Sponsors Link

4 Fakta Gunung Krakatau yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Krakatau merupakan gunung yang terletak di tengah laut. Tak hanya di Indonesia Gunung krakatau adalah salah satu gunung berapi yang terkenal didunia. Gunung Krakatau berebentuk kepulauan Vulkanik yang masih aktif yang berada di selat sunda, tepatnya di antara Pulau Jawa dan Sumatera.

ads

Berikut adalah fakta fakta menarik tantang Gunung Krakatau.

1. Menjadi Gunung Api yang Letusannya Paling Dasyat

Gunung Krakatau kembali meletus pada 27 Agustus 1883. Menurut Simon Winchester ahli geologi lulusan Universitas Oxford Inggris yang juga penulis National Geographic, mengatakan, bahwa ledakan itu adalah letusan paling besar, suara, paling keras dan peristiwa vulkanik yang paling meluluhlantahkan dalam sejarah manusia modren. Dan letusannya terdengar hingga radius 4.653 Km

2. Menggelapkan Dunia

Letusan Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda menyebabkan perubahan iklim dunia. Selama dua setengah hari dunia mengalami kegelapan akibat dari debu vulkanis yang menutupi atmosfer bumi. Pola cuaca tetap tak beraturan selama bertahun tahun dan suhu tidak pernah normal hingga 1888.

3. Melahirkan Anak Gunung Krakatau

Letusan Krakatau pada tahun 1883 mehairkan gunung baru yang saat ini dikenal sebagai anak Gunung Krakatau. Anak Gunung Krakatau mulai tumbuh pada 20 januari 1930 himgga sekarang. kecepatan pertumbuhannya 0,5 meter perbulan.

4. Bertumbuh ke Arah Tenggara

Area barat lereng gunung berapi ini lebih terjal ketimbang arah timurnya. Setidaknya lebih dari 28 drajat kemiringan lebih curam ke timur. Namun pada tahun 1981 terdapat ledakan yang mengubah jalur aktivitas magma ke arah tenggara.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:45 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?