Sponsors Link

6 Syarat Terjadinya Integrasi Sosial Dalam Kebutuhan Terpenuhinya

Sponsors Link

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak bisa hidup sendiri tanpa membutuhkan bantuan atau dukungan dari manusia lainnya. Hubungan unik ini kemudian membuat manusia berkumpul menjadi satu kelompok masyarakat yang saling mendukung hingga terjadi integrasi sosial. Lalu apa saja syarat terjadinya integrasi sosial itu?

ads

Siapa sangka, ternyata sebuah integrasi sosial membutuhkan syarat-syarat tertentu hingga akhirnya bisa tercipta. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada sesuatupun yang terjadi tanpa adanya dasar-dasar yang menjadi pondasinya. Dan syarat terjadinya integrasi sosial tersebut adalah:

  1. Anggota Masyarakat Merasa Kebutuhannya Bisa Terpenuhi Dengan Bantuan Manusia Lain

Setiap manusia memiliki kebutuhannya masing-masing dimana kebutuhan satu manusia pasti berbeda dengan kebutuhan manusia lainnya. Itulah kenapa manusia saling membutuhkan dan saling melengkapi agar kebutuhannya dapat terpenuhi. Keterikatan inilah faktor pendorong terjadinya hubungan sosial hingga akhirnya manusia dikenal sebagai makhluk sosial.

Hampir setiap kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia membutuhkan bantuan atau kerjasama dengan manusia lain. Seperti misalnya dalam hal mendapatkan pendidikan ataupun pada saat melakukan transaksi jual beli. Hubungan inilah syarat terjadinya integrasi sosial yang sangat dasar untuk dipahami.

  1. Nilai Dan Norma Yang Dijalankan Secara Konsisten

Salah satu faktor pendorong integrasi sosial adalah norma-norma yang berlaku didalam masyarakat. Norma-norma yang berlaku ini sejatinya sama seperti hukum tidak tertulis yang secara sadar ataupun tidak diyakini sebagai landasan dalam mengatur kehidupan bermasyarakat. Seperti misalnya norma-norma dalam bertamu kerumah orang lain ataupun norma-norma yang berlaku jika terjadi tindak kejahatan.

Norma-norma yang sudah berlaku didalam masyarakat kini sudah menjadi sesuatu yang kekal atau pasti dan sudah dijalankan secara konsisten sejak lama walaupun merupakan nilai yang tidak diajarkan pada sekolah-sekolah formal. Salah satu penyebab terjadinya konflik didalam masyarakat adalah pelanggaran atas norma-norma masyarakat ini.

  1. Masyarakat Meraih Kesepakatan Bersama Mengenai Nilai Dan Norma

Seperti kita tahu, masyarakat adalah kumpulan dari manusia yang berada di suatu daerah. Hanya saja, masyarakat tersebut tidak selalu terdiri dari satu latar belakang saja. Melainkan ada banyak latar belakang manusia yang berada didalam masyarakat itu. Dan syarat terjadinya integrasi sosial yang harus dipenuhi selanjutnya adalah kesepakatan atas nilai dan norma yang berlaku.

Masing-masing manusia memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Itulah kenapa ada banyak bentuk keragaman nilai dan norma yang ada sehingga kesepakatan nilai dan norma yang harus diberlakukan sangat dibutuhkan. Kesepakatan inilah contoh dari integrasi kebudayaan yang ada di masyarakat.

Ada beberapa ketentuan tentang nilai dan norma seperti apa yang dapat berlaku didalam masyarakat sehingga tidak semua nilai dan norma dapat diberlakukan secara terbuka dan umum. Salah satu ketentuan dari nilai dan norma tersebut adalah nilai dan norma yang sudah berlaku sejak lama serta nilai dan norma yang sudah disepakati bersama.

  1. Adanya Toleransi
Sponsors Link

Toleransi adalah hal yang sangat vital dan penting dalam hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural. Karena, seperti yang sudah disinggung diawal, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang terdiri dari banyak latar belakang. Baik latar belakang budaya, agama, suku, ras, serta yang lainnya.

Tanpa adanya toleransi, tidak mungkin sebuah integrasi sosial dapat terwujud. Hal ini karena syarat terjadinya integrasi sosial adalah saling menghormati segala perbedaan yang ada. Salah satu contoh dari sifat toleransi didalam masyarakat Indonesia adalah terlaksananya gotong royong oleh masyarakat dalam membangun tempat ibadah ataupun sarana umum lainnya. Itulah kenapa toleransi termasuk syarat terbentuknya kelompok sosial didalam masyarakat dimana masyarakat bisa saling berkomunikasi dan terintegrasi.

  1. Adanya Kesadaran Diri Sebagai Makhluk Sosial

Syarat terbentuknya kelompok sosial adalah kegiatan yang dilakukannya memiliki tujuan sosial yang melibatkan atau dilakukan untuk kebaikan bersama. Hanya saja, jika anda ingin tergabung didalam lembaga sosial ini, anda harulah menyadari diri bahwa anda merupakan makhluk sosial.

Sponsors Link

Menyadari diri sebagai makhluk sosial merupakan hal fundamental yang harus dimiliki oleh masing-masing orang. Seperti sudah dijelaskan diawal, hal ini karena manusia sejatinya merupakan makhluk Tuhan yang tidak bisa hidup seorang diri tanpa membutuhkan manusia lainnya. Kesadaran sebagai makhluk sosial inilah yang menjadikan hubungan dapat terjalin secara sehat tanpa melanggar nilai dan norma yang berlaku.

  1. Memiliki Persamaan Visi Dan Misi

Syarat terjadinya integrasi sosial yang terakhir adalah dengan memiliki persamaan visi dan misi. Sama seperti syarat-syarat lembaga sosial, masyarakat secara umum juga harus memiliki kesamaan visi dan misi yang didapat dari kesepakatan setiap anggota masyarakat yang ada. Dengan komunikasi yang tepat, persamaan visi dan misi ini dapat tercapai sebagai bentuk integrasi sosial walaupun setiap anggota masyarakat yang terlibat terdiri dari latar belakang yang berbeda.

Itulah syarat terjadinya integrasi sosial yang berlaku didalam masyarakat yang pada dasarnya hanya bisa terjadi jika adanya kontak sosial dan komunikasi yang baik dan benar antar sesama anggota masyarakat. Hal ini karena kontak sosial dan komunikasi merupakan ciri-ciri hubungan sosial yang harus dipenuhi agar syarat terjadinya integrasi sosial bisa terwujud. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Sunday 25th, February 2018 / 04:15 Oleh :
Kategori : Sosiologi