Sponsors Link

Kenali 4 Jenis Hutan dan Contohnya

Sponsors Link

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak budaya dan keindahan alam yang luar biasa. Itulah mengapa Indonesia memiliki kota wisata terbaik yang wajib kalian kunjungi.

ads

Salah satu hal luar biasa yang memiliki keindahan alam yang dimiliki Indonesia adalah hutan. Siapa yang pernah menyusuri hutan demi mendapatkan keindahan alam yang sangat indah?

Dengan letak geografis Indonesia yang dapat mempengaruhi iklim. letaknya yang berada di antara dua benua dan dua samudera. Indonesia memiliki jenis hutan yang beragam. Hutan bisa digambarkan dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh dan menjadi tempat tinggal para satwa-satwa liar.

Wilayah hutan merupakan salah satu ekosistem  biosfer yang terbentuk dari berbagai vegetasi dan komposisi tumbuhan, sehingga tidak heran jika hutan disebut sebagai tempat komunitas tumbuhan hidup terbesar di dunia. Berbagai jenis hutan dapat ditemukan di berbagai bagian negara.

Hutan juga memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya proses fotosintesis yang terjadi pada tiap tumbuhan yang ada di hutan.

Dengan fotosintesis tersebutlah maka dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang kemudian dihirup oleh kita sebagai manusia. Itulah mengapa hutan menjadi sesuatu yang memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusiadi di dunia.

Selain itu, hutan juga memiliki peran dalam mencegah kerusakan alam yang dapat terjadi diakibatkan dengan efek rumah kaca dan perubahan iklim. Perubahan iklim dapat memberikan dampak terhadap lingkungan salah satunya adalah pada hutan.

Setiap hutan di wilayahnya masing-masing pasti memiliki karakteristik atau ciri yang berbeda dengan hutan lainnya. Perbedaan itu dikarenakan klasifikasi hutan yang didasarkan pada parameter yang berbeda.

Sistem klasifikasi hutan dibedakan dengan berdasarkan letak geografis hutan tersebut dan jga biogeografinya, kemudian sifat-sifat musim (iklimnya) yang terdapat di lingkungan hutan itu juga mempengaruhinya, lalu ketinggian tempat atau wilayah hutan tersebut, jenis-jenis pohon yang banyak terdapat di hutan tersebut serta kondisi tanah.

Karakteristik itulah yang dapat menjadikan perbedaan antara hutan yang satu dengan yang lainnya. Dengan berdasarkan dari klasifikasi hutan yang telah dipaparkan diatas, maka kita memiliki kesempatan untuk mengetahui berbagai macam atau jenis-jenis hutan yang ada dengan berbagai cirinya masing-masing yang dapat kita ketahui.

Berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis hutan yang harus kalian ketahui. Disimak yaa guys, supaya kalian bisa membedakan hutan-hutan yang ada di dunia ini termasuk di negara kita.

Jenis Hutan Berdasarkan Proses Terjadinya

  • Hutan Asli

Hutan asli adalah hutan yang ada secara alami, artinya hutan ini terjadi tanpa campur tangan dari manusia.

  • Hutan Buatan

Hutan yang terjadi akibat bantuan dari perbuatan manusia. Hutan ini biasanya terdiri dari pohon yang sama dan dibuat untuk tujuan tertentu. Hutan mangrove khususnya sebagian besar merupakan hutan alam, namun ada juga hutan mangrove yang sengaja ditanam manusia untuk melindungi pantai dari bahaya ombak dan arus laut.

Jenis Hutan Berdasarkan Fungsinya

  • Hutan Konservasi

Hutan lindung adalah kawasan hutan dengan ciri khas  yang  fungsi utamanya melindungi keanekaragaman flora dan fauna serta ekosistemnya.

Kerangka hukum hutan lindung adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Hutan ini memiliki fungsi utama sebagai tempat perlindungan dan penguatan keanekaragaman flora dan fauna dalam ekosistem alam.

  • Hutan Lindung

Hutan lindung adalah jenis hutan yang difungsikan sebagai pelindung kelestarian tanah dan tata air di wilayah tersebut.

  • Hutan Wisata

Hutan wisata adalah hutan yang dipelihara dan dirawat untuk kepentingan pariwisata dan pariwisata baru. Hutan Wisata terdiri dari Taman Wisata, Taman Baru dan Taman Laut.

Taman Wisata adalah hutan wisata yang memiliki keindahan tumbuhan, keindahan satwa, dan keindahan alam  yang khas dengan corak yang khas yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan rekreasi dan budaya.

Taman Baru adalah hutan wisata dengan hewan baru yang dapat diburu secara teratur untuk tujuan rekreasi.

Taman Laut adalah samudra atau laut  di dalam batas-batas perairan Indonesia, dengan bebatuan dan biota yang kosong.

