Sponsors Link

5 Faktor yang Mempengaruhi Pasang Surut Air Laut Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Pasang surut adalah naik atau turunnya permukaan air laut yang di sebabkan oleh pengaruh gravitasi bulan dan matahari. Atau bisa di artikan juga pasang surut adalah fluktuasi muka air laut sebagai fungsi waktu karena adanya benda benda dilangit, terutama matahari dan bulan terhadap masa air di bumi.

ads

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasang surutnya air laut. Antara lain sebagai berikut:

1. Rotasi Bumi

Rotasi bumi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pasang surut air laut. Saat bumi berputar pada porosnya, maka waktu ada posisi wilayah laut menghadap bulan dan menghadap matahari.

Air laut akan menghadap bulan pada malam hari. Hal ini membuat gaya tarik bulan lebih besar dua kali lipat dari pada gaya tarik mata hari sehingga air laut pasang pada malam hari.

2. Revolusi Bumi Terhadap Matahari

Bumi akan melakukan revolusi terhadp matahari karena matahari merupakan bagian dari pusat tata surya. Revolusi bumi terhadap matahari membuat manusia di bumi memiliki tahun.

3. Revolusi Bulan Terhadap Matahari

Ketika mengalami revolusi bersama dengan bumi, maka ada suatu kemungkinan matahari dan bulan berada dalam satu titik yang bedekatan, Hal ini akan membuat kekuatan gaya tarik keduanya untuk bergabung dan dapat menarik permukaan air laut dar pada kondisi yang biasanya.

4. Gesekan Dasar

Gesekan dalam dasar air laut termasuk faktor yang mempengaruhi pasang surut air laut. Gesekan ini terjadi pada lempeng-lempeng di samudera, ketika lempeng-lempeng tersebut bergesekan satu sama lain, Maka akan menimbulkan semacam rongga yang dapat menyerap air laut.

5. Kedalaman dan luas perairan

Kedalaman dan luas air laut sangat memberikan dampak. Setiap wilayah laut memiliki kedalaman dan luas yang berbeda beda. Hingga fktor ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pasang surut air laut.

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 13th, September 2021 / 13:41 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?