Sponsors Link

6 Tujuan Pembangunan Sosial Budaya Bagi Masyarakat

Sponsors Link

Pembangunan diartikan sebagai suatu proses perubahan di berbagai bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, pendidikan, infrastruktur, dan masih banyak yang lainnya. Pembangunan juga dipahami sebagai suatu rangkaian usaha dalam pertumbuhan dan perubahan yang memerlukan suatu rencana menuju kehidupan yang lebih baik oleh suatu bangsa atau negara, pemerintah, dan masyarakat.  Sedangkan, kata sosial sendiri berasal dari kata “socius” yang memiliki arti sesuatu yang lahir, berkembang atau tumbuh dalam kehidupan secara bersama-sama.

ads

Secara umum, sosial juga dipahami sebagai suatu proses atau cara setiap individu berinteraksi dan saling berhubungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya merupakan pikiran, akal budi, atau adat-istiadat. Oleh sebab itu, budaya juga diartikan sebagai suatu tata cara kehidupan yang berkembang serta dimiliki secara bersama oleh sebuah kelompok orang atau masyarakat. Suatu budaya juga biasanya diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya yang berhubungan dengan pola tingkah laku dan pola pikir atau gagasan dalam pikiran manusia.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pembangunan sosial budaya adalah suatu proses perubahan dalam bidang sosial dan budaya yang direncanakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan sosial budaya biasa tidak bisa dilepaskan dari proses pembangunan ekonomi, karena keduanya saling berpengaruh satu sama lain. Selain itu, pembangunan sosial budaya juga merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional setiap negara, dimana biasanya dilakukan melalui pembangunan di bidang agama, pendidikan, serta sosial budaya.

Sebelum membahas mengenai tujuan pembangunan sosial budaya, akan lebih mudah lagi jika dipahami terlebih dahulu mengenai aspek apa saja dalam bidang sosial budaya. Berikut ini beberapa aspek-aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat suatu negara:

  1. Bahasa

Bahasa merupakan salah satu identitas suatu bangsa atau negara yang sangat perlu untuk dikembangkan dan dilestarikan. Mengapa demikian, karena bahasa memiliki peran yang sangat penting sebagai pemersatu bangsa dan proses komunikasi. Disamping melestarikan bahasa nasional, pengembangan bahasa juga perlu dilakukan apalagi dalam era globalisasi seperti sekarang.

Pengembangan yang dilakukan dapat berupa peminjaman konsep maupun istilah-istilah lain dari berbagai sumber, seperti bahasa daerah dan bahasa asing. Dengan demikian, bahasa nasional dapat menjadi alat komunikasi yang lebih efektif, terlebih di zaman semakin maju ini bahasa asing sangat dibutuhkan seperti bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa internasional.

  1. Adat Istiadat dan Tradisi

Adat istiadat dan tradisi berkaitan erat dengan proses atau pola tingkah laku suatu masyarakat, sehingga menjadi suatu bagian penting dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Adat istiadat dan tradisi memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai batasan perilaku setiap individu dalam masyarakat yang bersangkutan, memelihara stabilitas nasional, dan sebagai pendorong terjadinya suatu interaksi yang positif dan harmonis. Suatu

individu akan diterima oleh masyarakat apabila mereka dapat menyesuaikan diri dan menjunjung tinggi adat istiadat dan tradisi yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Apabila individu melanggar maupun menyepelekan adat istiadat dan tradisi yang berlaku kecil kemungkinannya untuk diterima oleh masyarakat yang bersangkutan. Oleh sebab itu perlu adanya pelestarian dan pengembangan atau pembangunan adat istiadat dan tradisi dalam masyarakat.

  1. Komunikasi Sosial

Komunikasi merupakan salah satu aspek sosial yang paling penting dalam masyarakat, karena salah satu syarat utama suatu masyarakat adalah adanya interaksi atau hubungan antar individu didalamnya. Komunikasi juga merupakan suatu unsur penting dalam pembangunan sosial budaya, karena dengan adanya komunikasi tujuan atau maksud dan proses pembangunan dapat berlangsung antara pemerintah dengan masyarakat maupun antar masyarakat dan individu.

