Sponsors Link

11 Contoh Hubungan Sosial dalam Berlangsungnya Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Dalam menjalani kehidupan dalam masyarakat, setiap individu pasti tidak akan lepas dari yang namanya hubungan sosial. Hubungan sosial sering dikaitkan dengan adanya suatu interaksi sosial, dimana interaksi sosial merupakan salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat ditinggalkan. Sebagai bagian dari makhluk sosial, setiap individu pasti membutuhkan orang lain agar dapat bertahan hidup, salah satunya adalah kebutuhan akan komunikasi atau interaksi dan membangun suatu hubungan sosial.

ads

Berbagai macam contoh hubungan sosial yang berlangsung dalam masyarakat dapat dilihat secara jelas, karena pada dasarnya setiap tindakan yang menimbulkan suatu aksi dan reaksi antar individu maupun kelompok sudah dapat digolongkan atau disebut sebagai suatu hubungan sosial. Sebelum membahas apa saja contoh hubungan sosial yang berlangsung di dalam lingkungan masyarakat, perlu dipahami lebih lanjut terlebih dahulu mengenai hubungan sosial itu sendiri.

Pengertian Hubungan Sosial

Hubungan sosial merupakan suatu hubungan timbal balik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Beberapa ahli juga memberikan definisi nya mengenai hubungan sosial, beberapa diantaranya adalah:

  • Gillin dan Gillin – Hubungan sosial merupakan suatu hubungan yang dinamis, dimana menyangkut hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, maupun antara individu dengan kelompok.
  • Soerjono Soekanto – Hubungan sosial merupakan suatu proses sosial yang terjadi akibat adanya berbagai macam hubungan sosial yang dinamis, baik antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dengan kelompok.
  • Astrid S. Susanto – Hubungan sosial merupakan suatu hubungan yang terjalin antara manusia yang menghasilkan suatu hubungan yang tetap dan berkemungkinan menimbulkan suatu struktur sosial dalam lingkungan masyarakat.
  • Bonner – Hubungan sosial merupakan suatu hubungan yang terjalin antara dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi, merubah, dan berkemungkinan memperbaiki kelakuan atau pola tingkah laku individu yang bersangkutan.
  • Maryati dan Suryati – Hubungan sosial merupakan suatu kontak sosial atau hubungan timbal balik yang didalamnya terdapat respon antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dengan kelompok.

Dari beberapa pengertian hubungan sosial diatas dapat disimpulkan bahwa, hubungan sosial merupakan suatu hubungan timbal balik yang didalamnya terdapat kontak sosial dan komunikasi atau respon yang terjadi baik antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dengan kelompok.

Hubungan sosial juga memiliki beberapa ciri-ciri tertentu, dimana Charles P. Loomis memberikan pendapatnya bahwa suatu hubungan yang terjalin dapat disebut sebagai suatu hubungan sosial jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dilakukan oleh 2 orang atau lebih.
  • Berlangsungnya suatu komunikasi dan kontak sosial didalamnya.
  • Adanya dimensi waktu yang meluputi masa lalu, masa kini, dan juga masa yang akan datang nantinya.
  • Adanya suatu tujuan yang ingin atau akan dicapai sebagai suatu akibat atau hasil dari berlangsungnya suatu hubungan sosial.

Selain ciri-ciri hubungan sosial diatas, berlangsungnya atau terbentuknya suatu hubungan sosial di dalam kehidupan masyarakat juga didorong adanya beberapa faktor, baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Salah satu faktor pendorong terjadinya hubungan sosial yang tidak asing lagi adalah takdir atau kodrat manusia sebagai makhluk sosial, sehingga mendorong manusia untuk menjalin suatu hubungan sosial agar dapat bertahan hidup dan menjalankan kehidupan nya dalam masyarakat dengan baik.

Setelah mengetahui lebih jelas mengenai apa yang disebut dengan hubungan sosial, maka bisa dilihat berbagai macam hubungan yang terjalin di dalam kehidupan masyarakat yang dapat tergolong dalam suatu hubungan sosial. Lalu apa saja contoh hubungan sosial yang ada di masyarakat, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Contoh Hubungan Sosial

Contoh hubungan sosial sendiri dapat dilihat dari bentuk hubungan sosial dan proses hubungan sosial yang ada di dalam masyarakat, berikut penjelasannya:

Contoh Hubungan Sosial Berdasarkan Bentuknya

Dari salah satu ciri hubungan sosial yaitu dilakukan oleh dua orang atau lebih, maka contoh dari hubungan sosial juga dapat dilihat dari bentuknya yang didasarkan pada jumlah orang yang terlibat, yaitu antar individu, antar kelompok, dan antara individu dengan kelompok.

  • Antara individu dengan individu

Contoh yang paling mudah adalah hubungan sosial yang dilakukan antara individu, seperti interaksi yang berlangsung antar teman, hubungan yang terjalin antar seorang ayah yang selalu memberikan nasehat kepada anaknya, hubungan antar sesama pekerja di suatu lingkungan kerja, dan lain sebagainya.

  • Antara kelompok dengan kelompok

Sponsors Link

Contoh hubungan sosial yang dilakukan oleh kelompok dengan kelompok adalah hubungan yang dilakukan dua klub sepak bola, seperti adanya pertandingan antar Persija dengan Persipura, atau antar klub olahraga lainnya.

  • Antara individu dengan kelompok

Salah satu contoh hubungan sosial antara individu dengan kelompok adalah hubungan dan interaksi yang berlangsung dalam suatu pengajian akbar, dimana uztad memberikan ceramah kepada para anggota atau jamaah pengajian. Selain itu, interaksi antar guru dengan murid di kelas juga dapat tergolong dalam contoh hubungan sosial antara individu dengan kelompok.

