Sponsors Link

5 Perbedaan Antara Interaksi Sosial Dan Mobilitas Sosial yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Banyak hal yang bisa dipelajari dari hidup bermasyarakat. Selain bisa mengenal lebih jauh setiap anggotanya, dengan hidup bermasyarakat kita juga akan dapat mewujudkan kehidupan yang aman dan bersih bersama-sama. Tidak hanya itu, dengan hidup bermasyarakat, kita pun akan mengenal banyak hal. Seperti contoh dalam hal mengenal perbedaan antara interaksi sosial dan mobilitas sosial.

ads

Interaksi sosial dan juga mobilitas sosial merupakan dua hal yang berbeda. Namun, walaupun seperti itu, keduanya merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan bermasyarakat. Tidak heran jika terkadang bentuk-bentuk konflik sosial bermula dari interaksi sosial yang tidak berjalan dengan semestinya.

Interaksi sosial ataupun mobilitas sosial merupakan hal yang dapat dirasakan atau dipelajari dari lapisan masyarakat apapun atau pada contoh struktur sosial manapun. Ini terjadi, seperti sudah dijelaskan diawal, merupakan hal yang dekat dengan kehidupan sosial setiap orang. Hanya saja, tidak sedikit orang yang tidak tahu apa saja perbedaan antara interaksi sosial dan mobilitas sosial tersebut. Dan berikut adalah beberapa contoh perbedaan antara interaksi sosial dan mobilitas sosial tersebut:

  1. Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan bagian dari bentuk hubungan sosial yang ada di masyarakat. Interaksi sosial berbeda dengan mobilitas sosial. Dan perbedaan tersebut adalah:

  • Hubungan Antar Andividu

Pada dasarnya, interaksi adalah sejenis hubungan antara satu pihak dengan pihak lainnya melalui sebuah proses interaksi sosial itu sendiri. Interaksi bisa berlangsung antara satu individu dengan individu lain, satu kelompok dengan satu individu, ataupun antara kelompok yang berbeda.

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat sebuah pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial karena biasanya interaksi sosial berawal dari keakraban satu sama lain.

  • Memiliki Tujuan

Perbedaan antara interaksi sosia dengan mobilitas sosial selanjutnya adalah tujuan yang hendak dicapai. Tujuan dapat dikatakan sebagai syarat terjadinya interaksi sosial karena dari hubungan yang tercipta, biasanya akan muncul sebuah kesepakatan untuk mencapai sebuah tujuan. Baik tujuan dalam skala pribadi masing-masing ataupun tujuan untuk kepentingan banyak orang.

  • Berjalan Atas Dasar Norma

Perbedaan lain antara interaksi sosial dengan mobilitas sosial adalah norma atau nilai-nilai yang menjadi dasar segala aktifitasnya. Norma-norma ini penting karena hubungan yang terjalin didalam masyarakat harus memiliki aturan tersendiri yang harus ditaati setiap anggota masyarakat yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Tidak berjalannya norma merupakan salah satu faktor pembentuk ketidaksamaan sosial yang biasa terjadi dibeberapa daerah di Indonesia.

  1. Mobilitas Sosial

Berbeda dengan interaksi sosial, mobilitas sosial adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dalam hal pembangunan diri sendiri. Mobilitas sosial memiliki banyak faktor pendorong mobilitas sosial dimana salah satunya adalah faktor pekerjaan. Dan beberapa perbedaannya dengan interaksi sosial adalah:

Sponsors Link

  • Sistem Yang Mengakomodir Perubahan Sosial

Mobilitas sosial dapat dikatakan sebuah sistem dimana masing-masing orang adalah penggerak sistem tersebut. Masing-masing orang inilah yang kemudian akan membuat perubahan sosial dilingkungan mereka masing-masing ataupun perubahan sosial dalam skala yang lebih besar lagi.

  • Perubahan Strata Sosial

Mobilitas sosial adalah tentang perubahan strata seseorang dalam hal mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu contoh dari perubahan ini adalah seperti saat seorang karyawan yang merasa jenuh dengan pekerjaan yang monoton kemudian beralih kedalam dunia bisnis dan meraih sukses disana. Namun mobilitas sosial tidak hanya tentang keberhasilan, karena sesorang yang mengalami kegagalan setelah melakukan suatu aktifitas dan kembali jatuh miskin juga termasuk mobilitas sosial.

Itulah gambaran singkat serta perbedaan antara interaksi sosial dan mobilitas sosial yang bisa membuat kita semakin memahami apa itu sebenarnya interaksi sosial dan mobilitas sosial. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 06:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi