Sponsors Link

4 Fakta Gunung Latimojong yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Latimojong adalah salah satu nama gunung di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi di Pulau Selawesi, gunung ini bukan gunung berapi akan tetapi merupakan sebuah jajaran pegunungan dengan beberapa puncak puncak.

ads

Pegunungan Latimojong ini membentang dari selatan ke utara. Disebelah barat Gunung Latimojong adalah Kabupaten Enerkang, sebelah utara Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan ada daerah kabupaten Sidenreng Rappang dan area sebelah Timur seluruhnya wilayah Kabupaten Lawu. Berikut Fakta Gunung Latimojong

1. Termasuk Gunung Tertinggi

Gunung Latimojong merupakan titik tertinggi di Pulau Selawesi. Rangkaian gunung ini bukan berupa gunung berapi seperti gunung gunung lain yang ada di beberapa wilayah Indonesia. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 2,000 hingga 3,478 mdpl.

2. Memiliki Tujuh Puncak

Pegunungan Latimojong diketahui memiliki tujuh puncak dan masing masih pucak memiliki nama tersendiri. Buntu Rante Mario sebagai titik tertinggi di pulau Selawesi dan diikuti oleh Buntu Nenmori sebagai titik kedua dan puncak puncak lainnya yaitu Buntu Sinaji, Buntu Sikolog, Buntu Rante Kambola, Buntu Bajaja, dan Buntu Latimonjong.

3. Mempunyai Tujuh Pos Peristirahatan

Terdapat tujuh pos peristirahatan yang bisa digunakan para pendaki untuk beristirahat atau mendirikan tenda sebelum mencapai puncak.

4. Tantangan Pendakian

Tantangan pendakian mulai dirasakan saat tiba di pos 1 menuju pos selanjutnya. Vegetasi yang semakin lebat akan menemani selama pendakian. Meski jalur pendakian masih dianggap mudah ketimbang gunung-gunung di pulau Jawa, namun akar pohon yang melintang membuat pendakian menjadi sangat licin. Perlu ekstra hati hati saat ingin melangkah.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:55 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?