Sponsors Link

Sering dinilai Sama, Berikut Perbedaan Gunung dan Pegunungan

Sponsors Link

Gunung dan Pegunungan adalah salah satu penampakan alam yang dapat dipijak oleh manusia. Gunung dan pegunungan biasanya terdapat di daratan dan dapat dinikmati keidahannya oleh mata. Terkadang Gunung dan pegunungan dianggap sama oleh masyarakat, padahal keduanya memiliki arti yang beda. Mari kira simak penjelasan berikut.

ads

Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjuang tinggi dibandingkan daratan sekitarnya. Gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit. Bagian puncak gunung lebih sempit dari bagian dasarnya. Gunung bisanya berdiri sendiri, di peta gunung bisanaya ditandai dengan segitiga berwarna hitam, segtiga merah untuk gunung yang aktif.

Pegunungan merupakan salah satu bentang alam yang mudah sekali detemui. Pegunungan merupakan kumpulan atau gugusan gunung besar dan juga kecil yang memanjang dan sambung menyambung. Contoh pergunungan di Indonesia : Pegugusan Bukit Barisan (sumatera), Pegunungan Pembarsan (Jawabarat), pegunungan kapur utara (Jawa Tengah).

Perbedaan Gunung dan Pegunungan adalah gunung merupakan bagian menonjol keatas di permukaan bumi, sedangkan pegunungan adalah rangkaian dari gunung gunung yang berderet. Gunung memiliki luas yang lebih kecil dari pada pegunungan, Ketinggian gunung memiliki ketinggian yang dapat berubah ubah karena ada pengaruh dari aktivitas vulkanologi, sedangkan pegunungan memiliki bentuk yang tetap.

Peroses terbentuknya gunung kebanyakan terbentuk karena aktivitas vulkanologi, tapi beberapa gunung ada yang tida aktif karena bersefat sementara, sedangkan pegunungan kebanyakan tidak memiliki aktivitas vulkanologi, kecuali pegunungan tersebut terletak di kumpulan gunung berapi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 24th, September 2021 / 02:32 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?