Sponsors Link

9 Contoh Discovery dan Invention dalam Perubahan Sosial

Sponsors Link

Perubahaan sosial dan budaya pasti sudah tidak asing lagi, terutama dalam ilmu sosiologi. Banyak faktor –faktor perubahan sosial dan dampak positif dan negatif perubahan sosial dalam perkembangan masyarakat. Salah satu yang mempengaruhi adanya perubahan sosial budaya pada masyarakat adalah adanya faktor internal berupa suatu proses discovery dan invention. Adanya discovery dan invention berpengaruh pada perubahan unsur-unsur sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat.

ads

Banyak contoh dicovery dan invention yang dapat kita lihat dalam perkembangan kehidupan masyarakat, dimana kondisi tersebut juga berpengaruh pada perubahan sosial budaya. Namun sebelum kita bahas mengenai contoh discovery dan invention beserta pengaruhnya, perlu di pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan discovery dan invention itu sendiri. Beberapa ahli memberikan pengertiannya mengenai konsep discovery dan invention, diantaranya adalah:

  • Ralph Linton

Ralph Linton memberikan pengertian mengenai discovery sebagai suatu penemuan yang memiliki sifat sebagai suatu penambahan terhadap pengetahuan yang ada. Sedangkan invention sebagai suatu proses penerapan terhadap penambahan pengetahuan tersebut.

  • Hariso

Menunrut Harison, discovery merupakan suatu penemuan terhadap suatu benda atau materiil baru yang masih bersifat dasar atau belum memiliki suatu bentuk tertentu. Sedangkan invention merupakan suatu penemuan terhadap benda atau materiil yang masih sederhana tetapi sudah memiliki bentuk tertentu.

  • Parsudi Suparlan

Pengertian terakhir diberikan oleh Parsudi Suparlan yang menyebutkan bahwa discovery merupakan suatu penemuan persepsi baru menyangkut hakikat suatu gejala atau pun hubungan beberapa gejala. Sedangkan invention diartikan sebagai suatu ciptaan baru yang berupa suatu benda atau pengetahuan melalui proses penggabungan pengetahuan-pengetahuan yang bersangkutan yang telah ada sebelumnya.

Dari beberapa pengertian discovery dan invention menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa discovery merupakan suatu penemuan terhadap unsur-unsur baru berupa benda atau materiil yang ditemukan baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Unsur baru tersebut juga dapat berupa sesuatu yang sudah ada tetapi belum diketahui banyak orang atau sesuatu yang diciptakan alami dari alam untuk kepentingan umat manusia.

Sedangkan invention dapat disimpulkan sebagai suatu proses tindak lanjut dari adanya discovery, dimana terjadi suatu proses pengembangan terhadap ide-ide atau unsur-unsur baru dari discovery yang ditemukan sebelumnya. Proses invention juga menyangkut usaha-usaha yang biasanya disengaja atau dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan suatu hal baru. Dimana biasanya di lakukan suatu uji coba secara berulang kali hingga benar-benar menciptakan suatu unsur yang baru dan bagus atau berbeda dari sebelumnya.

Selain pengertian diatas, dalam ilmu sosiologi discovery juga dipahami sebagai suatu penemuan terhadap unsur-unsur sosial dan kebudayaan yang baru, dapat berupa suatu alat maupun suatu ide atau gagasan baru. Suatu discovery akan berubah menjadi suatu invention apabila sebagian besar masyarakat mengakui, menerima, hingga menerapkan penemuan baru tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak jarang proses discovery untuk menjadi invention menyangkut beberapa rangkaian ciptaan atau penemuan baru.

