Sponsors Link

5 Negara yang Dilalui Sungai Mekong

Sponsors Link

Sungai Mekong merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di dunia. Panjang dari sungai Mekong ini mencapai 4.350 kilometer atau kurang lebih 2.700 mil. Sungai Mekong berada di Asia Tenggara. Mnafaat dari sungai ini cukup besar bagi kehidupan orang-orang di di negara-negara yang dialiri.

ads

Sungai Mekong adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sumber sungai ini berada di Tibet, China, yang mengalir ke Provinsi Yunnan, China, dan kemudian melewati beberapa negara di Asia Tenggara.

Kondisi Geografis Sungai Mekong

Sungai Mekong memanjang dari Dataran Tinggi Tibet hingga Laut Cina Selatan. Di bagian atas (dataran tinggi), sungai mengalir melalui beberapa lembah yang panjang dan sempit, melalui pegunungan dan dataran tinggi Cina barat daya.

Sedangkan di bagian bawah (dataran rendah), sungai ini menjadi perbatasan antara Myanmar dan Laos. Sungai Mekong juga mengalir melalui Dataran Tinggi Khorat di timur laut Thailand, sebagian besar Laos, Vietnam, Kamboja, dan lereng barat Sungai Annam Cordillera di Vietnam selatan. Baca juga Jenis sungai berdasarkan sumber airnya

Kondisi geografis di sekitar Sungai Mekong sangat beragam. Beberapa di antaranya berupa lereng terjal, dataran tinggi (bukit dan lembah), perbukitan, dan ketinggian dari hutan hingga ladang dan dataran rendah. Secara keseluruhan, ada lima negara di Asia Tenggara tempat Sungai Mekong mengalir.

  • Kamboja

Kamboja adalah negara tempat Sungai Mekong, yang merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, mengalir. Banjir tahunan Sungai Mekong selama musim hujan menyebabkan pengendapan endapan aluvial.

Endapan ini juga berkontribusi pada kesuburan Dataran Tengah dan menyediakan irigasi alami untuk penanaman padi. Negara yang disebut Angkor Wat ini memiliki populasi besar yang tinggal di pedesaan.

Hanya sebagian kecil dari total penduduk yang tinggal di kota-kota yang berpenduduk lebih dari 10.000 jiwa. Sejak tahun 1920-an, sebagian besar penduduk kota telah terkonsentrasi di Phnom Penh, di pertemuan sungai Mekong, Pasak dan Sap.

Sebagian besar Kamboja ditutupi dengan hutan, tetapi Dataran Rendah Tengah ditutupi dengan sawah, ladang tanaman kering seperti jagung dan tembakau, rumput tinggi dan alang-alang, dan daerah berhutan tipis. Orang Kamboja mencari nafkah dari pertanian, perikanan, dan usaha kecil.

  • Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang mengalirkan Sungai Mekong. Nama Thailand berarti “tanah orang bebas” dan merupakan semangat monarki konstitusional yang tidak diduduki oleh siapa pun. Saat ini, Negeri Gajah Putih sedang jaya dan memiliki prioritas tinggi di bidang pertanian.

Kemajuan pertanian Thailand tidak terlepas dari praktik dan penerapan teknologi terkini dalam proses pengelolaannya. Thailand menjadikan pertanian sebagai produk unggulan yang potensial dengan memanfaatkan lahan secara efisien dan efektif. Baca juga tarian tradisional Thailand.

  • Myanmar

Ada dua danau besar di Myanmar, danau Indawgyi dan danau Inle. Danau Indawgyi berada di perbukitan sebelah utara yang membentang dari utara ke selatan sekitar 15 mil (24 km) dan dari timur ke barat sekitar 8 mil (13 km).

Danau Inle, di sisi lain, membentang sekitar 14 mil (22 km) selatan Perbukitan Shan dan 7 mil (11 km) timur ke barat. Lusinan sungai mengalir melalui Danau Inle.

Myanmar juga mendapat pasokan air dari Sungai Mekong Penduduk pegunungan umumnya mempraktikkan sistem pertanian variabel, tetapi sebagian besar menetap di desa-desa dataran tinggi yang tidak jauh dari ladang. Sekitar setengah dari Myanmar ditutupi dengan berbagai jenis hutan.

Selama berabad-abad, masyarakat Myanmar menanam padi dengan cara menebang. Bahkan sebagian besar dari penduduknya memilih bekerja mengembangkan sektor pertanian. Baca juga manfaat mempelajari ilmu geografi

  • Laos

Negara yang disebut Locked Land ini memiliki laut dan wilayah terbatas pada lima negara: Myanmar, Cina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Ibukota Laos berada di utara Sungai Mekong. Secara geologis, bentang alam Laos beragam, termasuk pegunungan berhutan, dataran tinggi, dan dataran rendah.

Penduduknya sangat beragam dan sebagian besar saling terkait melalui pertanian, khususnya budidaya padi. Di sebelah selatan Dataran Tinggi Bolaven, pada ketinggian sekitar 3.600 kaki (1.100 meter), ditutupi dengan hutan terbuka dan umumnya memiliki tanah yang subur. Satu-satunya dataran rendah besar di Laos terletak di sepanjang tepi timur Sungai Mekong.

Pertanian adalah pusat ekonomi Laos. Bahkan sektor ini memasok hampir setengah produk domestik. Negara ini mempekerjakan sekitar 3/4 dari populasi. Orang Laos tidak hanya bekerja di sektor pertanian, tetapi juga di industri kehutanan dan perikanan. Baca juga Budaya khas negara Laos

  • Vietnam

Dataran Tinggi di Vietnam Utara terbagi atas dua wilayah berbeda. Wilayah utara meluas hingga Laos, yang berbatasan dengan selatan Sungai Merah. Sungai Merah membentuk lembah yang relatif dalam dan lebar yang melintasi perbatasan Cina ke tepi delta. Tanah Delta Sungai Merah bervariasi.

Beberapa dari mereka cocok untuk budidaya yang subur dan intensif, yang lain tidak memiliki basa larut. Namun, tanah delta mudah tumbuh. Di Vietnam utara, hujan muson yang lebat menyapu humus dari dataran tinggi. Humus meninggalkan alumina dan oksida besi.

Mereka larut perlahan dan memberi tanah warna kemerahan yang khas. Mayoritas orang Vietnam bekerja di sektor pertanian. Tanaman yang menjadi komoditas nasional antara lain jagung, ubi jalar, teh dan tembakau. Di beberapa daerah, orang Vietnam bekerja di sektor industri dan pertambangan.

Pertanian mulai menurun sebagai sektor ekonomi terpenting Vietnam. Pertanian masih mempekerjakan lebih dari setengah populasi, dengan manufaktur hanya menyumbang 8% dari total lapangan kerja, tetapi produksi dari manufaktur dan jasa melebihi sektor pertanian pada awal 1990-an. Baca juga Budaya Negara Vietnam.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Saturday 18th, June 2022 / 04:17 Oleh :
Kategori : Geografi