Sponsors Link

North American Free Trade Agreement: Tujuan, Struktur dan Kegiatan

Sponsors Link

Pengertian North American Free Trade Agreement

North American Free Trade Agreement (NAFTA) yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, merupakan organisasi kerja sama ekonomi perdagangan yang berdiri pada 1 Januari 1994 yang beranggotakan negara di benua Amerika bagian utara yatu Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

ads

North American Free Trade Agreement (NAFTA) adalah suatu bentuk perjanjian kerjasama tentang ekonomi dan perdagangan yang membebaskan bea masuk bagi negara anggota pada kegiatan ekspor impor. NAFTA memberikan kemudahan bagi negara anggotanya dalam bidang ekonomi, seperti dengan pemberlakuan pembebasan tarif bea masuk bagi jenis barang tertentu, dan juga memberikan perlakuan adil terhadap penanam modal asing yang akan menanamkan modalnya di negara anggota NAFTA.

Belum lagi dalam hal kesehatan, lingkungan dan peraturan tentang tenaga kerja yang seringkali dikenakan terhadap perusahaan yang beroperasi pada suatu negara, maka perdagangan bebas hadir yang bermaksud untuk mengurangi pembatasan akibar regulasi diatas, sehingga diharapkan perdagangan antara dua negara atau lebih bisa meningkat dan berjalan lebih baik.

Sejarah Terbentuknya North American Free Trade Agreement

NAFTA terbentuk karena terjadinya krisis ekonomi di Meksiko pada tahun 1994. Krisis yang terjadi di Meksiko merupakan akibat dari tidak stabilnya kondisi politik di dalam negri, hal lainnya yang mengakibatkan krisis adalah karna Meksiko mengalami kegagalan dengan program devaluasi yang menjadi kebijakan yang diterapkan di Meksiko sebelum tahun 1994.

Sebenarnya, krisis ekonomi Meksiko sudah terjadi sejak tahun 1980 yang merupakan akibat dari gagalnya Meksiko membayar hutang luar negrinya. Untuk bangkit dari krisis tersebut, Meksiko melakukan beberapa upaya. Salah satu nya dengan menjadi anggota NAFTA. Tetapi ada beberapa kebijakan yang harus dirubah oleh Meksiko supaya bisa melakukan penyesuaian diri dengan aturan dalam NAFTA, salah satunya Meksiko mengubah kebijakan dalam negri negrinya.

Sebelum Meksiko bergabung, Amerika Serikat dan Kanada sudah lebih dahulu mempunyai kepesepatan kerja dengan nama Canada-United States Free Trade Agreement (CUFTA), yang artinya Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Serikat dan Kanada, yang dibentuk pada tahun 1988. Namun, pada kongres selanjutnya, karena melihat potensi yang lebih baik Amerika Serikat dan Kanada sepakat untuk menerima tawaran Meksiko untuk bergabung dan saling bekerja sama dalam mengatasi permasalahan ekonomi. Sehingga pada 17 Desember 1992 disepakati berdirinya NAFTA tapi baru aktif beroperasi pada 1 Januari 1994.

Ada beberapa tugas pokok dari NAFTA, yang tertulis dalam piagam NAFTA yaitu: NAFTA bertugas untuk mengkoordinasi berbagai kegiatan ekonomi, komunikasi, kebudayaan, niaga, paspor, kewarganegaraan, visa kegiatan sosial dan juga kesehatan.

Tujuan North American Free Trade Agreement

Tujuan utama didirikannya NAFTA adalah untuk meningkatkan perdagangan antara tiga negara anggota, menciptakan perdagangan bebas dengan menghilangkan hambatan perdagangan berupa hambatan tarif dan hambatan non tarif.

Hambatan tarif berupa bea masuk, bea masuk tambahan dan pungutan negara lainnya terhadap barang-barang yang masuk ke salah satu negara anggota NAFTA. Hambatan non tarif berupa ketentuan atau aturan yang berfungsi untuk menghambat perdagangan. Berikut tujuan NAFTA secara lebih terperinci, yaitu:

  • Meniadakan halangan dalam perdagangan dan menjadi fasilitator dalam pergerakan lintas batas barang dan jasa.
  • Promosi kondisi persaingan yang adil.
  • Peningkatan substansial peluang investasi.
  • Menciptakan prosedur yang efektif untuk pelaksanaan dan penerapan perjanjian untuk administrasi bersama dan untuk penyelesaian sengketa.
  • Membentuk kerangka kerja untuk kerja sama lebih lanjut trilateral, regional dan multilateral .
  • Meningkatkan daya saing industri di negara-negara anggota NAFTA.

