Sponsors Link

8 Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Simak Berikut ini!

Sponsors Link

Modern ini banyak kita temukan makanan yang didapat dari hasil olahan coklat. Mulai dari permen, roti dan lain sebagainya.

ads

Coklat yang notabenenya berasal dari olahan biji kakao yang sebelumnya mengalami berbagai macam proses

Kakao yang merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya ini merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di beberapa bagian belahan dunia. Khususnya dapat ditemukan di benua Asia, Afrika dan Amerika.

Tumbuhan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini sangat terkenal karena bijinya bisa diolah dan disulap menjadi makanan favorit oleh semua kalangan, yaitu coklat. Beberapa negara di Eropa yang terkenal dengan panganan coklatnya yang enak seperti Prancis, Swiss, dan Belgia justru mengekspor biji kakao dari ketiga benua penghasil kakao tersebut.

Dan berikut ini adalah negara-negara yang terkenal dengan perkebunan kakao terbesar di dunia.

1. Pantai Gading

Adalah pantai gading, yang menduduki urutan pertama sebagai penghasil kakao terbesar di dunia. Negara yang berada di benua Afrika ini bukan tanpa alasan menjadi nomor satu penghasil kakao terbesar, karena berhasil mendominasi sekitar 40% dari jumlah kakao dunia.

Jika dilihat dari posisi geopolitiknya, Pantai Gading merupakan posisi yang strategis dalam perdagangan, karena pelabuhannya merupakan transit utama dari banyak negara di berbagai belahan dunia.

Pantai gading yang berpopulasi 27 juta jiwa per 2021, dan sekitar 6 juta orang diantaranya bekerja di bidang kakao. Berdasarkan laporan dari ICCO ( International Cocoa Organization ) menyebutkan pada tahun 2021 lalu, Pantai Gading memuncaki daftar penghasil kakao terbesar dengan menghasilkan sekitar 2 juta ton kakao.

Selain itu Pantai Gading juga berhasil mengolah limbah kakao dengan membangun pabrik Biomassa yang mengelola limbah kakao untuk memutar turbin dan kemudian dimanfaatkan sebagai penghasil listrik. Dengan biomassa yang dinamakan biomassa Divo ini dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 4,5 juta ton dibanding dengan sumber listrik saat ini.

Jumlah ini melejit pesat sekitar 6,3% dari produksi tahun lalu. Walau keluar sebagai pemenang sebagai negara penghasil kakao terbesar di dunia, namun keuntungan yang didapatkan hanya sekitar 7% dari penghasilan kakao secara global.

2. Ghana

Masih di sekitaran pulau Afrika, negara yang bertetangga dengan Pantai gading ini juga dikenal sebagai negara penghasil kakao terbesar kedua di dunia. Bekerja sama dengan Pantai Gading, kedua negara ini dapat menembus sekitar 60% kakao dunia.

Berdasarkan hasil data pada tahun 2020, Ghana memproduksi 883.000 ton kakao per tahun. Hal tersebut membuatnya dapat menyumbang sekitar 30% total ekspor.

Namun itu semua juga diiringi dengan berbagai masalah di dalamnya. Sama seperti negara tetangganya yakni Pantai Gading yang memanfaatkan buruh anak, masalah lain yang kini dihadapi oleh negara tersebut saat ini adalah kurangnya hutan. Karena mayoritas hutan yang ada di Ghana sudah dijadikan lahan perkebunan kakao.

3. Ekuador

Sebagai pengahasil kakao terbesar ketiga di dunia, Ekuador menghasilkan kakao sebanyak 300.000 ton per tahun. Laporan ini dikutip dari Statista pada Maret tahun 2021 kemarin.

Kakao yang berasal dari Ekuador memiliki rasa yang khas, yakni rasa lembut dan ada aroma bunga yang menguar dari kakao tersebut.

4. Kamerun

Negara ini menghasilkan sekitar 280.000 ton kakao per tahun, dan sekitar 37 persen tanah di sana dibudidayakan sebagai lahan perkebunan kakao. Budidaya kakao juga menjadi sumber utama mata pencaharian warga Kamerun.

Namun sayang, hal ini tidak dibarengi dengan langkah pemerintah setempat dalam merawat perkebunan kakao yang kebanyakan sudah berumur dan tidak terawat di sana.

5. Nigeria

Karena musim kemarau berkepanjangan dan pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini, kemampuan Nigeria dalam memproduksi kakao mengalami penurunan. Biasanya negara ini mampu menghasilkan sebanyak 270.000 ton kakao yang berhasil diekspor ke luar negeri.

Walau begitu Nigeria tetap berada di posisi ke 5 di dunia dalam negara penghasil terbesar kakao.

6. Indonesia

Sebagai salah satu warga negara Indonesia, kita patut bangga karena Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia.

Namun, beberapa tahun belakangan Indonesia mengalami penurunan hasil kakao dikarenakan pandemi Covid-19, sama dengan yang dialami oleh Nigeria.

Berdasarkan data ICCO, Indonesia mengalami penurunan setidaknya 20.000 ton pada periode 2019/2020.

Walau relatif baru di bidang ekspor kakao, Indonesia mampu menghasilkan kakao terbanyak dan puncaknya berada di tahun 2009 lalu yaitu 800.000ton lebih.

7. Brazil

Negeri Samba ini mampu menghasilkan sekitar lebih dari 180.000 ton kakao per tahun. Tidak hanya berhasil menghasilkan produksi biji kakao mentahnya saja, namun Brazil juga mampu mengembangkn dan mengolah biji kakao tersebut menjadi permen dan sejenisnya.

Untuk kemudian hasil olahan tersebut dijual dan berhasil menghasilkan pendapatan tertinggi yaitu sekitar 17 miliar real Brazil pada tahun 2019 silam.

8. Papua Nugini

Posisi ke-8 jatuh kepada negara tetangga Indonesia, yaitu Papua Nugini. Karena berhasil menghasilkan kakao dengan jumlah lebih dari 35.000 ton pada periode 2020/2021.

Kakao yang berasl dari negara ini mempunyai kualitas terbaik menurut ICCO. Dikutip dari laman Agriculture, Pemerintah Papua Nugini mempunyai sejumlah strategi dalam budidaya kakao. Mulai dari pembibitan, program subsidi pengangkutan, peningkatan kualitas kakao dan program promosi pasarnya.

Dan sebagai salah satu negara terbesar penyumbang kakao, kita patut mencontoh Pantai Gading dalam mengolah limbah. Selain mengurangi efek rumah kaca, kita dapat membuat lingkungan semakin bersih.

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 28th, March 2022 / 06:18 Oleh :
Kategori : Ekonomi