Sponsors Link

Hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Ekonomi yang Wajib Anda Tau!

Sponsors Link

Sebelum kita memahami apa hubungan antara Ilmu Politik dengan Ilmu Ekonomi baiknya terlebih dahulu kita memahami apa itu Ilmu Politik dan apa itu Ilmu Ekonomi mari kita simak artiel ini.

ads

Ilmu Politik adalah cabang dari Ilmu Sosial yang membahas tentang teori, praktik politik, serta deskripsi dan analisa sistem politik dan prilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Ilmu Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang segala tingkah laku manusia untuk mendapatan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu Ekonomi juga dapat dipahami sebagai alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

Ilmu Politik dan Ilmu Ekonomi merupakan rumpun ilmu sosial dan kedua cabang ilmu itu memiliki hubungan yang sangat erat. Ilmu politik terikat dengan dinamika tentang siapa pemegang kekuasaan di suatu bangsa atau masyarakat. Di Indonesia, pemegang ekuasaan itu ditentukan oleh partai atau sekelompok partai (koalisi). Kekuasaan yang dimiliki pemegang kekuasaan memberikan wewenang / power kepada dia dalam mempengaruhi prilaku individu-individu atau masyarakat.

Ilmu Ekonomi terkait dengan Sumber daya yang tersedia di suatu negara / wilayah Seperti yang kita ketahui, sumber daya itu bersifat terbatas sehingga Ilmu Ekonomi fokus kepada bagaimana menghasilkan sumber daya yang terbatas itu untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Sumber daya yang dimaksud meliputi alam (hutan, tana, air ) SDM, dan modal literatur memasukan teknologi dan kemampuan enterpreneurship / Kewirausahaan sebagai sumber daya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 01:02 Oleh :
Kategori : Ekonomi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?