Contoh Hubungan Sosial Berdasarkan Prosesnya

ads

Selain berdasarkan pada bentuknya, contoh hubungan sosial juga dapat dilihat dari proses berlangsungnya. Dimana terdapat dua proses hubungan sosial yang juga dapat tergolong dalam sifat-sifat hubungan sosial, yaitu hubungan sosial asosiatif dan hubungan sosial disosiatif.

  1. Hubungan Sosial Asosiatif

Hubungan sosial asosiatif dapat disimpulkan sebagai suatu proses hubungan sosial yang positif, artinya hubungan timbal balik yang terjadi memiliki sifat positif atau baik demi mencapai suatu tujuan bersama, beberapa contoh hubungan sosial asosiatif adalah:

  • Kerjasama

Setiap manusia membutuhkan suatu kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai seorang makhluk sosial, berbagai contoh kerjasama seperti adanya tawar menawar, koalisi, kooptasi, patungan, dan lain sebagainya. Contoh lainnya seperti, kerjasama yang berlangsung diantar para pengusaha dalam membangun bisnis mereka demi tercapainya suatu tujuan bersama, sehingga kerjasama yang dilakukan merupakan suatu hubungan sosial yang baik atau bersifat positif. Hal tersebut juga karena dapat memberikan dampak positif hubungan sosial, yaitu meningkatkan pendapatan, membantu perkembangan ekonomi, membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, memberikan lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya.

  • Akomodasi

Akomodasi merupakan suatu proses sosial yang biasanya terjadi antara individu dengan kelompok dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu pertentangan atau bentuk-bentuk konflik sosial agar tidak menimbulkan kerugian di salah satu pihak yang bersangkutan. Berbagai contoh akomodasi yang biasanya hadir dalam masyarakat seperti mediasi, kompromi, toleransi, arbitrasi, dan lain sebagainya. Contoh lainnya adalah hubungan sosial antara berbagai pihak berwenang dengan anggota masyarakat dalam mengatasi masalah yang dihadapi, seperti pengadilan yang menjadi mediasi bagi penyelesaian masalah perceraian rumah tangga.

  • Akulturasi

Akulturasi merupakan suatu proses penerimaan dan pengelolaan unsur-unsur kebudayaan baru yang masuk dalam suatu kehidupan masyarakat tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan dari masyarakat tersebut. Dimana dengan akulturasi maka pertikaian atau pertentangan yang terjadi akibat keanekaragaman budaya dalam masyarakat dapat di hindari. Sebagai contoh adalah, hubungan sosial yang terjadi antara masyarakat lokal dengan para turis yang mengunjungi lingkungan mereka, sehingga pasti akan ada kebudayaan asing diserap tetapi tidak berarti kebudayaan asli mereka tinggalkan.

  • Asimilasi

Asimilasi merupakan suatu proses penyatuan kebudayaan yang berbeda untuk menjadi satu kebudayaan yang utuh. Sebagai contoh seperti kebudayaan baru yang masuk dan mampu disatukan dalam satu kebudayaan masyarakat, sehingga hubungan sosial yang berlangsung akan semakin beragam .

  • Amalgamasi

Amalgamasi merupakan proses kelanjutan dari adanya asimilasi, dimana peleburan atau penyatuan dua kebudayaan yang berbeda akan menghasilkan suatu kebudayaan baru. Sebagai contoh amalgamasi seperti pernikahan yang berlangsung antar dua etnis yang berbeda, seperti etnis jawa dengan etnis sunda sehingga dalam berlangsungnya kehidupan keluarga mereka akan menghasilkan suatu kebudayaan yang baru.

  1. Hubungan Sosial Disosiatif
Sponsors Link

Berbeda dengan hubungan sosial asosiatif, hubungan sosial disosiatif lebih mengarah pada hubungan yang bersifat negatif atau tidak baik dan berkemungkinan menyebabkan perpecahan dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat. beberapa contoh hubungan sosial disosiatif antara lain:

  • Persaingan atau kompetisi

Persaingan atau kompetisi menjadi suatu hubungan sosial yang negatif karena dapat berkemungkinan merusak interaksi atau hubungan yang terjalin sebelumnya ketika hasil persaingan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, suatu persaingan atau kompetisi juga dapat berkemungkinan memudarkan nilai dan norma dalam masyarakat. sebagai contoh adalah persaingan atau hubungan sosial yang berlangsung antara pengusaha atau pemilik bisnis, dimana ketika bisnis mereka kalah bersaing maka hubungan sosial diantara yang bersangkutan juga akan terganggu, terkadang juga berakibat pada munculnya tindakan tidak baik seperti usaha memperburuk citra satu sama lain, dan lain sebagainya.

  • Kontravensi

Kontravensi merupakan suatu usaha yang dilakukan suatu pihak untuk menghalangi atau menggagalkan upaya pihak lain dalam mencapai tujuan mereka. Berbagai macam contoh kontravensi seperti adanya fitnah, provokasi, intimidasi, gangguan, dan lain sebagainya yang akhirnya akan merusak hubungan sosial atau akan menimbulkan suatu hubungan sosial yang tidak baik atau tidak sehat di dalam masyarakat.

  • Pertentangan atau konflik

Pertentangan merupakan suatu hubungan sosial yang dilakukan antar pihak yang saling menentang satu sama lain, baik secara sadar maupun tidak. Adanya pertentangan juga biasanya disertai dengan suatu tujuan untuk menghancurkan pihak yang bersangkutan, dimana pertentangan dapat menyebabkan berbagai macam hubungan sosial yang bersifat negatif dan berdampak seperti timbulnya berbagai macam contoh masalah sosial, kesenjangan sosial, perbedaan kepentingan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh hubungan sosial di dalam perkembangan masyarakat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 16:07 Oleh :
Kategori : Sosiologi