Suatu penemuan baru atau adanya invention biasanya menimbulkan berbagai macam pengaruh terhadap kehidupan masyarakat, seperti adanya perubahan-perubahan dalam berbagai bidang kehidupan. Sebagai suatu tindak lanjut dari discovery, invention menyangkut suatu proses hasil produksi, penyempurnaan, hingga pengembangan terhadap penemuan awal atau sebelumnya. Selain itu, proses invention juga bersifat continuous atau berjalan secara terus menerus dengan tujuan menciptakan perkembangan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Adapun beberapa faktor yang mendorong terjadinya penemuan-penemuan baru di dalam kehidupan masyarakat, beberapa diantaranya adalah:

  • Adanya kesadaran individu maupun kelompok terhadap kekurangan di dalam suatu lingkungan sosial dan kebudayaan.
  • Perbedaan kualitas ahli-ahli di dalam suatu kebudayaan.
    Sponsors Link

  • Adanya perangsang terhadap timbulnya aktivitas-aktivitas penciptaan baru di dalam kehidupan masyarakat.

Itulah beberapa pengertian dan penjelasan mengenai discovery dan invention sebagai salah satu unsur-unsur perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Lalu apa saja contoh discovery dan invention yang bisa kita lihat dalam perkembangan masyarakat? Berikut ini beberapa contoh discovery dan invention di dalam perkembangan masyarakat:

Contoh Discovery

  1. Penemuan Benua

Contoh discovery yang paling mudah adalah adanya penemuan benua. Walaupun sebenarnya suatu benua memang sudah ada dalam waktu yang lama tapi belum banyak diketahui oleh banyak orang dan dimanfaatkan oleh umat manusia, sehingga ketika seseorang dengan kemampuannya dapat menemukan benua tersebut maka terjadilah suatu discovery atau penemuan baru.

Sebagai contoh seperti penemuan benua Amerika, dimana benua Amerika memang sudah ada sejak awal dan sejak lama namun baru ditemukan pada tahun 1492 oleh Columbus. Kondisi tersebut dinyatakan bahwa Columbus menemukan benua Amerika, walaupun kondisi sebenarnya adalah orang Eropa pertama yang menjumpai benua Amerika karena benua itu memang sudah ada sebelumnya.

  1. Penemuan Batik

Menurut beberapa sumber, batik pertama ditemukan oleh kalangan petani pada zaman kerajaan Mataram. Sehingga batik dikenal sebagai warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu, khususnya di daerah jawa. Sekarang batik merupakan suatu perpaduan antara seni dengan teknologi dari para leluhur yang memiliki nilai yang tinggi.

ads

Batik juga dikenal sebagai suatu karya seni yang aplikatif, dimana berarti bahwa batik dapat dilekatkan bukan hanya di kain tetapi di berbagai macam barang atau alat seperti handphone, dinding, hingga mobil. Sehingga penemuan batik juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan, seperti bidang teknologi, bidang transportasi, dan lain sebagainya.

  1. Penemuan Obat Alami

Banyak penemuan-penemuan baru menyangkut pengobatan alami yang menggunakan bahan-bahan alam yang sudah ada tetapi belum diketahui manfaatnya bagi umat manusia. Sehingga beberapa ahli kesehatan berupaya dengan sengaja untuk menciptakan berbagai macam obat alami untuk berbagai macam penyakit. Sebagai contoh seperti khasiat buah kina yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Penemuan obat alami tersebut merupakan bagian dari discovery terhadap manfaat alam bagi umat manusia yang sudah ada sebelumnya tetapi baru ditemukan.

  1. Penemuan Robot

Semakin berkembangnya zaman juga berpengaruh terhadap banyaknya penemuan-penemuan baru, termasuk dalam dunia teknologi seperti banyak ditemukannya robot-robot canggih untuk membantu mempermudah manusia dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang kesehatan dengan penemuan robot “Da Vinci” yang berfungsi sebagai alat pengangkat fibroid atau tumor yang ada di dalam rahim perempuan. Masih banyak lagi contoh-contoh penemuan robot sebagai suatu discovery di dalam perkembangan masyarakat.

  1. Penemuan Kertas Penghisap Tinta

Penemuan kertas penghisap tinta juga merupakan salah satu contoh dari discovery, dimana kertas penghisap tinta ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang karyawan pabrik kertas. Karyawan tersebut lupa untuk memasukkan bahan tertentu kedalam suatu campuran bahan pembuat kertas.

