Sponsors Link

Daftar Negara di Asia Tenggara Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

ads

1. Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam terletak 4°LU – 6°LU dan 114°BT – 115°BT dan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Laut Cina Selatan.

Negara yang beribukota di Bandar Seri Begawan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian barat (Tutong, Belait, dan Brunei) dan bagian timur (Temburong).

Meskipun luas wilayah hanya 5.765 km², Brunei merupakan negara yang bisa dibilang kaya karena memiliki sumber daya minyak dan gas yang melimpah.

Selain itu, perikanan dan pertanian juga memberikan kontribusi pada kesejahteraan penduduk walaupun kecil.

Hingga kini, Brunei tercatat menjalin kerjasama internasional dengan berbagai negara yang tergabung dalam ASEAN, WTO, G-7, APEC, OPEC, OKI, dan lain-lain.

2. Filipina

Filipina terletak antara 5°LU – 21°LU dan 117°BT – 126°BT dan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik, serta Laut Sulawesi dan Laut Sulu.

Negara yang beribukota di Manila ini merupakan negara kepulauan dengan luas 300.000 km² dan jumlah pulau mencapai kurang lebih 7.107 pulau.  

Filipina memiliki beberapa sumber daya alam seperti kayu, minyak bumi, nikel, kobalt, perak, emas, dan perunggu.

Adapun hasil pertanian dan perikanan berupa ikan, padi, jagung, tebu, pisang, nanas, tembakau, dan abaca.

Hingga kini, Filipina tercatat menjalin kerjasama internasional dengan berbagai negara yang tergabung dalam ASEAN, APEC, PBB, Bank Dunia, WTO, WTC, Group of 24, Latin Union, dan lain-lain

3. Indonesia

Indonesia terletak antara  6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT, antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan antara benua Asia dan benua Australia. Indonesia merupakan negara beriklim tropis.

Indonesia, yang beribukota di Jakarta, merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas daratan mencapai  1.922.570 km² dan luas perairan 3.257.483 km².

Letak Indonesia yang strategis menyebabkan Indonesia kaya akan sumber daya alam yang berupa hasil tambang, bahan baku industri, pertanian, perikanan, dan perkebunan.

Hingga saat ini, Indonesia merupakan anggota dari beberapa organisasi internasional antara lain ASEAN, PBB, G-20, APEC, WTO, dan GNB.  

4. Kamboja

Kamboja atau Republik Rakyat Kamboja adalah negara di Asia Tenggara dengan ibu kota Phnom Penh. Kamboja terletak antara  10°LU – 15°LU dan 102°BT – 108°BT dengan luas wilayah mencapai 181.300 km².

Tidak seperti negara-negara di Asia Tenggara lainnya, Kamboja memiliki sedikit sekali sumber daya alam. Hingga saat ini, sumber daya alam yang paling dominan adalah pertanian.

Kamboja tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, ESCAP, IAEA, IDA, dan lain-lain. 

5. Laos

Laos adalah salah satu negara komunis yang masih tersisa hingga kini. Laos terletak antara 14°LU – 22°LU dan 100°BT – 107°BT. Laos merupakan negara beriklim tropis.

Laos berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di sebelah barat, Tingkok dan Vietnam di sebelah utara, Vietnam di sebelah timur, dan Kamboja di sebelah selatan.

Negara yang beribukota di Vientiane ini memiliki luas wilayah 236.804 km² dan merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut.

Adapun sumber daya alam yang dimiliki umumnya pertanian, peternakan, pertambangan, perikanan, dan kehutanan.   

Hingga kini, Laos masih tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, APEC, dan lain sebagainya.  

6. Malaysia

Negeri Jiran yang satu ini terletak antara  1°LU – 7°LS dan 100°BT – 120°BT dan berdasarkan posisi tersebut menjadikan Malaysia sebagai negara beriklim tropis.   

Malaysia berbatasan dengan Thailand dan Laut Cina Selatan di sebelah utara; Indonesia di sebelah timur, selatan, dan barat; Singapura dan Selat Singapura di sebelah selatan, dan Selat Malaka di sebelah barat.

Malaysia yang beribukota di Kuala Lumpur terdiri dari dua wilayah di dua pulau yang berbeda yakni Malaysia bagian barat (Semenanjung Malaka) dan Malaysia bagian timur di Pulau Kalimantan.

