Sponsors Link

3 Perbedaan Tindakan Sosial dan Perilaku Sosial yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Pada umumnya Anda mungkin sulit membedakan tindakan sosial dan perilaku sosial. Dalam ilmu sosiologi, tindakan sosial berbeda dengan perilaku sosial. Pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial. Baca juga perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial. Namun, sebelum membahas mengenai perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial, terlebih dahulu akan dibahas mengenai definisi tindakan sosial dan perilaku sosial. Definsi dari kedua hal tersebut adalah:

ads
  • Perilaku Sosial

Menurut Ruswanto (2009), perilaku sosial adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan memperhitungkan keberadaan orang lain. Sedangkan menurut Myers (2010), perilaku sosial adalah pola interaksi dan tindakan antara individu dengan lainnya. Lebih lanjut lagi, menurut Baron & Byrne (2005), perilaku sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku umum yang ditunjukkan oleh individu dalam masyarakat, yang pada dasarnya sebagai respons terhadap apa yang dianggap dapat diterima atau tidak dapat diterima oleh kelompok sebaya seseorang. Anda dapat membaca mengenai jenis-jenis norma sosial.

Pada dasarnya perilaku sosial muncul karena manusia adalah makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial pun perlu bermasyarakat. Anda dapat membaca macam-macam nilai sosial. Manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Hal tersebut sesuai dengan yang dinyatakan oleh Ibrahim (2001), perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia.

  • Tindakan Sosial

Teori tindakan sosial adalah sumbangan Max Weber. Rasionalitas merupakan konsep dasar yang Weber gunakan untuk mengklasifikasikan tipe-tipe tindakan sosial. Anda dapat membaca mengenai manfaat tindakan sosial. Max Weber mengungkapkan bahwa tindakan sosial merupakan tindakan yang memiliki arti subjektif bagi individu dan diarahkan pada perilaku orang lain. Makhluk hidup melakukan berbagai tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Anda dapat membaca contoh tindakan sebagai makhluk sosial. Tindakan adalah perbuatan, perilaku, atau aksi yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya untuk mencapai tujuan tertentu. Weber menyatakan bahwa terwujudnya dunia adalah karena tindakan sosial.

Tindakan sosial merupakan tindakan yang dilakukan dengan berorientasi pada atau dipengaruhi orang lain. Tindakan tersebut ditujukan untuk mencapai apa yang dikehendaki. Setelah sasaran terpilih, selanjutnya dalah melihat keadaan dan memilih tindakan. Tindakan tersebut dapat terwujud dalam  kehidupan sehari-hari. Tindakan sosial berarti tindakan yang memiliki makna subjektif bagi dan dari aktor pelakunya (Johnson dalam Upe, 2008). Tindakan sosial bermakna untuk dirinya sendiri dan orang lain. Tindakan tersebut bukan respon terhadap stimulus melainkan terhadap maknanya bagi pelaku. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi tindakan sosial, Anda perlu membaca tujuan dan fungsi tindakan sosial.

Perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial adalah sebagai berikut:

  1. Tindakan sosial adalah cara untuk melakukan sesuatu, sedangkan perilaku sosial adalah sifat seseorang untuk melakukan sesuatu dengan pertimbangan yang sesuai dengan kehendaknya.
  2. Perilaku sosial adalah sifat relatif untuk menanggapi orang lain, sedangkan tindakan sosial merupakan realisasi dari perilaku sosial. Dalam hal ini, perilaku sosial ditunjukkan dengan tindakan sosial.
  3. Perilaku sosial adalah mekanisme stimulus dan respon dari pelaku. Sedangkan pada tindakan sosial, aktor berperan sebagai penanggap pasif dari stimulus yang datang padanya.

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam memahami perbedaan antara tindakan sosial dan perilaku sosial.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 15th, February 2019 / 02:20 Oleh :
Kategori : Sosiologi