Sponsors Link

Bentuk Interaksi Antar Ruang Beserta Syarat dan Dampaknya

Sponsors Link

Interaksi antar ruang merupakan hubungan timbal balik antara sebuah wilayah dengan wilayah lainnya yang bisa terjadi dalam berbagai bentuk seperti pergerakan orang, distribusi barang dan lain sebagainya. Pergerakan pergerakan itulah yang menyebabkan perubahan di wilayah asal dan wilayah tujuan terjadi. Interaksi antar ruang juga menjadi sebuah cara untuk mengelola ruang ruang atas dasar potensi dan permasalahan serta keterkaitan sebuah ruang dengan ruang lain disekitarnya. Lalu, apa saja sebenarnya bentuk, syarat dan dampak  interaksi antar ruang pada sebuah wilayah?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Bentuk Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang memiliki beberapa bentuk, seperti:

1. Mobilitas Penduduk

Bentuk interaksi antar ruang yang pertama adalah mobilitas penduduk. Ini merupakan interaksi dalam bentuk perpindahan atau pergerakan manusia seperti contohnya imigrasi, emigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk wisata atau bekerja yang juga sekaligus sebagai bentuk upaya manusia memenuhi kebutuhan.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan interaksi lewat perpindahan ide atau gagasan serta informasi. Sebagai contoh, pengiriman informasi secara langsung atau tidak langsung seperti melihat tayangan televisi, membaca berita dan lain sebagainya.

3. Transportasi

Transportasi merupakan interaksi lewat perpindahan barang atau energi seperti mengangkut barang, perdagangan dan lain sebagainya.

Syarat Terjadinya Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang bisa terjadi ketika sudah memenuhi beberapa syarat, seperti:

1. Saling Melengkapi [Complementarity]

Syarat pertama terjadinya interaksi antar ruang adalah saling melengkapi. Keadaan saling melengkapi bisa terjadi apabila ada wilayah yang memiliki perbedaan komoditas yang dihasilkan.

2. Kesempatan Antara [Intervening Opportunity]

Kesempatan antara merupakan sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik dibandingkan dengan tempat asal atau tempat tujuan.

3. Keadaan Bisa Diserahkan atau Dipindahkan [Transferbility]

Kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi hal yang penting supaya bisa terwujud interaksi antar ruang. Dalam hal ini, pengangkutan barang atau orang membutuhkan biaya. Biaya untuk mewujudkan interaksi tersebut juga harus lebih rendah dibandingkan keuntungan yang didapat.

Sponsors Link

Dampak Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang tentunya akan menimbulkan beberapa dampak yang terjadi pada sebuah ruang atau lingkungan, seperti:

  • Perkembangan pusat pertumbuhan: Interaksi antar ruang bisa berdampak pada perkembangan pusat pertumbuhan. Sebagai contoh di kota kota besar akan terjadi pemusatan aktivitas dan juga jasa pada wilayah kota tersebut sehingga wilayah perkotaan menjadi pusat pertumbuhan.
  • Perubahan pemakaian lahan: Interaksi antar ruang bisa menyebabkan perubahan pemakaian lahan atau disebut dengan fungsi lahan. Alih fungsi lahan tersebut bisa diartikan sebagai pergantian fungsi sebuah lahan untuk menampung aktivitas kegiatan manusia sebagai contoh tindakan sebagai makhluk sosial.
  • Perubahan orientasi mata pencaharian: Orientasi mata pencaharian berhubungan dengan pekerjaan. Orientasi pekerjaan akan berubah dari yang sebelumnya berorientasi pada sumber daya alam, maka akan menjadi pekerjaan lain seperti bidang jasa dan industri. Selain itu, banyaknya perkebunan yang menghasilkan sumber daya alam juga akan berganti menjadi sebuah pabrik yang juga sebagai salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju.
  • Perkembangan sarana dan prasarana: Dampak interaksi antar ruang tidak selalu berkaitan dengan hal yang negatif. Ada beberapa dampak positif yang bisa dihasilkan seperti meningkatnya sarana dan prasarana. Dari mulai fasilitas umum, transportasi, pusat perdagangan dan lainnya akan terus berkembang dan bertambah mengikuti arus perubahan yang ada.

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang interaksi antar ruang dari mulai bentuk syarat dan juga dampak positf atau negatif yang bisa dihasilkan dari interaksi antar ruang tersebut. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 11:00 Oleh :
Kategori : Sosiologi