Sponsors Link

4 Fakta Gunung Cikuray yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Cikuray merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Namanya yang lumayan terkenal dikalangan pendaki gunung. Sebabnya Gunung Cikuray memiliki kentinggian hampir 3.000 mdpl dan lokasinya dekat dengan kota Bandung.

ads

1. Gunung Tertinggi di Garut

Gunung Cikuray ini memiliki ketinggian yang hampir 3.000 mdpl atau kurang lebihnya 2.818 mdpl. Sehingga Gunung Cikuray menyandang status sebagai gunung tertinggi di Garut dan urutan ke 4 gunung tertinggi di Jawa Barat.

2. Titik awal pendakian Terdapat Staiun Pemancar Televisi

Titik awal pendakin Gunung Cikuray via pemancar merupakan sebuah stasiun pemancar televisi di Kabupaten Garut. Karena letaknya paling tinggi di Kabupaten Garut Gunung Cikuray dipakai untuk pemancar Televisi swasta TVRI.

3. Memiliki 6 jalur pendakian

Gunung cikuray memiliki 6 jalur pendakian yang bisa dilalui oleh para pendaki, yaitu jalur Pemancar, Kiara Janggot, Cinta Nagara, Pamalayan, Tapak, Geurot, dan Cikajang. Ke enam jalur tersebut menawarkan medan yang menarik dengan karakteristik masing-masing.

4. Sebutan Lain Gunung Cikuray dan sejarahnya

Beberapa naskah kuno menyebut gunung cikuray sebagai gunung Srimanganti atau Srimaganten, sebutan ini digunakan pada zaman sunda lampau. Berdasarkan dari penuturan naskah kuno, Gunung Cikuray pada zaman dahulu merupakan gerbang menuju kerajaan pajajaran. Fakta gunung cikurai ini dibuktikan dengan informasi bahwa pada abad ke 17, lereng gunung cikuray menjadi tempat pemukiman bagi para pendeta dan menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:49 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?