Tetapi justru kesalahannya menciptakan hal baru ketika kertas yang sudah jadi tanpa campuran bahan yang benar mampu menghisap tinta yang ditulis diatasnya. Sejak saat itu lah ketidak sengajaan di rubah menjadi sesuatu yang sengaja untuk membuat kertas penghisap tinta yang baru yang dipakai oleh masyarakat sekarang.

Contoh Invention

  1. Penemuan Alat Komunikasi

Contoh invention yang pertama adalah adanya penemuan berbagai macam alat komunikasi baru, salah satu contohnya adalah pesawat radio. Mengapa penemuan alat komunikasi merupakan sebuah invention, karena penemuan alat komunikasi memerlukan suatu usaha atau upaya yang disengaja dan diperlukan beberapa kali percobaan.

Dalam penemuannya juga terdapat suatu proses pengembangan secara terus menerus sehingga bertemu hasil yang sempurna. Sebagai contoh adalah penemuan pesawat radio dimana juga berpengaruh terhadap bidan-bidang kehidupan lainnya, seperti membantu proses interaksi sosial, bidang pendidikan, pemerintahan, perekonomian yang lebih memudahkan adanya komunikasi dan hubungan berlangsung didalamnya.

  1. Penemuan Alat Transportasi

Selain alat komunikasi, ada pula penemuan alat transportasi sebagai suatu invention karena menyangkut suatu proses perkembangan yang bersifat terus menerus. Alat transportasi juga dapat berpengaruh terhadap bidang kehidupan lainnya, sebagai contoh adalah penemuan pesawat.

Dimana penemuan pesawat berpengaruh terhadap sistem transportasi udara yang kemudian berpengaruh juga terhadap bidang militer seperti alat tempur dan lain sebagainya. Perkembangan alat transportasi baru juga merupakan salah satu contoh modernisasi dan globalisasi yang akan terus berlangsung menyesuaikan perubahan-perubahan serta perkembangan zaman yang semakin maju.

Sponsors Link

  1. Pembuatan Mobil Bercorak Mobil

Contoh invention kali ini menyangkut dengan adanya discovery terhadap batik yang telah dijelaskan diatas. Penemuan batik bagi kehidupan masyarakat juga berpengaruh terhadap adanya upaya atau usaha untuk menciptakan dan mengembangkan konsep batik di berbagai bidang kehidupan masyarakat, salah satunya dalam bidang industri otomotif.

Dimana batik dikembangkan sebagai suatu motif atau corak luar suatu mobil, seperti pada pembuatan mobil Mercedes Benz C250 CGI Avantgarde yang secara khusus diberi hiasan atau motif batik untuk desain luar. Kondisi tersebut sebagai contoh nyata invention sebagai suatu tindak lanjut dari adanya discovery.

  1. Penemuan Berbagai Macam Teori

Penemuan berbagai macam teori baru juga dapat berupa suatu contoh invention, karena biasanya penciptaan terhadap teori baru tetap didasarkan bada teori atau hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Sebagai contoh seperti penemuan teori pendidikan, teori belajar, teori ilmu pengetahuan yang lainnya. Dimana tentu saja, ide atau gagasan dan kreativitas yang baru muncul disebabkan karena adanya hasil pengamatan, pengalaman, dan pengembangan terhadap hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Namun tetap, hasil yang ditemukan berwujud sesuatu yang benar-benar baru.

Itu beberapa contoh discovery dan invention dalam perkembangan kehidupan masyarakat yang dapat disimpulkan bahwa setiap penciptaan baru pasti didasarkan pada suatu hal yang sudah ada sebelumnya. Seperti kemajuan alat komunikasi dan teknologi yang disebabkan karena adanya perkembangan atas teknologi sebelumnya. Pengetahuan yang ada sekarang juga merupakan suatu perkembangan dari berbagai pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai contoh discovery dan invention, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 06:42 Oleh :
Kategori : Sosiologi