Sponsors Link

9 Jenis Sungai Berdasarkan Pola Alirannya

Sponsors Link

Pola aliran  sungai merupakan suatu kumpulan dari sungai-sungai yang mempunyai bentuk yang sama dalam hal bentuk dan kondisi profil dan genetik dari sungai itu.

ads

Pola aliran sungai sendiri terbentuk karena adanya faktor-faktor alami seperti jenis tanah, topografi, batuan, kemiringan, morfologi, tingkat erosi, dan struktur geologi.

Tetapi seiring berjalannya waktu, sistem jaringan sungai akan membentuk suatu pola aliran yang bercabang pada sungai dan akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Jenis Pola Aliran Sungai

Pola aliran sungai bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh struktur, topografi, dan litologi batuan dasar. Sehingga pola aliran sungai, terbagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut:

Pola Dendritik

Pola aliran sungai pertama adalah dendritik. Dimana pola ini mempunyai cabang-cabang sungai yang menyerupai sebuah pertulangan daun. Pola aliran ini sangat dikontrol oleh homogen dan litologi.

jensi sungai berdasarkan pola alirannya

Selain itu sungai ini mempunyai struktur dengan kerapatan tinggi yang diatur oleh jenis batuan. Tekstur dari pola aliran ini didefinisikan sebagai panjang aliran sungai per satuan luas.

Pola ini, sungai akan mengalir di atas batuan yang kurang resistennya terhadap erosi sehingga membentuk tekstur sungai yang rapat. Akan tetapi jika aliran ada di atas batuan yang resisten, maka sungai akan membentuk tekstur yang renggang.

Resistensi batuan sendiri sangat berpengaruh terhadap erosi yang merupakan proses dari pembentukan alur sungai. Sebab, jika batuan yang tidak resisten, maka akan mudah mengalami erosi yang akan membuat jalur aliran yang baru. Contohnya Sungai Mahanadi di India.

Pola Aliran Sungai Rektangular

Pola aliran sungai kedua adalah rektangular. Di mana pola ini dikontrol oleh struktur geologi (struktur rekahan dan patahan). Pola aliran ini biasanya memiliki struktur batuan yang beku.

jenis sungai berdasarkan polal alirannya

Pola aliran ini mempunyai bentuk yang lurus mengikuti arah patahan. Selain itu bentuknya akan tegak lurus dan karena hasil dari saluran-saluran air yang mengikuti pola dari struktur geologinya.

 Pola aliran rektangular biasanya berkembang di batuan yang tahan erosi dan dikontrol oleh rekahan yang berasal dari dua arah, dengan sudut yang saling tegak lurus.

Cabang dari pola aliran ini akan membuat sudut yang tumpul dengan sungan utamanya. Baca juga penyebab eutrofikasi pada sungai. Contohnya sungai Colorado di Amerika Serikat.

Pola Aliran Trellis

Pola aliran sungai yang ketiga adalah trellis. Dengan pola yang seperti pagar dan dikontrol oleh struktur geologi (lipatan sinklin dan antiklin). Pola aliran sungai ini mempunyai ciri seperti kumpulan saluran air yang berbentuk sejajar, dengan air yang mengalir mengikuti kemiringan lereng dan tegak lurus terhadap aliran utamanya. Untuk aliran utama searah dengan sumbu lipatan.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola trellis sendiri adalah perpanduan dari jenis sungai konsekuen dengan subsekuen. Serta pola ini juga berbentuk di sepanjang lembah pararel pada sabuk lipatan pegunungan. Di mana aliran sungainya akan melintasi lembah dan bertemu di aliran utama.

Contohnya Sungai di bagian hulu Himalaya, Pegunungan Appalachia di Amerika Utara, Trinidad bagian utara, dan Sungai Seine di Prancis.

Pola Aliran Radial

pola aliran sungai yang keempat adalah radial. Di mana pola ini alirannya akan menyabar secara radial dari ketinggian tertentu menuju ke daerah bawahnya. Bentuknya sendiri seperti gunung berapi dan/atau puncuk intrusi magma.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola radial akan mengikuti kontur dari muka bumi yang cembung dan merupakan  asal mulai dari jenis sungai konsekuen. Pola ini bisa ditemui di pada bentukan bentangan alam laccolith dan kubak.

Pada jenis bentang alam seperti, pola ini akan membentuk kombinasi antara radial dengan annular. Contohnya Sungai Mahanadi di India.

Pola Aliran Radial Sentripetal

Pola alirang sungai yang kelima adalah radial sentripetal. Di mana pola ini membuat aliran sungai mengarah kepada tempat yang cekung.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola ini bisa berkembang menjadi pola annular dan memunculkan sungai seperti obsekuen, subsukuen sejajar, dan resekuen.

Pola Aliran Pararel

pola aliran sungai keenam adalah pararel. Di mana pola ini ada di daerah yang sangat luas dan memiliki kemiringan yang curam.

jenis sungai beradsarkan pola alirannya

Karena kemiringan inilah membuat aliran sungai ke tempat rendah dengan struktur jalur yang hampir lurus, karena gradien sungai yang besar.

Pola ini bisa ditemui di tempat yang daratan pantainya masih muda dan lereng asli yang kemiringannya mengarah ke laut. Contohnya Pantai daerah barat India.

Pola Aliran Annular

Pola aliran sungai yang ketujuh adalah annular. Dimana pola ini memiliki bentuk yang merupakan variasi dari pola aliran sungai radial.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola ini bisa anda temukan di daerah kaldera stadium dewasa yang juga terdapat sungai obsekuen, resekuen, subsekuen, dan konsekuen.

Contohnya Danau Manicouage Quebec di Kanada, Sungai di Colombia, dan Sungai Mahakali Uttarakhand India.

Pola Aliran Sungai Herringbone

Pola aliran sungai kedelapan adalah herringbone. Di mana sungai ini berbentuk seperti tulang rusuk.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola ini bisa Anda temui di daerah pegunungan. Pola ini dinamai herringbone, karena mirip dengan pola tulang ikan herring (tulang belakangnya). Contohnya Sungai Jhelum di Pakistan.

Pola Aliran Pinnate

Pola aliran sungai kesembilan dan terakhir adalah pinnate. Di mana pola ini ada di bagian muara anak sungai yang berbentuk seperti sudut lancip dengan induk sungai.

jenis sungai berdasarkan pola alirannya

Pola ini biasanya ditemui di bukit-bukit yang mempunyai lereng yang terjal. Contohnya Pegunungan Himalaya dan Sungai Moto Graso di Brasil.

Inilah tadi beberapa pembahasan tentang pola aliran sungai. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Baca juga kota wisata terbaik di Indonesia

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 17th, June 2022 / 03:20 Oleh :
Kategori : Geografi