Sponsors Link

Contoh Stalemate Dalam Kehidupan Sehari-Hari di Indonesia

Sponsors Link

Dalam kehidupan bermasyarakat sering kali terdapat konflik yang terjadi antara anggotanya. Tidak jarang, konflik yang terjadi tersebut menjadikan anggota masyarakat yang ada terbelah menjadi beberapa kubu demi mempertahankan pendiriannya masing-masing. Namun, walaupun seperti itu, terkadang masyarakat yang berkubu tersebut dapat menjadi satu kesatuan manakala masyarakat tersebut menghadapi satu peristiwa penting. Dan dalam artikel ini kita akan membahas beberapa contoh stalemate dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin stalemate adalah satu kata yang cukup jarang didengar dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Namun, walaupun seperti itu, pengertian stalemate sendiri sejatinya dimengerti dengan baik oleh masyarakat.

ads

Jika anda belum mengerti apa itu stalemate, stalemate sebenarnya adalah ketika dua pihak yang memiliki kekuatan sama seimbang memiliki konflik dan saling bertentangan. Namun pertentangan tersebut kemudian berhenti ketika dua pihak tersebut menghadapi satu peristiwa sehingga keduanya berhenti saling menyerang. Dan beberapa contoh stalemate dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Bencana Alam

Bencana alam adalah contoh stalemate dalam kehidupan sehari-hari pada poin pertama. Walaupun tidak terjadi setiap hari, namun bencana alam yang terjadi didaerah mampu menciptakan bentuk akomodasi pada masyarakat yang saling bertikai untuk berdamai sementara waktu.

Bencana alam, dibalik dampak negatif yang dimilikinya, ternyata mampu memperlihatkan kepada kita bentuk integrasi sosial dalam masyarakat. Persamaan nasib diantara mereka menjadi salah satu faktor pendorong integrasi sosial sehingga dalam satu waktu mereka mampu menghilangkan perbedaan dan perselisihan untuk membantu memperbaiki keadaan akibat bencana alam tersebut.

  1. Warga Meninggal Dunia

Walaupun Indonesia terdiri dari banyak bentuk masyarakat multikultural, namun perbedaan diantara masing-masing anggota masyarakatnya masih tetap ada. Bahkan terkadang perbedaan yang ada menjadi bom waktu yang bisa kapan saja meledak. Tapi saat terjadi warga meninggal dunia, terkadang mereka harus menyingkirkan ego untuk saling membantu keluarga yang ditinggal meninggal tersebut. Terlebih jika yang meninggal tersebut adalah seorang tokoh masyarakat yang disegani bahkan oleh mereka yang bertikai.

Konflik yang terjadi di masyarat memiliki banyak faktor untuk bisa terjadi dimana salah satunya adalah karena berbagai bentuk perubahan sosial yang dialami masyarakat. Perubahan sosial terkadang merupakan hal yang sulit untuk ditekan karena termasuk bagian dari perubahan jaman. Karena seperti yang kita tahu, sangat banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang sejatinya mampu membawa perubahan pada pola pikir ataupun pola hidup masyarakat.

Selain faktor perubahan sosial, konflik biasanya terjadi juga karena adanya pertentangan prinsip antara anggota masyarakat. Pertentangan prinsip merupakan satu hal yang sangat sering terjadi karena selisih paham dan tidak adanya rasa saling menghormati satu sama lain. Itulah beberapa contoh stalemate dalam kehidupan sehari-hari yang akan membantu kita memahami lebih jelas apa itu sebenarnya stalemate dan bagaimana itu bisa terjadi. Semoga bermanfaat

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 06:55 Oleh :
Kategori : Sosiologi