Sponsors Link

Perbedaan Hubungan Sosial dengan Tindakan Sosial Berdasarkan Ciri-Cirinya

Sponsors Link

Dalam kehidupan kita selama sehari hari rasanya kita tidak bisa dipisahkan dengan orang lain. dari situ kan membentuk dan terjadi sebuah hubungan yang nantinya akan menghasilkan sebuah hubungan. dan dalam ilmu sosiologi itu semua dinamakan dengan yang namanya hubungan sosial dan interaksi sosial. Namun sebenarnya apa sih pengertian dari hubungan sosial dan tindakan sosial? Lalu apa perbedaannya? Hubungan sosial adalah salah satu bentuk hubungan yang dilakkukan dengan tujuan timbal balik yang di lakukan oleh orang yang satu pada orang yang lain dengan suatu kesadaran pribadi dengan tujuan dan maksud untuk menjalin kerja sama dan tolong menolong dengan orang lain. Dalam suatu hubungan sosial pasti memiliki ciri ciri tertentu yang membedakan agar komponen keteraturan sosial yang lain. lalu apa ciri ciri dari hubungan sosial dan contoh status sosial. Menurut Charles P. Loomis, beliau adalah seorang ahli Sosiologi yang berasal dari Amerika Serikat,di sini beliau berpendapat bahwa sebuah hubungan dapat disebut sebagai hubungan sosial atau interaksi sosial contoh nilai sosial apabila memiliki ciri- ciri:

ads
  • Memilki pelaku dalam sebuah interaksi yang terdiri dari dua orang atau lebih
  • Terjadi sebuah komunikasi dalam bentuk ucapan, symbol, dan lain lain
  • Terdapat sebuah waktu kejadian yang bisa terjadi pada saat sekarang, yang lalu, dan juga yang akan datang.
  • Dari sebuah hubungan sosial memiliki suatu tujuan dan juga maksud tertentu yang akan serta ingin di capai.

Dan untuk sesuatu bisa dikatan atau di sebut sebuah hubungan sosial pasti memiliiki syarat syarat tertentu untuk bisa di katan sebuah hubungan sosial. Lalu apa saja syarat syarat dari terbentuknya sebuah hubungan sosial dan juga contoh hubungan sosial.

  • Kontak sosial

Dalam kontak sosial di sini yang dimaksudkan adalah sebuah hubungan yang menyentuh. Kontak sosial di sini bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung maupun secara tidak langsung. Kontak sosial secara langsung seperti: bertemu, bersalaman, menyentuh, dan lain sebagainya.  Sedangkan untuk jenis kntak sosial tidak langsung seperti: telp, ber-sms,

  •  Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung contoh komunikasi sosial. Sedangkan di sini kita juga akan menjelaskan mengenai tindakan sosial. Lalu sebenarnya apa sih arti dari tindakan sosial. Tindakan sosial itu sebenaarnya awalnya di pengaruhi oleh suatu hubungan sosial. Tindakan sosial yang di maksud di sini adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh satu pada orang lain dan itu dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu. Sama seperti komponen sosiologi yang lain. di sini tindakan sosial juga memiliki ciri ciri dan contoh tindakan sebagai makhluk sosial seperti:

  • Tindakan yang rasional serta instrumental

Yang di maksud di sini adalah semua hal yang dilakukan selalu bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu yang  masuk dalam akal dan pikiran.

  • Tindakan yang berorintasi pada nilai

Yang di maksudkan di sini adalah  mengenai antara baik dan buruk, sah dan tidak sahnya menurut contoh nilai sosial yang berlaku.

  • Tindakan sosial yang tradisional

Yang di maksud di sini adalah tindakan yang masih erat dan berorintasi pada adat istiadat yang ada di dalam masyarakat atau sebuah komunitas tertentu.

Demikian perbedaan hubungan sosial dan tindakan sosial semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 15th, February 2019 / 02:29 Oleh :
Kategori : Sosiologi