Adapun sumber daya alam yang dimiliki umumnya pertanian, kehutanan, perkebunan, dan pertambangan. Malaysia tercatat sebagai  penghasil timah terbesar di dunia.

Hingga kini, Malaysia masih tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, APEC, ADB, ESCAP, dan lain sebagainya.    

7. Myanmar

Negara yang dulu bernama Burma ini beribukota di Yangon dan memiliki luas wilayah mencapai 678.036 km².

Pengaruh letak geografis Myanmar yaitu antara 11°LU – 28°LU dan 92°BT – 101°BT mengakibatkan Myanmar memiliki dua iklim yaitu iklim tropis dan subtropis.  

Myanmar berbatasan dengan Tiongkok di sebelah utara, Laut Andaman di sebelah selatan, Teluk Benggala di sebelah barat, dan  Laos serta Thailand di sebelah timur.

Sumber daya alam utama adalah hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan pertambangan seperti minyak bumi.

Hingga kini, Myanmar masih tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, APEC, ADB, ESCAP, dan lain sebagainya.    

8. Singapura

Negara yang beribukota di Singapura ini memiliki luas wilayah mencapai 697 km².

Posisi Singapura yang terletak antara 1°11’LU – 1°27’LU dan 103°39’BT – 104°5’BT mengakibatkan Singapura beriklim tropis.  

Singapura berbatasan dengan Selat Johor di sebelah barat dan sebelah utara dan Selat Singapura di sebelah timur dan selatan.

Singapura tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah namun sektor pariwisata dan perdagangan yang dikembangkan mampu membuat Singapura menjadi negara paling maju di kawasan Asia Tenggara.

Hingga kini, Singapura masih tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, APEC, WTO, ADB, ESCAP, dan lain sebagainya.   

9. Thailand

Negeri Gajah Putih ini beribukota di Bangkok dan memiliki luas wilayah mencapai 513.120 km². 

Thailand terletak antara 6°LU – 21°LU dan 97°BT – 106°BT dan merupakan negara beriklim tropis.

Thailand berbatasan dengan Myanmar dan Laos di sebelah utara, Myanmar di sebelah barat, Kamboja dan Loas di sebelah timur, dan Malaysia di sebelah selatan.

Thaliand merupakan negara penghasil timah terbesar keempat di dunia. Sumber daya alam lainnya yang dimiliki Thailand antara lain pertanian, peternakan, dan perikanan.

Hingga kini, Thailand masih tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional, antara lain ASEAN, PBB, APEC, ADB, ESCAP, dan lain sebagainya.   

10. Timor Leste

Negara yang baru berdiri tanggal 20 Mei 2002 ini memiliki luas wilayah mencapai 14.874 km².

Timor Leste terletak antara 8°LS – 10°LS dan 124°BT – 128°BT dan merupakan negara beriklim tropis.

Timor Leste yang beribukota di Dili berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah barat; Selat Ombai, Selat Wetar, Laut Banda dan Indonesia di sebelah utara; Australia dan Laut Timor di sebelah selatan dan barat.     

Sumber daya alam yang dimiliki Timor Leste sekaligus menjadi komoditas ekspor utama adalah minyak bumi dan gas alam, hasil pertanian, dan kehutanan.  

Timor Leste tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi internasional antara lain PBB, IMF, G-77, dan lain sebagainya. Hingga saat ini Timor Leste masih berjuang untuk bisa menjadi anggota ASEAN.

11. Vietnam

Vietnam terletak antara  23°LU – 9°LU dan 105°BT – 109°BT dan merupakan negara beriklim sedang dan tropis.

Vietnam berbatasan dengan Teluk Siam, Laos, dan Kamboja di sebelah barat; Tiongkok di sebelah utara; dan Laut Cina Selatan di sebelah timur dan selatan.

Vietnam, yang beribukota di Hanoi memiliki luas wilayah mencapai 325.000 km² dan memiliki sumber daya alam berupa hasil pertanian yang cukup melimpah.

Sumber daya alam lainnya yang dimiliki Vietnam adalah peternakan, perikanan, dan pertambangan.

Hingga saat ini, Vietnam merupakan anggota dari beberapa organisasi internasional antara lain ASEAN, PBB, APEC, dan IMF

Sponsors Link
,




Post Date: Sunday 07th, June 2020 / 20:28 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?