Sponsors Link

5 Fakta Gunung Merbabu yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Merbabu adalah gunung berapi yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl serta bertipe satato ini terletak secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan kota salatiga dan kabupaten semarang di sebelah utara.

ads

Berikut Fakta Fakta menarik seputar Gunung Merbabu

1. Berada di Tiga Kabupaten

Area Gunung Merbabu meliputi tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. Untuk mengakses gunung ini bisa melalui beberapa titik yaitu Salatiga, Boyolali dan Magelang tergantung dari jalur pendakian yang dipilih.

2. Memiliki Tiga Puncak Utama

Gunung Merbabu memiliki tiga puncak utama yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kanteng Songo, dan Puncak Syarif. Dari ketiga puncak uatma ini kalian bisa melihat gunung-gunung tinggi lainnya di Pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Lawu dan Slamet.

3. Ada Lima Jalur Pendakian

Ggunung dengan ketinggian 3.145 mdpl ini memiliki lima jalur pendakian yaitu Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting dan Selo. Jalur yang populer dan ramai adalah jalur Selo. Salah satu keunggulan dari jalur ini adalah pemandangan sabana yang memanjakan mata, apalagi jika sedang musim mekar bunga edelweiss.

4. Ditetapkan Sebagai Taman Nasional

Gunung Merbabu memiliki empat kawasan hutan yaitu hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane dan hutan ericaceous atau hutan gunung. Pada tahun 2004, area seluas 57 hektar di Gunung Merbabu dinyatakan sebagai Taman Nasional berdaseakan Keputusan Mentreri Kehutanan Nomor 135/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004.

5. Pernah Meletus

Gunung Merbabu merupakan gunung api bertipe strato yang saat ini sudah tidak aktif lagi. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Pada tahun 1570 Gunung Merbabu juga dilaporkan pernah meletus, tapi belum ada konfirmasi mengenai laporan ini.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:46 Oleh :
Kategori : Geografi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?