Sponsors Link

6 Fakta Gunung Pangrango yang Menarik

Sponsors Link

Gunung Pangrango merupakan sebuah gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango merupakan salah satu gunung yang kerap dikunjungi para sobat gunung yang hendak berkemah sambil melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Berikut Fakta-fakta menarik Gunung Pangrango.

ads

1. Pendaki Pertama Bukan Warga Indonesia

Orang Pertama yang berhasil mencapai Puncak Gunung Pangrango ialah seorang kewarganegaraan Jerman C.G.C Reinwaedt pada April 1819. Diketahui Reinweadt merupakan pendiri Kebun Raya Bogor.

2. Lokasi Gunung Pangrango

Gunung Pangrango terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional pertama di Indonesia dan di buka sejak tahun 1980. UNESCO menetapkan Gunung Gede Pangrango sebagai cagar Biosfer pada tahun 1977. Gunung ini terletak antara tiga Kabupaten yakini Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

3. Memiliki Ketinggian Berbeda

Meskipun namanya Gunung Gede Pangrango, tetapi Gunung Gede Pangrango dan Gunung Gede adalah dua gunung yang berbeda. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Sedang kan Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl. Kedua puncak ini terhubung dengan punggung gunung yang berketinggian 2.400 mdpl atau disebut Kandang Badak.

4. Spot Terbaik Menikmati Edelweiss

Spot terbaik untuk menikmati edelweiss di Gunung Gede Pangrango adalah Alun-alun Surya Kencana. Selain itu, lokasi ini juga biasa dijadikan tempat camping oleh para pendaki.

5. Lembah Mandalawangi

Gunung Pangrango memiliki satu tempat yang istimewa, yaitu Lembah Mandalawangi. Disini dulu tokoh fenomenal Indonesia Soe Hok Gie kerap menghabiskan waktu. Bahkan Soe Hok Gie ini juga sempatt membuat puisi dengan judul ” Mandalawangi – pangrango” dan sampai sekarang puisi ini sangat terkenal dikalangan pendaki.

6. Belum Pernah Meletus

Gunung Pangrango belum pernah meletus, oleh karena itu Gunung Pangrango memiliki puncak yang berbentuk kerucut dan relatif mulus.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 28th, July 2021 / 00:43 Oleh :
Kategori : Geografi