Sponsors Link

Perbedaan Gempa Tektonik dan Gempa Vulkanik yang Perlu dipahami

Sponsors Link

Gempa Bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba tiba yang menciptakan gelombang sesimik. Gempa bumi basa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Selain itu gempa bumi juga bisa di sebabkan oleh letusan gunung api.

ads

Gempa Bumi yang sangat dasyat pernah terjadi di Indonesia, tepatnya di Aceh, pada tanggal 26 Desember 2004. Gempa ini berkekuatan 9,1 skala Richter atau sebanding dengan kekuatan seribu bom atom, gempa tersebut juga menimbulkan Tsunami hingga menyebabkan korban sebanyak 227 ribu jiwa. Tercatat ada 14 negara yang terdampak Tsunami yang di sebabkan oleh gempa ini.

Berikut adalah perbedaan Gempa Tektonik dan Gempa Vulkanik yang wajib kita tahu.

Gempa Tektonik disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi atau kerak bumi yang saling bertumbukan sehingga menyebabkan gempa tektonik. Di Indonesia sering terjadi gempa tektonik, karena letak Indonesia berada di 3 pertemuan lempeng benua, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indoaustralia, dan Lempeng Pasifik. Jika sumber gempa berada di laut maka bisa saja gempa tersebut dapat menimbulkan Tsunami.

Gempa Vulkanik terjadi karena adanya pergerakan magma di dalam gunung berapi dan gempa vulkanik terjadi karena adanya tekanan gas. Gempa Vulkanik sering terjadi beberapa saat sebelum gunung berapi meletus. Gempa Vulkanik bisanya hanya dapat di rasakan oleh penduduk yang tinggal di sekitaran gunung berapi saja.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 24th, September 2021 / 02:27 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?