Sponsors Link

Ketahui Jenis Lipatan Bumi

Sponsors Link

Lipatan dan sesar merupakan bentuk permukaan bumi yang terbentuk akibat aktivitas lempeng bumi. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda di setiap daerah.

ads

Di antaranya adalah gunung, gunung, lembah, bukit, bukit, lembah dan sebagainya. Hal ini justru menambah keindahan situasi lapangan. Lipatan dan patahan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan berbagai bentuk di permukaan bumi.

Adanya lipatan dan patahan ini merupakan hasil dari energi yang dihasilkan dari dalam bumi, atau yang kita sebut gaya dalam. Lipatan adalah gelombang lapisan tanah yang dihasilkan oleh proses diatropisme atau proses stratifikasi bumi, dimana aktivitas vulkanik tidak terganggu. Baca juga penyebab eutrofikasi pada sungai.

Apa itu Patahan dan Lipatan?

Lipatan merupakan struktur geologi yang umum pada batuan sedimen. Sedangkan patahan adalah bentuk pada permukaan bumi sebagai akibat terjadiya tekanan-tekanan dari tenaga endogen dengan cepat dan membuat permukaan bumi tidak dapat melipat, jadi timbulah patahan.

Sesar atau patahan adalah sesar sebagai zona rekahan dengan perpindahan yanga relatif dari satu batuan ke batuan dasar lainnya. Jarak perpindahan berkisar dari milimeter hingga puluhan kilometer, dan tingkat patahan berkisar dari sentimeter hingga puluhan kilometer.

Sesar berukuran besar disebabkan oleh gaya-gaya struktural yang terjadi pada saat terjadi pergerakan lempeng, seperti zona subduksi pada pertemuan dua lempeng struktur.

Secara umum, retakan atau patahan dapat terbentuk karena gaya yang diberikan pada batuan (yang dapat berupa gaya tekan, gravitasi, atau kombinasi keduanya). Daerah dengan sesar aktif merupakan daerah yang berpotensi terjadi gempa.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa lipatan dan patahan seringkali terjadi di sekitar kita. Hal ini dibuktikan dengan kondisi tanah dan permukaan bumi yang tidak merata. Oleh karena itu, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis lipatan dan patahan pada permukaan bumi.

Lipatan

Ada berbagai jenis lipatan dan patahan. Jenis lipatan dan patahan ini dikategorikan menurut kriteria tertentu. Berikut beberapa jenis lipatan dan patahan:

Jenis Lipatan Berbasis Sumbu

Lipatan dibedakan berdasarkan posisi bidang sumbu dan tingkat keparahan lipatan. Tergantung pada posisinya di bidang sumbu, lipatan dapat dibagi menjadi enam jenis.

  • Lipatan Tegak atau Lipatan Simetri

Lipatan lurus adalah lipatan yang bidang sumbu lipatannya tegak lurus terhadap bidang lipatan. Bidang sumbu ini juga membagi garis sinkron dan garis lawan dengan ukuran atau simetri yang sama. Baca juga manfaat mempelajari ilmu geografi.

  • Lipatan Diagonal atau Lipatan Ssimetri

Lipatan diagonal adalah lipatan vertikal yang bentuknya tidak lurus tetapi mengalami tekanan konstan seolah-olah dimiringkan ke satu sisi.

  • Lipatan Gantung

Lipatan gantung adalah lipatan dengan bagian atas yang menggantung. Terjadi karena lipatan yang memiliki sumbu sejajar satu sama lain sehingga terjadi proses dorong mendorong.

  • Lipatan Gantung

Lipatan gantung yaitu lipatan yang mempunyai puncak menggantung.

  • Lipatan isoklinal

Lipatan isoklinal yaitu lipatan yang memiliki sumbu sejajar satu dengan lainnya karena adanya proses dorongan secara berkelanjutan.

  • Lipatan Sesar

Lipatan sesar kontainmen merupakan kelanjutan dari lipatan runtuh yang terus menerus tertekan. Baca juga manfaat mempelajari ilmu geografi.

Lipatan Berbasis Kepadatan

Lipatan dibedakan berdasarkan tingkat keparahan lipatan dan dapat dibagi menjadi tujuh jenis berikut.

  • Lipatan Terbuka

Lipatan terbuka adalah lipatan yang terjadi akibat proses deformasi yang lemah dan tidak terpengaruh oleh penebalan dan penipisan yang terjadi pada lapisan tanah.

  • Lipatan Tertutup

Lipatan tertutup adalah lipatan yang disebabkan oleh proses deformasi yang kuat yang mengakibatkan penebalan atau penipisan lapisan tanah.

  • Drag Fold

Drag Fold adalah lipatan yang disebabkan oleh pergerakan antar lapisan tanah. Baca juga manfaat berorganisasi bagi mahasiswa.

  • En enchelon fold

Ini adalah salah satu lipatan yang saling menempel satu sama lain.

  • Culmination and Depression

Lipatan dengan sudut tajam ke arah yang berbeda.

  • Sinklinorium

Sinkronirium adalah lipatan yang garis sinkron utamanya terdiri dari beberapa lipatan lain yang berukuran lebih kecil.

  • Antiklinerium

Ini adalah lipatan di mana kurva utama terdiri dari beberapa lipatan lain yang ukurannya lebih kecil.

Selain lipatan, bentuk peristiwa lain di mana lapisan tanah tersingkap adalah sesar. Definisi pecahan telah disebutkan di atas. Patahan dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis:

  • Patahan vertikal

Salah satu jenis patahan pertama yaitu patahan vertikal. Patahan vertikal adalah patahan yang bergerak secara naik turun.

Proses inilah yang menyebabkan perbedaan ketinggian permukaan bumi. Beragam bentuk patahan vertikal ini antara lain yaitu rifts, holsts, faults, scraps, dan mountain faults.

  • Patahan Horisontal

Patahan horizontal merupakan salah satu patahan yang disebabkan oleh gaya internal yang bergerak secara horizontal. Patahan mendatar ini dapat dibagi menjadi:  dekstral, dan sinistral

  • Block Mountain

Block Mountain adalah sekumpulan patahan yang tidak beraturan. Baca juga jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya.

  • Oblique

Oblique merupakan salah satu sesar dengan kesalahan vertikal dan horizontal.

Oleh karena itu, inilah jenis atau bentuk patahan yang terjadi di permukaan bumi.

Contoh Patahan dan Lipatan

Berikut ini adalah contoh patahan dan lipatan yang ada di Indonesia yaitu bukit Barisan dan Pegunungan Ijen

Nah, itulah beberapa contoh lipatan di permukaan bumi. Melihat contoh di atas, contoh lipatan ini adalah tonjolan di permukaan bumi.

Berikut adalah beberapa contoh patahan di wilayah Indonesia yaitu patahan semangko, patahan Lembang, patahan Opak, dan patahan Flores

Berikut adalah contoh patahan dan lipatan yang terdapat di wilayah Indonesia serta sesar dan lipatan.

Patahan dan lipatan di wilayah Indonesia merupakan salah satu kenampakan alam yang terdapat di permukaan bumi.  juga Perbedaan gunung berapi dengan gunung biasa

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 21st, June 2022 / 06:20 Oleh :
Kategori : Geografi