Sponsors Link

Contoh Soal Pengantar Ilmu Ekonomi

Sponsors Link

1. Jelaskan Pengertian Penawaran!
Jawab : Penawaran (supply) atas barang dan jasa bisa didefinisikan dalam perusahaan tersendiri atau dalam sekelompok perusahaan yang membentuk pasar atau industri

ads

2. Jelaskan pengertian Penawaran Individu!
Jawab : Penawaran individu adalah Jumlah barang yang akan di jual oleh seorang penjual.
Contoh penawaran jeruk oleh Pak Heri.

3. Jelaskan apa itu Penawararan Pasar!
• Penawaran pasar (market supply) adalah jumlah semua kuantitas barang atau jasa yang ditawarkan per periode oleh semua perusahaan yang menjualnya di pasar

4. Bagaimana Hukum Penawaran Dapat Terjadi?
• Hukum penawaran menyatakan hubungan positif antara harga dan kuantitas dari produk yang ditawarkan
• Ketika harga naik maka kuantitas yang ditawarkan meningkat, ketika harga turun maka kuantitas yang ditawarkan menurun

5. Bagaimana Terjadinya Kurva Penawaran?
• Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan seberapa banyaknya produk akan dijual oleh perusahaan dalam beberapa variasi harga. Oleh karena itu, kurva permintaanya semakin kekanan semakin naik.

6. Apakah Fungsi Penawaran itu?
• Fungsi Penawaran adalah persamaan yang menunjukkan antara jumlah barang yang di tawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya.

7. Sebutkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran!
Jawab :
• Harga barang itu sendiri
• Harga barang lain yang terkait
• Harga faktor produksi
• Biaya produksi
• Teknologi produksi
• Jumlah pedagang atau penjual
• Tujuan perusahaan
• Kebijakan pemerintah

8. Menganalisis Sebuah Penawaran Dapat Terjadi, dengan cara ?
Jawab :
• Untuk menganalisis bagaimana suatu peristiwa memengaruhi pasar, kita menggunakan diagram penawaran-permintaan
• Untuk menelaah bagaimana pengaruh peristiwa tesebut terhadap harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan. Untuk mengetahuinya, kita harus melakukan metode tiga langkah, yaitu:

  1. Pertama kita tentukan apakah peristiwa tersebut menggeser kurva penawaran atau kurva permintaan.
  2. Kedua, kita tentukan arah mana kurva yang bersangkutan itu bergeser.
  3. Ketiga, kita bandingkan titik keseimbangan yang baru dengan yang lama.

9. Bagaimana terjadinya Keseimbangan Permintaan Dan Penawaran?
Jawab :
• Perpotongan kurva penawaran dan kurva permintan di sebut titik keseimbangan
• Jumlah yangdiingikan sama dengan jumlah yang di tawarkan.
• Perilaku pembeli dan penjual secara alamiah akan membawa pasar berada pada titik keseimbangannya
• Ketika harga pasar di atas harga keseimbangan, terdapat surplus barang, sehinggaharga akan turun. Ketika harga pasar berada di bawah harga keseimbangan, terdapat kekurangan barang,sehinggaa harga akan naik.
• Harga barang itu memastikan penawaran dan permintaan berada pada kondisi seimbang. Harga keseimbangan akan menentukan seberapa banyak barang yang dibeli dan seberapabanyak yang dijual.

10. Apa perbedaan antara teori guna ordinal dengan teori guna kardinal?
Jawab :

Pendekatan Kardinal (Cardinal Approach)
Pendekatan utilitas kardinal menyatakan bahwa utilitas dapat diukur secara langsung melalui angka-angka. Oleh karena itu, pendekatan ini disebut juga dengan pendekatan kardinal (cardinal approach).
Kata utilitas berasal dari bahasa Inggris, yaitu utility. Utilitas memiliki satuan yang disebut util. Utilitas yang diperoleh konsumen dalam mengonsumsi dapat berupa utilitas total (total utility) dan utilitas marjinal (marginal utility). Teori utilitas menyatakan utilitas barang dan jasa tertentu tidak bisa diukur dengan skala objektif, konsumen berwenang dalam memberikan peringkat terhadap beberapa alternatif yang berbeda.

Pendekatan Ordinal (Ordinal Approach)
Dewasa ini, para ahli ekonomi menolak gagasan tentang utilitas yang dapat diukur dengan angka-angka terhadap barang yang dikonsumsi sehari-hari. Kini telah dikembangkan pendekatan baru untuk menjelaskan prinsip memaksimumkan utilitas oleh seorang konsumen dengan pendapatan yang terbatas.
Teori ini dikenal dengan teori utilitas ordinal, yang menyatakan bahwa utilitas tidak dapat dihitung, melainkan hanya dapat dibandingkan. Jadi, menurut teori ini yang berlaku adalah apakah seorang konsumen lebih menyukai kombinasi barang tertentu daripada kombinasi barang lainnya.
Dalam teori utilitas ordinal digunakan pendekatan kurva utilitas sama (indifference curve) dan garis anggaran (budget line).