Struktur North American Free Trade Agreement

Sama dengan lembaga lainnya, NAFTA juga memiliki struktur kelembagaan. Secara struktural, North American Free Trade Agreement (NAFTA) memiliki tiga komisi, yaitu:

  • The Free Trade Commission (FTC)
    Komisi ini berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan perdagangan bebas, pembuat rekomendasi dan pemilih mediator untuk menangani masalah atau sengketa yang ada dalam NAFTA. FTC dikelola oleh tiga menteri perdagangan dari tiga negara anggota NAFTA.
  • Commission on Environmental Co-operation (CEC)
    Komisi ini dipimpin oleh menteri lingkungan hidup masing-masing negara anggota NAFTA. Adapun yang menjadi tugas dari komisi ini adalah hal-jal yang berkaitan dengan kerjasama lingkungan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kondisi dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Komisi ini mempunyai beberapa program kerja yang tentunya berkaitan dengan lingkungan negara anggota NAFTA.
  • Commission on Labor Co-opertaion (CLC)
    Komisi ini dikelola oleh menteri tenaga kerja masing-masing negara anggota NAFTA. ini merupakan komisi yang mengatur tentang North American Agreement on Labor Co-operation (NAALC). Komisi ini mempunyai tugas dalam hal efektifitas dan stanadarisasi hal-hal yang berkaitan dengan tenaga kerja.

Kegiatan North American Free Trade Agreement

Kegiatan kerjasama dalam NAFTA mencakup tiga hal, yaitu:

  • Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA)
    Ada beberapa kebijakan yang terdapat dalam perjanjian perdagangan bebas yang menjadi pengawasan FTC, diantaranya dengan meniadakan pajak bea masuk beberapa jenis barang tertentu, membuka peluang investasi, persaingan ekonomi yang sehat, dan juga memberi jaminan perlindungan terhadapa hubungan ekonomi negara anggota NAFTA. Dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut, maka proses ekspor-impor akan lebih mudah dan aliran investasi asing akan semakin besar yang akan menyebabkan dampak baik dengan terbukanya lapangan perkerjaan baru dan menggerakkan roda ekonomi di negara-negara anggota NAFTA.
  • Perjanjian Kerjasama Lingkungan (NAAEC)
    NAAEC berfungsi untuk melindungi keaneka ragaman hayati, memperhatikan dan meningkatkan kualitas kesehatan dengan mengelola limbah, dan menyediakan informasi tentang isu-isu lingkungan yang ada di wilayah Amerika Utara.
  • Perjanjian Kerjasama Buruh (NAALC)
    NAALC ditandatangani oleh presiden Amerika Serikat, Meksiko dan Perdana Menteri Kanada pada tanggal 14 September 1993, dan berlaku mulai 1 Januari 1994.

Berikut beberapa tujuan NAALC:

  • Memperbaiki kondisi kerja dan standar hidup di wilayah NAFTA.
  • Meningkatkan semaksimal mungkin prinsip-prinsip kerja yang ditetapkan dalam perjanjian.
  • Menganjurkan kerjasama untuk meningkatkan inovasi, produktivitas dan kualitas.
  • Menganjurkan publikasi, pertukaran informasi, pengembangan data.
  • Meneruskan kegiatan yang berhubungan dengan kerjasama yang saling menguntungkan.

Terbaru, pada 30 September 2018, Amerika Serikat dan Kanada menyepakati untuk mengganti nama NAFTA, sekarang disebut dengan USMCA (Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada.

Kesimpulan Pembahasan

NAFTA merupakan organisasi di bidang ekonomi negara bagian Amerika Utara. NAFTA berdiri pada tanggal 1 Januari 1994 dengan tiga negara anggota yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Sebelumnya Amerika Serikat dan Kanada telah lebih dahulu bekerja sama dalam bidang ekonomi.

Tujuan utama didirikannya NAFTA adalah untuk meningkatkan perdagangan antara tiga negara anggota, menciptakan perdagangan bebas dengan menghilangkan hambatan perdagangan berupa hambatan tarif dan hambatan non tarif. North American Free Trade Agreement (NAFTA) memiliki tiga komisi, yaitu: The Free Trade Commission (FTC), Commission on Environmental Co-operation (CEC), dan Commission on Labor Co-opertaion (CLC).

NAFTA bertugas untuk mengkoordinasi berbagai kegiatan ekonomi, komunikasi, kebudayaan, niaga, paspor, kewarganegaraan, visa kegiatan sosial dan juga kesehatan. Ada tiga hal yang tercakup dalam kegiatan kerjasama NAFTA, yaitu: Perjanjian Perdagangan Bebas, Perjanjian Kerja Sama Lingkungan dan Perjanjian Kerja Sama Buruh.

Sponsors Link
,
Post Date: Thursday 19th, May 2022 / 02:52 Oleh :
Kategori : Ekonomi