Sponsors Link

5 Perbedaan Manajemen dan Sumber Daya Manusia yang Harus diketahui

Sponsors Link

Manajemen yang mengatur unsur manusia mendukung terwujudnya tujuan yang ingin dicapai dalam suatu organisasi, ada manajemen ( Personalia ) dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Namun Manajemen (personalia) dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan dua hal yang berbeda.

ads

Berikut ini ada beberapa perbedaan dari manajemen (Personalia) dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), apabila dilihat dari berbagai aspeknya, yaitu :

1. Perbedaan Berdasarkan Pengertian

Berdasarkan pengertiannya, perbedaan dari manajemen Personalia dengan manajemen sumber daya manusia, yaitu manajemen yang berkaitan dengan tenaga kerja. Dimana berkaitan dengan perekrutan, penetapan staff, pengembangan yang memiliki hubungan dengan perusahaan agar tujuan dari perusahaan tercapai.

Sedangkan manajemen sumber daya manusia merupakan manajemn yang berfokus kepada pengunaan tenaga kerja entitas yang efektif agar tujuan organisasi tercapai.

2. Perbedaan Berdasarkan Ruang Lingkup

Berdasarkan luang lingkupnya, perbedaan dari manajemen spersonalia dengan manajemen sumber daya manusia, yaitu manajemen personalia, memiliki ruang lingkup yang terbatas dimana para tenaga kerja dipandang sebagai alat bagi perusahaan.

Sedangkan manajemen sumber daya manusia memiliki ruang lingkup yang lebih luas dimana para tenaga kerja dianggap sebagai aset bagi perusahaan.

3. Perbedaan Berdasarkan Pendekatan

Berdasarkan pendekatannya, perbedaan dari manajemen personalia dengan manajemen sumber daya manusia, yaitu manajemn personalia biasanya masih memiliki pendekatan dengan gaya tradisional kepada para pekerja.

Sedangkan manajemen sumber daya manusia lebih memiliki pendekatan dengan gaya moderen kepada para pekerja.

4. Perbedaan Berdasarkan Komunikasi

Berdasarkan komunikasinya, perbedaan dari manajemen personalia dengan manajemen sumber daya manusi, yaitu manajemen personalia memiliki jangkauan komunikasi dengan tenaga kerja yang tidak bertemu langsung atau harus melalui perantara.

Sedangkan manajemen sumber daya manusia memiliki jangkauan yang dilakukan secara langsung atau bertatap muka.

5. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, perbedaan dari manajemen personalia dengan manajemen sumber daya manusia, yaitu manajemen personalia membagi fokusnya kedalam dua bagian : Fungsi operatif yang berkaitan dengan pengadaan, pembangunan, evaluasi, kesejahteraan, hingga perundinan bersama dengan tenaga kerja dan fungsi manajerial yang berkaitan dengan perencanaan, pengarahan, motivasi dan koordinasi dengan tenaga kerja.

Sedangkan fungsi dari manajemen sumber daya manusia yaitu untuk memastikan ketersediaan tenaga kerja telah memenuhi syarat dan menempatkan pada pekerjaan yang tepat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 19th, July 2021 / 03:09 Oleh :
Kategori : Ekonomi
Search

Recent Posts

Recent
Teacher Room

Pernah Mengunjungi Museum – Museum Bersejarah tapi Mistis ini?