Sponsors Link

9 Penyebab Eutrofikasi pada Sungai

Sponsors Link

Keseimbangan pada ekosistem pada air penting untuk dijaga, demi keberlangsungan mahluk hidup. Agar kehidupan mahluk hidup bisa tetap terjamin. Kegiatan penjagaan lingkungan inilah yang dapat menghindarkan sungai dari berbagai dampak gangguan, seperti eutrofikasi.

ads

Eutrofikasi merupakan gangguan yang memberikan dampak yang besar di sungai beserta mahluk hidup di dalamnya. Seperti bisa menyebabkan kematian ribuan bahkan jutaan pada ikan secara mendadak.

Oleh karena itulah, marilah membahas lebih lanjut tentang pengertian dan penyebab eutrofikasi di sungai.

Pengertian Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah masalah yang sering menimpa lingkungan hidup terutama sungai, hal ini disebabkan oleh limbah fosfat (PO43-). Penjelasan mendasarnya adalah pencemaran pada sungai yang disebabkan oleh munculnya nutrisi yang berlebihan pada ekosistem sungai.

Sungai terkena eutrofikasi, jika mempunyai konsentrasi dengan total phosporus di dalamnya mencapai rentang 35 – 100 ug/L. Baca juga interaksi antar ruang

Penyebab Sungai Mengalami Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah sebuah masalah yang biasanya terjadi pada lingkungan hidup yang terjadi karena pencemaran limbah fosfat, terutama terjadi pada sungai. Hal ini pasti tidak ingin anda mengalaminya, sehingga perlu dijelaskan penyebab eutrofikasi pada sungai:

  • Hadirnya Komponen Anorganik Terlarut

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang pertama adalah dengan munculnya komponen anorganik terlarut. Beberapa komponen yang muncul adalah nitrat, silikat, fosfat, dan karbon. Komponen-komponen tersebut bisa terjadi karena adanya pengaruh antropogenetik dan upwelling.

Antropogenetik adalah sebuah faktor yang muncul diakibatkan oleh ulah manusia. Kegiatan manusia yang mengangkibatkan hal ini seperti pembuangan limbah dan irigasi. Selain itu, masih ada hal penting yakni dengan masuknya zona intertidal.

Zona intertidal adalah daerah yang mengalami air yang pasang surut dan juga berperan penting dalam memberi nutrisi dalam jumlah yang banyak.

  • Limbah Organik

Limbah organik merupakan penyebab eutrofikasi pada sungai yang kedua. Karena berbagai macam limbah organik yang masuk dalam air dalam berbagai bentuk kepadatan bisa mengakibatkan pengendapan, tersuspensi, koloid, dan terlarut. Kondisi inilah yang bisa membuat kadar oksigen yang ada dalam air semakin lama semakin menipis.

Hal ini menyebabkan ikan di sungai mati secara mendadak. Selain itu, juga membuat munculnya blooming yang terkadang sulit untuk dikendalikan. Sebernarnya permasalahan ini bisa dicegah, karena hal ini terjadi karena aktifitas dari manusia.

Anda bisa mencegahnya dengan cara tidak membuang limbah ke sungai, maka masalah eutrofikasi tidak bisa terjadi. Baca juga manfaat mempelajari ilmu geografi.

  • Suhu yang Naik

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang ketiga adalah suhu yang naik. Ketika kadar oksigen pada air sudah mengalami kekurangan, maka akan terjadi fluktuasi yang berlangsung cepat di dalam perubahan pH.

Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya konsumen pada tingkatan yang lebih tinggi dari zooplankton hingga ikan. Hal inilah yang membuat terjadinya blooming fitoplankton yang tidak dapat dikendalikan.

  • Tempat Berkembanganya Organisme

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang keempat adalah kondisi yang baik untuk semua organisme. Hal ini terjadi karena ketika kondisi air sudah sangat baik, sehingga menyebabkannya menjadi tempat bertumbuhnya berbagai macam organisme.

Akan tetapi hal inilah yang membuat sungai mengalami eutrofikasi. Biasanya, kondisi air yang baik bagi organisme terjadi pada musim semi di mana  waktu air sungai sedang dalam kondis yang baik.

Tetapi, kondisi inilah yang membuat mikroalga bisa tumbuh dengan sangat cepat setelah mikroalga melewati proses yang begitu sulit. Maka itulah, yang membuat sungai mengalami eutrofikasi.

  • Tidak Adanya Kompetitor

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang kelima adalah tidak ada kompetitor. Tidak adanya kompetitor untuk tumbuhan makro dalam air juga bisa menyebabkan sungai mengalami eutrofikasi.

Hal ini terjadi karena akan muncul sebuah monopoli sumber daya yang akan dilakukan oleh fitoplankton. Sehingga membuat fitoplankton dapat tumbuh dengan sangat cepat.

  • Kalah Bersaing dalam Dominasi

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang keenam adalah kalah bersaing dalam dominasi. Jika ada beberapa spesies dalam sungai yang mempunyai kemampuan beradaptasi dan bertahan hidup dengan baik.

Maka dia bisa bertahan hidup dalam kondisi air yang sangat buruk sekalipun. Tetapi, jika dia kalah dalam dominasi, maka sungai pun bisa mengalami eutrofikasi.

  • Bencana Alam

Penyebab eutrofikasi pada sungai yang ketujuh adalah bencana alam. Karena banyak bencana alam yang bisa menjadikan sungai mengalami eutrofikasi, seperti banjir, hutan lebat, dan masih banyak lagi.

Misalnya bencana alam banjir bisa membuat pencucian lahan ataupun sisa-sisa dari sedimen bisa dihanyutkan sampai ke sungai. Sedimen inilah yang sangat berguna bagi para mikroalga. Baca juga organisasi dunia yang diikuti Indonesia

  • Kemunculan Mikroba Tertentu

Penyebab sungai mengalami eutrofikasi yang kedelapan adalah dengan adanya kehadiran mikroba tertentu. Kehadiran dari mikrobra tertentu ini bisa membuat sungai mengalami eutrofikasi.

Mikroba ini bisa membuat terjadinya pengayaan tertentu. Seperti bakteri pelarut fosfat yang memiliki kegunaan dalam melepaskan fosfat yang berasal dari mineral.

Proses terjadi pelarutan ini terjadi melalui sintesis asam organik yang mempunyai berat molekul yang rendah. Hal inilah yang membuat timbulnya eutrofikasi dan eksploitasi yang dilakukan oleh alga tertentu yang bisa membuat terjadinya blooming. Baca juga awal mula globalisasi di Indonesia

  • Penyerapan Air Laut

Penyebab sungai mengalami eutrofikasi yang terakhir dan kesembilan adalah penyerapan air laut. Penyerapan air laut bisa membuat pencampuran pada perairan yang bisa menghasilkan beban nutrisi yang tinggi.

Inilah nanti yang membuat terjadinya pengayaan air yang ada di sekitarnya. Serta, batuan sedimen yang memiliki kadar nutrisi yang tinggi bisa membuat terjadinya pelepasan beberapa komponen anorganik ke dalam air sungai.

Demikian, inilah tadi beberapa pembahasan tentang pengertian dan penyebab dari eutrofikasi pada sungai. Semoga artikel bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 14th, June 2022 / 03:11 Oleh :
Kategori : Geografi