Sponsors Link

5 Fakta Gunung Sinabung yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Sinabung adalah gunung api di Daratan Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung ini memiliki kertinggian 2,451 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ke 2 di provinsi ini. Berikut fakta-fakta menarik gunung sinabung.

ads

1. Gunung Teraktif di Indonesia

Gunung Sinabung adalah gunung teraktif di Indonesia. Dalam beberapa tahun ini sinabung sudah beberapa kali melatus. Letusannya dirasakan masyarakat sejak tahun 2010, lalu 2013, 2015, 2016, dan tahun 2017.

2. Sejarah Letusan

Gunung Sinabung memiliki sejarah letusan cukup menarik. Tercatat letusan purba gunung ini terjadi pada tahun 1600. Setelah itu, gunung ini tidak lagi meletus hingga tahun 1881. Lebih dari 1 abad, Sinabung kembali meletus pada 2010.

3. Erupsi Terlama

Erupsi Gunung Sinabung merupakan gunung dengan erupsi terlama di Indonesia. Sebelumnya, erupsi terlama dimenangkan oleh Gunung Bromo dengan lama erupsi 7 bulan, sedangkan Gunung Sinabung alami erupsi bertahun tahun sejak 2010. Bahkan, masyarakat sekitar sinabung pun terpaksa mengungsi dan meninggalkan lahan mereka lataran erupsi yang berkepanjangan.

4. Misteri Gunung Sinabung

Ada beberapa misteri gunung sinabung yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Seperti halnya kiai Janggar yang merupakan Jin berbadan besar yang menjadi penghuni Gunung Sinabung . Selain itu asap letusan di tahun 2013 menyerupai orang yang berdoa.

5. Mitos Pendakian

Gunung Sinabung juga mempunyai tujuan para pendaki. Namun, ada mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Para pendaki dilarang membawa anjing dan babi, baik yang hidup maupun yang mati. Daging anjing atau B1 maupun daging babi atau B2, semuanya haram disana. Jika ada pendaki yang melanggar pantangan ini maka dipercaya bisa jatuh sakit saat berada di Gunung Sinabung.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:52 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?