Sponsors Link

10 Tujuan Kerjasama Antar Negara di Berbagai Bidang

Sponsors Link

Kerjasama antar negara merupakan salah satu perwujudan dari kehidupan yang saling bergantung satu sama lain atau saling membutuhkan satu sama lain. Bukan hanya manusia saja yang memiliki peran sebagai seorang makhluk sosial yang berarti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain, namun kondisi tersebut juga berlaku bagi suatu negara. Negara tidak dapat menjalankan kehidupan negaranya atau mengatur serta memenuhi kebutuhan negara serta masyarakatnya hanya dengan keadaan negara itu sendiri, oleh sebab itu diperlukan suatu kerjasama antar negara.

ads

Kerjasama antar negara merupakan suatu kerjasama atau hubungan serta interaksi yang terjalin antar negara dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencapai kepentingan negara baik kepentingan negara itu sendiri maupun kepentingan bersama yang didasarkan pada politik luar negeri masing-masing negara. Kerjasama antar negara tersebut dapat berupa kerjasama di bidang ekonomi, politik, keamanan, kebudayaan, dan lain sebagainya. Selain menyangkut berbagai bidang, kerjasama antar negara juga dibedakan menjadi empat macam yang didasarkan pada wilayah serta jumlah negara yang menjalin kerjasama. Berikut ini bentuk-bentuk kerjasama internasional.

Kerjasama antar negara yang didasarkan pada wilayah dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  • Kerjasama Regional – merupakan kerjasama antar negara yang berada di dalam satu kawasan atau masih terbilang satu rumpun.
  • Kerjasama Internasional – merupakan kerjasama antar negara yang tidak dibatasi oleh suatu wilayah, kerjasama ini dapat menyangkut seluruh negara-negara di dunia.

Kerjasama antar negara yang didasarkan pada jumlah anggota negaranya:

  • Kerjasama Bilateral – merupakan kerjasama antar negara yang dilakukan hanya antara dua negara saja.
  • Kerjasama Multilateral – merupakan kerjasama antar negara yang dilakukan oleh beberapa negara lebih dari dua negara.

Dari pengelompokkan kerjasama antar negara tersebut dapat dipastikan bahwa hampir tidak ada satu negara pun yang tidak menjalin suatu kerjasama dengan negara lainnya. Suatu negara pasti membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya dan mencapai kepentingan negaranya. Mengapa demikian, karena suatu negara juga pasti memiliki suatu kekurangan, maksudnya tidak semua yang dimiliki negara cukup atau mampu memenuhi kepentingan serta kebutuhan negaranya. Oleh sebab itu ada beberapa faktor yang mendorong adanya suatu kerjasama antar negara, dapat berupa faktor perbedaan maupun faktor persamaan.

Beberapa faktor perbedaan terjalin nya kerjasama antar negara seperti adanya perbedaan dalam ketersediaan sumber daya alam, perbedaan iklim serta kesuburan tanah, perbedaan ilmu pengetahuan serta teknologi yang dikuasai, serta perbedaan ideologi, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor persamaan yang mendorong terbentuknya suatu kerjasama antar negara diantaranya seperti adanya persamaan sejarah dimasa lalu, persamaan wilayah, persamaan sumber daya alam, persamaan ideologi, serta persamaan agama, dan lain sebagainya. Dari perbedaan dan persamaan tersebutlah yang mendorong suatu negara untuk menjalin kerjasama dengan negara lainnya.

