September 2021 / 02:38 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?