Sponsors Link

5 Negara Terkaya di Dunia yang Perlu Anda Tau!

Sponsors Link

Tiap negara memiliki pemasukan dan pengeluaran keuangan yang berbeda. Kekayaan dari tiap negara juga pastinya berbeda, hal ini dapat dilihat dari kemajuan negara tersebut baik dalam bidang apapun. Kekayaan-kekayaan negara di dunia dapat diperingkatkan dari negara yang paling kaya sampai yang paling miskin.

ads

Dalam menentukan peringkat negara terkaya di dunia. Maka tidak hanya semata-mata dipilih sesuai kemauan. Tetapi, ada tolak ukur yang menjadi prasyarat untuk dapat memperoleh manakah negara yang masuk dalam kriteria dari persyaratan tersebut untuk masuk nominasi negara paling kaya yang ada di dunia.

Negara yang mempunyai angka Produk Domestik Bruto atau bisa disingkat PDB yang disandingkan dengan Purchasing Power Parity atau PPP dengan nilai yang tinggi maka negara itulah yang termasuk ke dalam kriteria negara terkaya di dunia. Hal itu dipaparkan berdasarkan Global Finance. Kali ini akan kita bahas 5 negara terkaya yang menjadi peringkat teratas yang ada di dunia. Yuk disimak!

Berikut akan disebutkan dan dijelaskan mengenai 5 negara terkaya yang ada di dunia berdasarkan World Population Review, Global Finance, dan International Monetary Fund. Yuk! Dibaca ya, supaya kita menambah ilmu baru.

1. Irlandia

Peringkat pertama negara terkaya di dunia jatuh pada negara Irlandia. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), Irlandia akan mengalami pertumbuhan PDB yang luar biasa pada tahun 2021 dan diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2020. Dengan 5 juta orang, Irlandia adalah salah satu tempat perlindungan pajak perusahaan terbesar di dunia.

Dikenal sebagai  eksportir utama peralatan medis, komputer dan elektronik. Menurut IMF,  pendapatan per kapita Irlandia US$85.267 dan total PDB-nya US$405,19 miliar. Meskipun  pernah merasakan krisis keuangan pada tahun 2008, Irlandia berhasil mengubah situasi ekonominya. Dengan populasi dan 5.008.332 pada tahun 2022, Irlandia juga dikenal sebagai salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia.

Pertumbuhan ekonomi Irlandia sudah bisa mencapai 5,9% hari ini. Angka yang cukup tinggi ini mengungguli pertumbuhan ekonomi negara-negara Eropa lainnya yang hanya tumbuh 1,2%.

2. Luxembourg

Negara yang menjadi urutan nomor 2 sebagai negara terkaya di dunia setelah Irlandia adalah negara Luxembourg. Negara ini termasuk dalam negara Eropa. Luxembourg juga termasuk negara Eropa yang terkenal dengan kastil dan lanskapnya yang indah. Negara ini memiliki populasi hanya 639.929 dan mencakup area seluas 2.590 kilometer persegi. Menurut IMF, produk domestik bruto Luksemburg pada akhir tahun 2021 adalah $73,69. Sementara menurut PBB, total PDB negara tersebut telah mencapai $58,63. Meskipun populasi Luksemburg cukup besar, pendapatan per kapita negara itu adalah $ 115.873.

Terletak di jantung Eropa dan dengan populasi sekitar 630.000, negara  ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada turis dan warga negara. Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi orang-orang dengan standar hidup yang jauh lebih tinggi di kawasan euro. Luksemburg tidak hanya masuk dalam daftar negara terkaya di dunia, tetapi juga  negara bebas korupsi, menempati peringkat  negara terbersih kesembilan dari korupsi di 180 negara.

3. Monako

Peringkat ketiga untuk negara-negara terkaya di dunia adalah negara Monako. Negara ini memiliki penduduk hanya  30 ribu sampai 40 ribu jiwa dan negara ini hanya meliputi area seluas 1 kilometer persegi. Pada awal 2022, PDB Negara Monako sangat tinggi yaitu sekitar $6,47 miliar dan pendapatan per kapitanya adalah $190,51, menjadikan Monako negara terkaya di dunia saat ini.

4. Singapura

Selain ketiga negara diatas, Negara Singapura sebagainegara maju yang terletak di Asia tenggara juga termasuk dalam negara terkaya di dunia. Singapura dikenal sebagai negara komersial dan pendidikan. Singapura memiliki populasi  hanya 700 kilometer persegi dan luas 5.929.338, dengan pendapatan per kapita $ 59.797.

Singapura merupakan negara terkaya keempat di dunia, dengan PDB per kapita US$ 107.677  atau sekitar Rp 1,5 miliar. Negara ini adalah surga pajak yang berkembang di mana keuntungan modal dan dividen bebas pajak. Saat ini, Singapura makmur sebagai pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan. Meskipun negara ini memiliki sedikit sumber daya alam.

5. Switzerland atau Swiss

Switzerland atau yang biasa kita kenal negara swiss menduduki posisi kelima sebagai negara terkaya di dunia dengan PDB US$78.112 atau sekitar Rupee 1,1 miliar.

Swiss juga dikenal  sebagai negara dengan sistem perbankan yang canggih. Negara ini memiliki fokus ekonomi pada jasa keuangan, farmasi, elektronik, bahan kimia, logam dan manufaktur  presisi. Berdasarkan perkiraan terbaru, 11.8 persen dari 100.000 penduduk usia dewasa di Swiss termasuk miliarder. wah keren sekali ya sobat.

Tetapi kali ini, sekitar 8,6 juta negara berhutang banyak  kepada bank, layanan asuransi, pariwisata, dan ekspor obat-obatan, perhiasan, logam mulia, peralatan presisi, mesin  (dari jam tangan hingga peralatan medis hingga komputer). Menurut Credit Suisse Global Wealth Report terbaru, 14,9% penduduk dewasa Swiss memiliki kekayaan lebih dari US$ 1 juta.

Meskipun begitu, Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, tidak heran jika Swiss  masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Menurut IMF, negara tersebut memiliki respons politik yang cepat dan berkelanjutan terhadap keuangannya.

Sponsors Link
,
Post Date: Tuesday 24th, May 2022 / 03:17 Oleh :
Kategori : Ekonomi