Tujuan Kerjasama Antar Negara

Selain faktor pendorong terbentuknya suatu kerjasama antar negara, kerjasama yang berlangsung juga pasti didasarkan pada tujuan-tujuan yang ingin di capai oleh masing-masing negara maupun demi tujuan bersama. Karena sudah merupakan suatu kodrat bagi setiap negara bahwa mereka tidak dapat hidup sendiri sehingga membutuhkan bantuan dari negara lain, pasti setiap kerjasama yang berlangsung memiliki tujuan utama untuk mencapai kepentingan negaranya demi memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Namun kerjasama yang berlangsung di berbagai bidang juga memiliki tujuan masing-masing, berikut ini beberapa tujuan kerjasama antar negara di berbagai bidang:

1. Kerjasama di Bidang Politik

Kerjasama antar negara juga dapat berlangsung di bidang politik yang didasarkan pada politik luar negeri masing-masing negara penyelenggara. Biasanya setiap negara memiliki pola politik luar negeri yang berbeda-beda tergantung pada masing-masing kepentingan negara. Berikut ini beberapa tujuan kerjasama di bidang politik:

  • Mencapai Kepentingan negara
Sponsors Link

Mencapai kepentingan negara merupakan suatu tujuan utama adanya kerjasama di berbagai bidang salah satunya di bidang politik. Mencapai kepentingan negara merupakan suatu perwujudan dari tujuan adanya politik luar negeri yang menggambarkan suatu kehidupan masa depan suatu negara yang didasarkan pada suatu penetapan kebijakan dan pengambilan keputusan. Kepentingan suatu negara juga berbeda-beda satu sama lainnya, sehingga dalam penetapan suatu kerjasama antar negara akan dilakukan suatu diplomasi atau perundingan serta negosiasi hingga mencapai suatu keputusan bersama.

  • Mempertahankan eksistensi negara

Adanya kerjasama antar negara di bidang politik juga bertujuan untuk mempertahankan eksistensi suatu negara. Ketika suatu negara menjalin kerjasama dengan negara lain, kondisi tersebut menjelaskan keberadaan dan keterlibatan suatu negara baik dalam hubungan antar negara maupun dalam proses berlangsungnya politik dunia.

  • Mempererat hubungan antar negara

Selain mempertahankan eksistensi suatu negara, melalui suatu kerjasama antar negara dapat mempererat hubungan negara penyelenggara. Kondisi tersebut dapat mengurangi resiko munculnya konflik atau masalah politik baik bagi masing-masing negara maupun secara bersama.

  • Sebagai sarana penyelesaian masalah politik
ads

Kerjasama antar negara bertujuan sebagai suatu sarana penyelesaian masalah politik biasanya berlaku dalam masalah politik yang menyangkut negara lain. Karena setiap negara memiliki kedaulatan masing-masing maka masalah politik didalam negaranya sendiri akan diselesaikan oleh negara itu sendiri tidak dapat dicampuri oleh negara lain. Namun ketika masalah politik muncul antar negara atau timbulnya konflik antar negara, dengan adanya kerjasama yang terjalin dapat sebagai sarana penyelesaian melalui perundingan hingga masalah teratasi dan mencapai kesepakatan bersama.

2. Kerjasama di Bidang Ekonomi

Kerjasama antar negara yang lebih sering berlangsung dan diketahui secara umum adalah berbagai macam kerjasama di bidang ekonomi. Kerjasama di bidang ekonomi juga memiliki tujuan utama yaitu demi memenuhi kebutuhan hidup masyarakat setiap negara. Berikut ini beberapa tujuan lain adanya kerjasama di bidang ekonomi:

  • Meningkatkan devisa negara

Tujuan diadakannya suatu kerjasama di bidang ekonomi oleh beberapa negara adalah untuk meningkatkan devisa negara. Meningkatnya devisa negara merupakan salah satu dari manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara. Dimana proses berlangsungnya suatu perdagangan internasional memerlukan suatu kerjasama antar negara, sehingga dapat dikatakan bahwa kerjasama antar negara dapat meningkatkan devisa negara yang mana semakin tinggi devisa suatu negara maka semakin kaya negara tersebut.