Komunikasi sosial berfungsi untuk menjaga keharmonisan kehidupan masyarakat, karena setiap individu pasti membutuhkan apa yang disebut komunikasi sosial dengan sekitarnya. Kondisi tersebut disebabkan karena pada dasarnya manusia merupakan seorang makhluk sosial. Selain itu komunikasi sosial juga membantu dalam proses sosialisasi, dan pengembangan kesejahteraan masyarakat.

Sponsors Link

  1. Nilai dan Norma

Selain adat istiadat dan tradisi, ada pula nilai dan norma yang berlaku dalam suatu masyarakat yang harus di patuhi dalam menjalin kehidupan bermasyarakat. Perubahan sosial yang terjadi berpengaruh pada semakin menurunnya nilai dan norma yang ada dalam masyarakat karena pengaruh budaya luar, sehingga memungkinkan adanya permasalahan sosial budaya dalam masyarakat .

Oleh sebab itu diperlukan juga suatu pengembangan terhadap nilai dan norma yang disesuaikan dengan perkembangan yang ada namun tetap harus didasarkan pada keyakinan pembentukan nilai dan norma dalam masyarakat yang bersangkutan.

Itulah beberapa aspek-aspek sosial budaya yang sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat. Namun jika dilihat dari keseluruhan kelangsungan hidup masyarakat, masih banyak lagi contoh aspek-aspek sosial budaya yang dapat dijumpai. Dalam proses pembangunan sosial budaya pastilah memiliki tujuan yang diusahakan dapat diwujudkan atau dicapai, baik oleh penyelenggara pemerintah maupun oleh masyarakat secara umum.

Arah Kebijakan dan Tujuan Pembangunan Sosial Budaya

Walaupun ada dampak positif dan negatif perubahan sosial , namun suatu proses pembangunan pasti memiliki dampak atau tujuan yang positif bagi kehidupan masyarakat, termasuk pembangunan sosial budaya. Tujuan pembangunan sosial budaya yang utama adalah untuk mewujudkan suatu kesejahteraan masyarakat, dimana ditandai dengan adanya peningkatan kualitas hidup yang layak dan bermartabat.

Terlebih lagi juga dengan adanya peningkatan perhatian dalam pemenuhan kebutuhan dasar oleh setiap warga masyarakat. Demi mencapai tujuannya, pembangunan sosial budaya memiliki beberapa sasaran atau fokus di beberapa bidang, seperti:

ads
  • Peningkatan usia harapan hidup.
  • Menurunkan laju pertumbuhan penduduk untuk mengurangi kepadatan penduduk yang juga berakibat pada munculnya masalah-masalah sosial di dalam masyarakat.
  • Peningkatan ketahanan nasional, termasuk ketahanan sosial dan budaya.
  • Peningkatan kedudukan serta peranan perempuan di berbagai bidang kehidupan.
  • Peningkatan partisipasi aktif generasi muda, serta
  • Peningkatan prestasi dibidang kebudayaan serta olahraga.

Untuk mencapai tujuan utama pembangunan sosial budaya dan beberapa sasaran diatas, maka diperlukan arah kebijakan dan tujuan dari pembangunan sosial budaya itu sendiri. Selain itu juga perlu adanya program-program terencana dibidang sosial dan budaya, seperti bidang kesehatan, kesejahteraan sosial, kependudukan dan keluarga, peranan perempuan, pemuda dan olahraga, seta dibidang kebudayaan.

Dalam pembangunan sosial budaya, peran pemerintah daerah dalam mengelola keragaman sosial budaya juga penting adanya. Bukan hanya masyarakat namun pemerintah pusat maupun daerah juga memiliki tanggung jawab yang sama demi memenuhi kepentingan bersama. Secara umum, arah kebijakan dan tujuan pembangunan sosial budaya menyangkut beberapa bidang kehidupan berikut:

  1. Kesehatan

Dibidang kesehatan arah kebijakan dan tujuannya adalah peningkatan mutu dan kualitas kesehatan, termasuk kualitas sumber daya manusia dan lingkungan sehat. Usaha yang dilakukan juga termasuk dalam peningkatan mutu lembaga kesehatan, fasilitas kesehatan, serta pelayanan kesehatan di setiap kehidupan masyarakat.

