Sponsors Link

4 Cara Mempertahankan Kearifan Lokal yang Benar

Sponsors Link

Budaya merupaan kebiasaan yang ada dalam suatu masyarakat dan menjadi ciri khusus atau pertanda suatu daerah dengan daerah lain. Kebiasaan tersebut biasanya berlangsung atau cukup lama (diwariskan turun-temurun dari nenek moyang) sehingga menjadi suatu kebudayaan.

ads

Kearifan Lokal sangat penting bagi kita sebagai masyarakat harus bisa melestarikan budaya lokal kita, jangan terlalu mengikuti arus dunia yang nantinya akan membuat kita lupa dengan budaya kita sendiri. Berikut adalah cara mempertahankan kearifan lokal.

1. Menanamkan Rasa Cinta Terhadap Kebudayaan di Mayarakat

Mulai berkurangnya rasa bangga dan menghargai terhadap kebudayaan lokal bisa menjadi pemicu terkikisnya suatu kebudayaan di dalam masyarakat. Maka dari itu perlu memberi pengetahuan atau pemahaman kepada masyarakat untuk mencintai kebudayaan sendiri.

2. Mengadakan Festival Budaya

Agar suatu kebudayaan bisa tetap eksis maka perlu usaha yang bersifat konsisten atau teratur seperti misalnya, rutin mengadakan festifal kebudayaan setiap tahunnya. Dengan begitu keberadaan kebudayaan tersebut bisa tetap terjaga dan bisa memunculkan semangat dalam melestarikan kebudayaan tersebut.

3. Promosi Kebudayaan

Melakukan prosmosi kebudayaan secara nasional, jika suatu kebudayaan menjadi populer maka otomatis masyarakat yang sebagian menjadi kebudayaan tersebut akan bangga dengan kebudayaan yang mereka miliki.

4. Menjadikan Budaya Sebagai Identitas

Menjadikan budaya sebagai identitas menjadi salah satu cara untuk melestarikannya. Sebab kita akan memiliki rasa bangga terhadap budaya lokal yang dimiliki. Dengan begitu, kita akan tidak mudah terpengaruh atau ikut ikutan terhadap adanya buda asing yang masuk ke negara Indonesia.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 06th, August 2021 / 03:37 Oleh :
Kategori : Antropologi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?