Sponsors Link

10 Candi di Pulau Sumatra yang Wajib Kamu Kunjungi

Sponsors Link

Candi adalah salah satu peninggalan sejarah masa lampau. Dimana pada zaman dulu Indonesia memiliki banyak kerajaan yang memimpin. Namun, karena penjajahan dan perperangan silih berganti membuat kerajaan bubar.

ads

Meskipun seperti itu kerajaan-kerajaan tersebut masih banyak meninggalkan sejarah kenangan yang tak terlupakan salah satunya candi di pulau sumatera. 

Sampai saat ini candi masih banyak kita lihat di berbagai wilayah Indonesia, terutama di pulau Sumatra, Jawa, dan Bali. Walaupun sebagian besar di antaranya tinggal reruntuhan, namun tidak jarang yang masih utuh dan bahkan masih digunakan untuk melaksanakan upacara keagamaan.

ebagai hasil budaya manusia, keindahan dan keanggunan bangunan candi memberikan hasil gambaran mengenai kebesaran kerajaan-kerajaan pada masa lampau.

1. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu merupakan Candi pertama yang ditemukan di daerah Sumatera Selatan. Terdapat 9 buah candi yang ditemukan di komplek ini 4 di antaranya sudah dipagar.

Menurut penelitian yang dilakukan arkeolog, candi bumi ayu adalah kompleks candi dari kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang terbesar di luar Jawa, yaitu Sriwijaya. Selain itu, Candi Bumi Ayu juga dikenal dengan situs peninggalan Hindu dari aliran Siwa. Banyak yang mengatakan candi satu ini merupakan tiruan dari Candi Prambanan yang berada di Jawa Tengah.

2. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan salah satu candi paling populer di Indonesia. Candi ini terletak di provinsi Riau. Sudah terdapat beberapa bangunan candi di kompleks candi ini seperti Candi Sulung/Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Candi ini diperkirakan telah ada sejak zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya yang mana merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Oleh karena itu, beberapa sejarah menganggap bahwa candi yang satu ini menjadi kawasan pusat pemerintahan dari Kerajaan Sriwijaya pada saat itu. 

3. Candi Lesung Batu

Candi Lesung Batu memiliki bentuk yang unik dan alami hingga saat ini. Di mana Candi Lesung Batu terletak di perkebunan karet milik masyarakat yang masih produktif tepatnya berada di daerah kawasan Provinsi Sumatera Selatan. Menurut penelitian Puslitarkenas, candi yang satu ini memiliki latar belakang agama Hindu. 

Candi Lesung Batu tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam kota saja namun melainkan dari berbagai daerah. Jika dilihat dari bentuknya, candi lesung batu dapat dikatakan paling unik dibanding candi yang lain.

4. Candi Tanjung Medan

Candi Tanjung Medan terletak di Dusun Tanjung Medan, Sumatera Barat. Walaupun candi ini sudah lama ditemukan, namun pemerintah melakukan pemugaran pada tahun 1990-an.

Candi ini diperkirakan adalah candi peninggalan Hindu atau Buddha. Karena keunikan dan kealamian dari bangunan candi yang satu ini, Candi Tanjung Medan sangat direkomendasikan untuk kamu kunjung ketika berada di Sumatera.

5. Candi Satu

Candi Satu terbuat dari bata berukuran sekitar 3,5 x 3,5 meter. Walaupun telah dilakukan pemugaran, namun candi yang satu ini tetap dijaga bentuk dan keasliannya. Dulu, pernah ada penemuan logam di tubuh candi satu yang hampir mirip dengan penemuan logam di Candi Muaro Jambi.

Namun, bedanya yaitu logam yang ditemukan di Candi Satu berbentuk sebilah golok dan logam yang ditemukan di Candi Muaro Jambi berbentuk lempengan dengan berisi tulisan mantra. 

6. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi adalah kompleks percandian Hindu Budha yang terluas di Indonesia dengan luas yakni 3981 hektar. Candi Muaro Jambi ini diperkirakan sebagai candi peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Pada tahun 2009, candi muaro jambi dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Candi Muaro Jambi bisa kamu kunjungi di desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi. Karena keindahan bangunannya masih sangat terjaga.

7. Candi Biaro Bahal

Candi Biaro Bahal biasa disebut dengan Candi Bahal atau Candi Portibi. Kawasan candi ini termasuk kompleks candi Buddha dengan aliran Vajrayana yang berlokasi di Sumatera Utara.

Kamu bisa berkunjung dan menikmati wisata sejarah di kompleks candi terluas di Provinsi Sumatera Utara ini. Kompleks candi yang satu ini yaitu Candi Bahal I, Candi Bahal II, dan Candi Bahal III. 

8. Candi Orang Kayo Hitam

Candi Orang Kayo Hitam merupakan yang terletak di provinsi Jambi. Candi Orang Kayo Hitam ini berlokasi tidak terlalu jauh dari makam Orang Kayo Hitam. Para pengunjung candi yang satu ini cukup banyak dan berasal dari berbagai daerah.

Walaupun Candi Orang Kayo Hitam memiliki bangunan yang tidak utuh, namun masih tetap terjaga keasliannya. Candi yang satu ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Sumatera.

9. Gapura Sriwijaya

Gapura Sriwijaya terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Setelah dilakukan penelitian oleh Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya, dijelaskan bahwa sebenarnya terdapat 9 jenis gapura di kawasan ini.

Namun, saat ini yang ditemukan baru 7  jenis gapura saja. Kondisi seluruh gapura Kerajaan Sriwijaya ini ditemukan dalam keadaan roboh. Hal itu diperkirakan karena terjadi faktor alam seperti gempa, erosi,dan lain-lain. Gapura Sriwijaya ini masih memiliki bentuk yang alami dan tetap terjaga keasliannya. 

10. Candi Bukik Awang Maombiak

Candi Bukik Awang Maombiak berlokasi di Kenagarian Siguntur, provinsi Sumatera Barat. Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota saja, melainkan banyak pengunjung yang datang dari luar kota untuk mengunjungi wisata bersejarah di Sumatera Barat ini.

Menurut sejarah, Candi Bukit Awang Maombiak dibangun pada abad ke-7 hingga abad ke-15 dan ditemukan oleh arkeolog pada tahun 1985. 

Sponsors Link
, ,




Post Date: Sunday 18th, September 2022 / 08:44 Oleh :
Kategori : Sejarah