  1. Keagamaan

Keberagaman agama dalam suatu masyarakat juga perlu diperhatikan untuk mencegah terjadi nya masalah sosial seperti diskriminasi. Oleh sebab itu, pembangunan sosial budaya juga berfokus pada bidang keagamaan dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis.

Kondisi tersebut diciptakan melalui upaya peningkatan kerukunan hidup serta sikap saling menghormati antar umat beragama. Selain itu juga terciptanya suatu usaha untuk menyempurnakan kualitas pelaksanaan ibadah setiap agama masing-masing sesuai syariat nya, serta mempermudah setiap umat agama dalam pelaksanaan ibadah.

  1. Kesejahteraan Sosial

Dalam bidang kesejahteraan sosial bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang layak bagi setiap individu atau masyarakat yang didasarkan pada asas kemanusiaan yang adil. Arah kebijakan nya lebih difokuskan pada masyarakat miskin dan anak terlantar yang membutuhkan lebih perhatian terutama dari pemerintahan suatu negara.

Tingkat kemiskinan suatu negara juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan nasional. Selain dari pihak pemerintah, masyarakat juga di tuntut untuk ikut aktif dalam usaha peningkatan kesejahteraan sosial.

  1. Pemberdayaan Masyarakat

Tujuan dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk menciptakan kondisi hidup masyarakat yang layak dan kondusif. Kondisi tersebut diciptakan melalui usaha pembangunan ketahanan sosial masyarakat dan penanggulangan penurunan moral atau perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global.

Pemberdayaan masyarakat juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi setiap individu dalam semua bidang kehidupan, terutama bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan adil tanpa ada perbedaan gender di setiap bidang.

Sponsors Link

  1. Kebudayaan dan Pariwisata atau Permuseuman

Upaya yang dilakukan dalam bidang kebudayaan dan pariwisata atau permuseuman adalah dengan mengembangkan kebebasan dalam berkreasi yang didasarkan pada etika, moral, dan agama. Terlebih lagi dengan peningkatan pelestarian kesenian dan kebudayaan tradisional, termasuk pembinaan dan pengembangan museum dan peninggalan sejarah yang dapat berpotensi dalam pengembangan pariwisata daerah.

  1. Olahraga dan Kepemudaan

Dalam bidang olahraga dan kepemudaan yang diutamakan adalah permasalahan generasi muda atau generasi penerus. Tujuannya agar mencegah generasi muda dari masalah-masalah sosial seperti penyalahgunaan narkotika atau obat terlarang. Disamping itu juga adanya upaya peningkatan pembibitan dan pembinaan olah raga yang berprestasi, melalui peningkatan partisipasi dan kualitas lembaga-lembaga pendidikan olah raga.

Itulah beberapa arah kebijakan dan tujuan pembangunan sosial budaya di berbagai bidang kehidupan dalam masyarakat. Perlu dipahami lagi bahwa tujuan pembangunan sosial budaya tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun juga dapat bertujuan untuk mempertahankan serta meningkatkan identitas suatu negara. Dengan adanya pembangunan sosial budaya, identitas suatu negara dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sehingga dapat mencegah adanya campur tangan dari pihak luar yang dapat mengganggu kestabilan kehidupan masyarakat suatu negara.

Demikian penjelasan mengenai tujuan pembangunan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat luas. Sebagai warga masyarakat yang baik alangkah lebih baiknya jika kita dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan sosial budaya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat bersama. Karena sadar atau tidak banyak sekali unsur-unsur perubahan sosial budaya masyarakat yang perlu diwaspadai demi menjaga keutuhan masyarakat. Semoga informasi yang diberikan diatas dapat bermanfaat dan tentunya menambah wawasan serta pengetahuan dibidang ilmu sosial.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 23rd, February 2018 / 08:38 Oleh :
Kategori : Sosiologi