11. Apakah yang dimaksud ilmu ekonomi teori?
Jawab :

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

12. Uraikan perbedaan antara teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro!
Jawab:

Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro berupaya menemukan faktor-faktor apa yang berkontribusi pada keputusan orang, dan apa dampak pilihan ini terhadap pasar umum sejauh menyangkut harga, permintaan, dan pasokan barang dan jasa. Ini adalah pendekatan ‘bottom-up’ dengan fokus pada elemen-elemen dasar yang membentuk tiga sektor ekonomi (pertanian, manufaktur, dan jasa / tersier), seperti tanah, kewirausahaan, dan modal.
Ini bertujuan untuk memahami pola upah, pekerjaan, dan pendapatan,  serta perilaku konsumen, tren pengeluaran, perilaku harga-upah, kebijakan perusahaan, dan bagaimana peraturan berdampak pada perusahaan.  

Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah studi holistik tentang struktur, kinerja, perilaku, dan proses pengambilan keputusan ekonomi, di tingkat nasional. Pada dasarnya, ekonomi makro adalah pendekatan ‘top-down’. 

13. Uraikan kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi pasar!
Jawab:

Sistem ekonomi pasar atau lebih dikenal dengan sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi ketika sektor perekonomian diserahkan sepenuhnya pada permintaan dan penawaran di masyarakat {mekanisme pasar).
Kelebihan sistem ekonomi pasar adalah sebagai berikut :
>Setiap individu bebas mengatur perekonomian dan bebas memiliki alat-alat produksi
>Adanya persaingan yang mengarah pada kemajuan
>Segala hal yang diproduksi berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kelemahan sistem ekonomi pasar adalah sebagai berikut :
>Dapat menimbulkan eksploitasi dan monopoli
>Adanya kesenjangan atau tidak adanya pemerataan pendapatan.

14. Uraikan dengan singkat beberapa penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya ekonomi!
Jawab :

Faktor-faktor penyebab kelangkaan
1. Keterbatasan sumber daya alam
 Alam memang memberikan berbagai sumber daya yang melimpah. Namun lambat laut alam tidak mampu lagi menghasilkan sumber daya sejumlah yang dibutuhkan manusia. Terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti berbagai macam tambang.
2. Perbedaan geografis Tuhan menciptakan alam dengan kondisi yang tidak sama. Begitu pula sumber daya alamnya, daerah yang satu dengan daerah yang lain potensi alamnya tidak sama. Di daerah pegunungan sumber daya yang dihasilkan berbeda dengan daerah pantai. Dengan demikian di pegunungan terjadi kelangkaan akan ikan sementara di daerah pantai terjadi kelangkaan sayuran.
3. Jumlah penduduk Jumlah manusia yang semakin bertambah merupakan penyebab utama kelangkaan, karena semakin banyak jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Laju pertumbuhan jumlah manusia lebih cepat sementara kemampuan alam semakin menurun.
4. Kemampuan produksi
 Produksi adalah kegiatan manusia dalam mengolah atau menghasilkan barang atau jasa, atau usaha meningkatkan nilai guna barang atau jasa. Walaupun perkembangan teknologi semakin maju masih belum mampu mengimbangi kebutuhan manusia yang dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan perubahan yang pesat seiring dengan kenajuan peradaban manusia.
 5. Bencana alam Bencana alam belum bisa diprediksi secara akurat oleh manusia, seperti gempa bumi, gunung meletus atau stunami. Dengan adanya bencana alam tersebut menyebabkan sarana dan prasarana perekonomian terputus, sehingga distribusi barang atau jasa ke daerah bencana terganggu.
6. Peperangan Dengan adanya peperangan, pasokan barang kebutuhan manusia terganggu dan terjadi kelangkaan.

15. Sebutkan anggapan dasar (asumsí) yang digunakan dalam ekonomi mikro!
Jawab :

Teori ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perekonomian dalam ruang lingkup secara menyeluruh dan lebih besar (makro). Analisisnya bersifat menyeluruh (agregat) dan tidak berfokus pada kegiatan ekonomi yang lebih kecil atau skala individual.

Anggapan dasar yang digunakan dalam ekonomi mikro:

> Semua sumber produktif bekerja dan dipergunakan sepenuhnya, dengan kata lain mekanisme pasar berjalan (fully employed) sehingga tidak ada satupun yg menganggur.
> Semua barang yg dihasilkan pasti terjual habis. 

Sponsors Link
,




Post Date: Wednesday 20th, October 2021 / 09:23 Oleh :
Kategori : Ekonomi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?