Kawasan ini memiliki ekosistem dan keindahan khusus yang keadaan alamnya belum berubah secara fisik oleh campur tangan manusia. Contoh taman laut adalah Taman Laut Bunaken (Sumatera Utara).

  • Hutan Produksi

Hutan produksi adalah hutan yang memiliki fungsi sebagai penghasil kayu dan dan non kayu,sepertiindustrikayu dan obat-obatan.

Jenis Hutan berdasarkan Iklimnya

  • Hutan Hujan

Hutan hujan ditemukan di hutan hujan lembab dengan curah hujan tertinggi dan tertinggi sepanjang tahun. Hutan hujan ditemukan terutama di Amerika Latin, Australia timur laut, Afrika dan Asia Tenggara.

Ciri-ciri tumbuhan yang terdapat di hutan hujan  adalah  pohon yang tinggi, daun yang lebar, pepohonan yang selalu hijau, dan ukuran spesies yang beragam. Hutan ini kaya akan vertebrata dan invertebrata.

  • Hutan Musim

Hutan ini terdapat di daerah tropis, dimana iklimnya lembab, tetapi  musim kemaraunya panjang. Pohon hutan hujan biasanya menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Hutan monsun tropis berlimpah di  Asia Tenggara, termasuk India dan Indonesia.

  • Hutan Beriklim Sedang

Hutan hujan beriklim sedang adalah hutan luas yang ditemukan di Australia, pantai Pasifik Amerika Utara, California dan  Washington. Hutan hujan beriklim Australia adalah hutan  tertinggi di dunia.

  • Hutan Sabana

Hutan Sabana adalah padang rumput tropis yang dipenuhi pepohonan besar. Sabana umumnya merupakan daerah peralihan antara hutan dan padang rumput. Sabana dapat ditemukan di tempat-tempat seperti Australia dan Brasil.

Jenis Hutan berdasarkan Kondisi Tanah

  • Hutan Bakau

Jenis hutan pertama adalah hutan bakau. Hutan ini biasanya sering dianggap sama dengan hutan mangrove. Hal itu dikarenakan, bakau ini adalah salah satu spesies dari penyususnan Kawasan hutan mangrove.

Hutan bakau merupakan genus utama dalam pembangunan ekosistem mangrove. Tumbuhan ini banyak ditemukan di pesisir pantai, yang cenderung lebih dekat ke air dan laut daripada ke daratan.

Oleh karena itu, bakau memiliki tipe akar yaitu tunjang, sebagai bentuk adaptasi bakau terhadap habitatnya. Hal ini sering dipengaruhi oleh ketinggian air laut dan tunduk pada fluktuasi genangan.

Hutan bakau di Indonesia terbentang hingga pantai timur  Sumatera, pantai barat dan selatan  Kalimantan, pantai utara Jawa, dan pantai barat daya Papua. Beberapa tempat di mana mangrove dapat tumbuh dan berkembang dengan baik adalah Paparan Sunda dan Sahul. Pasang surut  yang relatif ringan di Paparan Sunda menjadikannya ekosistem yang nyaman bagi bakau untuk tumbuh.

  • Hutan Rawa

Hutan rawa adalah jenis hutan yang wilahnya terdapat di wilayah dengan vegetasi tumbuhan yang tumbuh di genangan air tawar. Jenis hutan ini biasanya terletak di wilayah yang sangat dekat dengan aliraan sungai. Aliran sungai tersebut akan tergenang dan meluap ketika hujan, keadaan itulah yang menyebabkan hutan tersebut berbentuk menjadi hutan rawa.

Ciri utama hutan ini adalah lantai hutan yang terlapisi olehgambut.  Dimana lapisan inilah yang membentuk tanah yang empuk atau tidak terlalu keras dan Nampak seperti lumpur.

Jenis tumbuhan yang ada di hutan ini biasanya terdiri dari tumbuhan paku-pakuan, jamur,lumut, rumput, semanggi, eceng gondok dan tanaman air lainnya.

  • Hutan Gambut

Hutan Gambut adalah hutan gugur tropis yang mencegah tanah lembab dari daun dan pohon yang benar-benar membusuk. Seiring waktu, lapisan gambut asam terbentuk. Hutan gambut umumnya dikelilingi oleh hutan hujan dari tanah yang tidak tergenang dan hutan bakau di perairan payau.

Di  hutan rawa gambut, pephon berukuran besar, tipis dan tidak lebat. Pohon-pohon ini dicirikan oleh habitat coklat berupa gundukan gambut  pH 4, yang sangat asam dan memiliki tingkat nutrisi yang rendah di dalam tanah.

Itulah beberapa jenis hutan yang dibedakan kembali dengan berbagai macam. Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian alam hutan untuk Bumi dan kelangsungan hidup manusia sendiri.

Sponsors Link
,




Post Date: Thursday 28th, July 2022 / 08:36 Oleh :
Kategori : Ekonomi