Sponsors Link

3 Perbedaan Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin yang Perlu dipahami

Sponsors Link

Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menarik. Fenomena ini melibatkan benda benda langit yang ada pada tata surya. Gerhana merupakan proses terjadinya pergerakan benda langit lainnya yang menjadi tertutup.

ads

Gerhana matahari total , piringan matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Ini dapat terjadi pada puncak gerhana. Pada saat itu bulan tampak sama besar dengan matahari. Meski demikian, kuran piringan matahari dan bulan bisa berubah ubah sesuai dengan jarak bumidan baulan dan jarak bumi dengan matahari.

Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan bulan hanya menutup sebagian dari piringan matahari pada saat puncak gerhana. Ukuran piringan bulan yang lebih kecil dari piringan matahari. Piringan bulan tampak berbeda di depan piringan matahari, lalu memunculkan cahaya di sekelilingnya menyerupai bentuk cincin.

Gehana matahari total dan Gerhana matahari cincin memiliki beberapa perbedaan antara lain sebagai berikut :

1. Berdasarkan Waktunya

Gerhana matahari total lebih terjadi sekitar 18 bulan sekali sedangkan gerhana matahari cincin tejadi hanya satu tahun sekali.

2. Berdasarkan Posisi

Pada gerhana matahari total posisi bulan dekat dengan bumi sedangkan pada gerhana matahari cincin posisi bulan berada di titik terjauh dari bumi.

3. Berdasarkan Cahaya

Gerhana matahari total memiliki kondisi yang gelap selama beberapa menit sedangkan, gerhana matahari cincin menghasilkan sinar di bagian tepi bulan mirip cincin.

Itulah perbedaan gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin semoga bisa dimengerti.

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 13th, September 2021 / 13:34 Oleh :
Kategori : Geografi