  • Mencukupi permintaan dalam negeri

Tidak semua sumber daya alam dan produksi yang dimiliki oleh suatu negara dapat memenuhi seluruh permintaan masyarakatnya. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena keterbatasan sumber daya alam maupun kualitas teknologi dan sumber daya manusia yang masih rendah di suatu negara. Sehingga negara harus mengimpor produk-produk luar negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bukan hanya mengimpor sebenarnya dengan adanya kerjasama antar negara, suatu negara juga dapat mengekspor produk mereka maupun sumber daya alam dan manusia ke negara yang membutuhkan terutama negara industri yang minim akan sumber daya alam dan manusia dalam proses produksinya. Kondisi tersebut merupakan salah satu manfaat kegiatan ekspor dan impor dalam kerjasama antar negara.

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Dengan adanya suatu kerjasama antar negara dapat bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara penyelenggara. Hal ini dapat di dukung dengan adanya peningkatan produksi dalam negeri dan memperluas pemasaran produk lokal sehingga suatu negara juga dapat bersaing dalam perdagangan internasional yang berlangsung.

Kondisi tersebut juga dapat bertujuan untuk mengurangi kemungkinan keterlambatan ekonomi dalam negeri, sehingga sistem maupun kegiatan perekonomian suatu negara tidak dapat di dominasi atau dimanfaatkan dengan konteks negatif oleh negara lain. Selain itu, kerjasama antar negara juga meningkatkan perkembangan teknologi, transportasi, serta komunikasi suatu negara yang mendorong pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

  • Meningkatkan taraf hidup

Salah satu tujuan akhir dari kerjasama antar negara adalah untuk meningkatkan taraf hidup suatu negara. Kondisi tersebut diharapkan dapat berkembang baik sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan kompetitif, sehingga suatu negara dapat mempertahankan eksistensi nya di dunia kerjasama internasional.

3. Kerjasama di Bidang Sosial Budaya

Sponsors Link

Kerjasama antar negara di bidang sosial budaya dapat bertujuan untuk memperkuat adanya hubungan antar negara serta sosialisasi antar negara yang bersangkutan. Sehingga kondisi tersebut dapat membantu setiap negara dalam mengatasi masalah yang mungkin hadir didalam negara maupun antar negara seperti peningkatan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran suatu negara.

Sehingga kerjasama di bidang sosial budaya juga menjadi salah satu cara mengatasi masalah pengangguran di suatu negara. Tujuan lain di bidang sosial budaya seperti peningkatan kesempatan menuntun ilmu di negara asing melalui program beasiswa, pertukaran pelajar, internship dan lain sebagainya, sebagai salah satu tujuan pembangunan sosial budaya. Selain itu juga dapat menjadi sarana untuk mengenalkan kebudayaan suatu negara dan mengkukuhkan kebudayaan tersebut sebagai suatu yang di miliki suatu negara agar tidak ada claim atas negara lain.

4. Kerjasama di Bidang Keamanan

Mempererat hubungan antar negara juga merupakan salah satu tujuan kerjasama antar negara di bidang keamanan, dimana dicapai melalui suatu kesepakatan untuk menjaga kestabilan serta keamanan masing-masing negara secara bersama. Adanya kerjasama di bidang keamanan juga merupakan wujud dari dukungan terhadap upaya untuk menjaga perdamaian serta ketertiban dunia. Dengan kerjasama di bidang keamanan, suatu negara dapat bekerjasama untuk saling melatih sekaligus berkompetisi dalam hal militer demi meningkatkan wawasan serta kemampuan militer suatu negara. Pengetahuan mengenai persenjataan terbaru juga dapat didapatkan melalui adanya kerjasama di bidang keamanan.

Itulah beberapa tujuan kerjasama antar negara di berbagai bidang secara umum, walaupun sebenarnya dalam setiap kerjasama yang terjalin setiap negara akan memiliki tujuan mereka masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi negara serta kepentingan negara. Dewasa ini semakin banyak kerjasama ekonomi yang dibangun oleh setiap negara mengingat semakin maju serta berkembangnya zaman yang mendorong kompetisi dalam perdagangan internasional semakin kuat. Demikian penjelasan mengenai tujuan kerjasama antar negara, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 07:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi