Sponsors Link

Karakteristik Pantai Selatan Jawa yang Menarik untuk dibahas

Sponsors Link

Di pulau jawa dikenal dengan pembagian lautnya berdasarkan wilayah utara dan selatan. Pada umumnya laut, Selatan Jawa memiliki cirikhas yaitu pasir putih halus, air berwarna biru, dan berombak tinggi. Sedangkan laut Utara jawa memiliki cirikhas pasir yang berwarna coklat kehitaman, air laut keruh, arus air laut cukup tenang, dan ombak tidak kencang.

ads

Hal itu dapat terjadi karena keadaan geografi atau lokasi yang menentukan karakteristik suatu perairan. Laut selatan pulau jawa sangat luas dan terbuka karena berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Berikut merupakan karakteristik dari Pantai selatan jawa.

  • Air laut di pantai selatan dikenal dengan kejernihannya serta digradasi dengan warna biru kehijauan. Faktor yang menyebabkan perbedaan air laut salah satunya adalah kedalaman air laut.
  • Warna pasirnya berasal dari bebatuan, batuan tersebut berubah menjadi butiran-butiran pasir. Jenis batuan yang menjadi penentu warna pasir dapat disebabkan oleh beberapa hal. Jika pasir berwarna putih disebabkan oleh letusan gunung dengan mengandung kapur, dan jika pasir berwarna hitam berasal dari tanah yang berasal dari endapan lumpur. Pantai selatan memiliki karakteristik pasir berwarna putih.
  • Pada kawasan pesisir pantai selatan ombak yang dihasilkan cenderung besar atau tinggi, hal itu disebabkan karena pantai selatan berhadapan langsung dengan samudera Hindia sehingga menghasilkan energi gelombang yang kuat.
  • Pasang surut laut selatan jawa memiliki karakteristik berupa peristiwa duakali pasang dan dua kali surut dalam sehari, tetapi dengan tinggi dan periode yang berbeda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 24th, September 2021 / 02:36 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?