Sponsors Link

11 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Sponsors Link

Keadaan alam Indonesia dan negara-negara ASEAN, seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, dan masih banyak lagi, merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan potensi ekonominya.

ads

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi regional yang beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, ketika perwakilan dari lima negara Asia Tenggara yaitu negara Indonesia (Adam Malik), Filipina (Narciso Ramos), Malaysia (Tun Abdul Razak), Thanat Khoman (Thailand), dan Singapura (S. Rajaratnam). menandatangani Deklarasi Bangkok.

Negara-negara anggota ASEAN memiliki berbagai potensi sumber daya alam dan ekonomi. Oleh karena itu, kerja sama antara negara-negara tersebut menjadi penting. Terutama dalam hal kekayaan yang ada dalam sungai, karena sungai ada banyak di negara-negara ASEAN.

Sehingga setiap negara Asia Tenggara bisa bekerja sama dalam bidang transportasi, budidaya, sumber air pertanian, dan sebagainya. Baca juga penyebab eutrofikasi pada sungai.

Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Indonesia sendiri memiliki banyak sungai. Bagi sebagian orang, sungai adalah tempat untuk bertahan hidup dan mencari nafkah. Beragam manfaat sungai sangat membantu kehidupan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

Tapi tahukah selain Indonesia, negara di Asia Tenggara juga memiliki sungai terpanjang? Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang di Asia Tenggara mencakup hingga empat sungai di Indonesia. Baca juga manfaat mempelajari ilmu geografi.

Di bawah ini adalah daftar 10 sungai terpanjang di Asia Tenggara.

1. Sungai Mekong – 4,023km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara, yang pertama adalah Sungai Mekong, yang panjangnya sekitar 4.023 km. Sungai Mekong juga merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia setelah Sungai Lena di Siberia.

Sungai Mekong berawal dari Gunung Jifu di Provinsi Zadou, Tibet. Mengalir ke Tiongkok, khususnya Provinsi Yunnan, dan terus mengalir ke Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

2. Sungai Thanlwin – 2.815km

Sungai terpanjang kedua di Asia Tenggara adalah Sungai Thanlwin yang panjangnya sekitar 2.815 km. Sungai ini mengalir melalui tiga negara Asia yaitu Cina, Myanmar, dan Thailand.

3. Sungai Irrawaddy – 2.170km

Berikutnya adalah Sungai Irrawaddy di Myanmar yang panjangnya sekitar 2.170 km. Sungai ini merupakan sungai terpenting di Myanmar dalam hal jalur sungai dan perdagangan sebagai daerah aliran sungai. Baca juga jenis gunung berapi berdasarkan hasil erupsi.

4. Sungai Chindwin – 1.207km

Ternyata banyak sungai panjang di Myanmar dan Sungai Chindwin juga ada di Myanmar yang merupakan anak sungai dari Sungai Irrawaddy yang panjangnya 1.207 km. Sungai Chindwin berasal dari Lembah Hukawng di Kachin, Myanmar.

5. Sungai Kapuas-1.143km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara berikutnya adalah Sungai Kapuas di Indonesia tepatnya di Kalimantan Barat yang panjangnya 1.143 km.

Nama sungai tersebut berasal dari Kapuas, nama daerah dimana sungai tersebut ditemukan, selain itu disebut juga Batang Lawai karena juga mengalir ke daerah Lawie atau Lawai yang ada di Kabupaten Melawi.

6. Sungai Fly – 1.050km

Sungai Fly merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Papua dengan panjang sekitar 1.050 km. Sungai ini mengalir dari Gunung Emmanuel Victor ke tenggara Teluk Papua.

Fly River juga merupakan bagian dari perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di Papua. Nama Fly berasal dari nama kapal HMS Fly yang digunakan Kapten Blackwood untuk menjelajahi muara sungai pada tahun 1842.

7. Sungai Mahakam – 920km

Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia dan sungai terpanjang di Kalimantan Timur dengan panjang 920 km. Sungai ini berasal dari Kabupaten Kutai Barat dan mengalir ke Selat Makassar.

Dari dulu hingga sekarang, Sungai Mahakam telah berperan penting dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Timur, termasuk sumber air, sarana budidaya, dan sarana transportasi. Baca juga penyebab eutrofikasi pada sungai

8. Sungai Barito – 909km

Sungai Barito yang juga dikenal dengan nama Sungai Dusun merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia dan terletak di pulau Kalimantan dengan panjang 909 km.

Sungai ini berasal dari Pegunungan Schwaner Kalimantan Tengah dan mengalir ke Laut Jawa. Nama sungai tersebut berasal dari nama Kabupaten Barito yang dulunya beribukota Muara Teweh merupakan wilayah Kalimantan Tengah.

9. Sungai Batanghari – 800km

Satu-satunya sungai Indonesia lainnya dalam daftar sungai terpanjang di Asia Tenggara adalah Sungai BatangHari, atau kadang-kadang disebut Sungai Hari saja, yang panjangnya 800 km. Sungai BatangHari berada di pulau Sumatera.

Sungai BatangHari berawal dari Gunung Rasan di Solok, Sumatera Utara dan terus mengalir menuju Sungai Pagu. Selain itu, masih banyak sungai-sungai kecil lainnya yang bermuara di Sungai BatangHari

10. Sungai Chi – 765km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya adalah Sungai Thailand yaitu Chi yang memiliki panjang 765 km, yang berasal dari Pegunungan Phetchabun, yang mengalir ke Sungai Mun.

11. Sungai Salween – 2.815 km

Sungai Salween adalah sungai terpanjang di Myanmar dan sungai terpanjang kedua di Asia Tenggara. Total panjang Sungai Salween adalah 2.815 km, sama dengan Sungai Thanlwin. Di Cina, sungai ini lebih sering disebut Sungai Nujiang.

Sungai Salween ada di ketiga negara tersebut yaitu Cina, Myanmar dan Thailand. Sungai Salween mengalir dari Dataran Tinggi Tibet ke Laut Andaman di Asia Tenggara. Sungai Salween adalah salah satu sungai yang memiliki arus bebas terpanjang di dunia.

Demikianlah tadi pembahasan tentang sungai terpanjang di Asia Tenggara atau ASEAN. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan saudara sekalian. Baca juga jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Wednesday 22nd, June 2022 / 02:43 Oleh :
Kategori : Geografi