Sponsors Link

3 Contoh Dari Modernisasi dan Globalisasi Dalam Kehidupan

Sponsors Link

Modernisasi adalah kondisi dimana suatu lingkungan yang kurang atau belum maju mengalami perubahan menuju ke kondisi yang lebih baik dari sebelumnya, lebih sejahtera dan lebih makmur. Modernisasi lebih cenderung melekat pada bidang perubahan perkembangan pada pendidikan dan teknologi yang lebih baik dan lebih canggih secara khusus. Modernisasi ini lebih cenderung pada peningkatan dalam berbagai bidang termasuk ke dalam kemanusiaan dan peradaban yang tinggi dan berkualitas.

ads

Beberapa pakar sosiologi, seperti Widjojo Nitisastro, Soerjono Soekanto, Wilbert E Moore pun memiliki pendapatnya sendiri dalam definisi modernisasi ini. Secara sederhana, modernisasi adalah proses perkembangan teknologi dan pengetahuan dari cara-cara konvensional ke cara-cara yang lebih baru dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Modernisasi termasuk ke dalam salah satu bentuk perubahan sosial yang dipelajari dengan menyeluruh di dalam ilmu sosiologi.

Modernisasi ini baru bisa terlaksana apabila ada tingkat organisasi yang tinggi dan berkualitas dengan sentralisasi wewenang. Apabila hal tersebut sudah dilakukan, organisasi tersebut juga harus dilengkapi dengan sistem administrasi dan pengumpulan data yang memenuhi syarat dan mampu mengimbangi visi dan misi organisasi tersebut. Selanjutnya, ciri adanya modernisasi adalah dengan adanya sumber daya-sumber daya manusia yang mampu berfikir secara ilmiah dan berinteraksi dengan masyarakat dengan budaya-budaya yang modern menggungakan komunikasi massa.

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Segala bentuk perubahan sosial termasuk di dalamnya adalah modernisasi pasti memiliki dampak baik positif maupun negatif. Beberapa dampak positif dari modernisasi adalah :

  • Perubahan mengenai nilai dan pola pikir yang ada di dalam masyarakat menjadi ke nilai dan pola pikir yang lebih rasional dan lebih maju
  • Meningkatnya kualitas pendidikan dan melejitnya kemajuan teknologi. Perkembangan pendidikan dan teknologi merupakan tombak dari menginkatnya kesejahteraan suatu bangsa
  • Bangsa yang lebih makmur dan sejahtera dari berbagai sisi. Masyarakat yang lebih modern dapat menjalankan fungsi kehidupannya dengan lebih efektif dan efisien
  • Integrasi bangsa yang semakin menguat karena interaksi dan komunikasi menjadi lebih mudah dan lancar. Informasi yang diterima masyarakat sangat berpengaruh pada integrasi sebuah bangsa
  • Kesadaran masyarakat yang semakin meninggi mengenai berbagai hal seperti pada politik, budaya, demokrasi, dan sistem-sistem sosial lain yang ada di masyarakat
  • Pengetahuan masyarakat yang semakin meluas karena sumber pendidikan, teknologi dan informasi yang juga semakin banyak dan dapat mewujudkan individu-individu yang kritis dalam berfikir

Dampak negatif dari adanya modernisasi adalah sebagai berikut :

  • Dengan adanya modernisasi, kesenjangan sosial adalah salah satu bentuk faktor penyebab terjadinya masalah sosial yang tidak dapat dihindari lagi. Informasi, pendidikan, teknologi dan segala faktor yang meningkat karena adanya modernisasi sangat berpotensi untuk tidak didapatkan seluruh kalangan masyarakat, khususnya kalangan menengah kebawah.
  • Kesenjangan ekonomi pun terjadi karena adanya kesenjangan sosial yang menjadi jurang pemisah antara masyarakat yang mendapatkan kesempatan dalam proses modernisasi ini dan dengan masyarakat yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dan lain-lain
  • Timbulnya sifat materialistis dan konsumtif yang disebabkan oleh tergerusnya adat dan budaya tradisional dan beradaptasi pada apa yang dipamerkan oleh budaya-budaya modern yang menjadi tolak ukur dari segala hal
  • Dengan adanya kesenjangan sosial dan kesenjangan ekonomi, peningkatan kriminalitaspun tidak dapat terhindarkan. Baca juga peran lembaga pendidikan

Pengertian Globalisasi

Para pakar sosiologi internasional seperti Laurence E. Rothernberg, Anthony Giddens, DR. Nayef R.F. Al-Rodhan, Emanuel Ritcher, Martin Albrow, dan Malcom Water memiliki definisi sendiri-sendiri mengenai pengertian globalisasi.

Sponsors Link

Globalisasi adalah adanya percepatan interaksi dan informasi yang terjadi di seluruh dunia, yang tidak dihalangi oleh wilayah atau apapun baik dilihat dari sisi individu, masyarakat maupun pemerintahan.

Globalisasi adalah proses dimana satu individu, kelompok atau masyarakat luas terhubung satu sama lain dalam komunitas global yang bersatu dan berintegrasi dalam hubungan kegiatannya sehari-hari. Globalisasi terjadi karena adanya dukungan dari berbagai faktor, seperti faktor teknologi, faktor informasi, faktor komunikasi, faktor kerjasama internasional dan juga tidak lupa faktor pendidikan yang semakin berkualitas. Globalisasi tidak akan terjadi tanpa faktor-faktor tersebut. Perkembangan dari berbagai faktor tersebut mempermudah jalannya kerjasama, informasi dan interaksi yang ada di seluruh dunia.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Globalisasi ini memiliki banyak dampak negatif dan positif, seperti banyak proses sosial pada umumnya. Dampak ini dapat dilihat dari banyak sisi, sisi ekonomi, politik maupun sisi sosial. Pada umumnya, kebaikan yang dibawa oleh adanya proses globalisasi ini adalah seperti berikut :

  • mengingkatnya pembangunan infrastruktur
  • kemudahan berkomunikasi dan berinteraksi
  • meningkatnya kesejahteraan ekonomi
  • Peningkatan dari sisi pariwisata
  • Informasi dan ilmu pengetahuan yang semakin meluas
  • Kemakmuran masyarakat
  • Peningkatan kualitas inddividu
  • Kemudahan transportasi
ads

Sedangkan dari sisi lain, dampak negatif yang datang bersama dengan adanya globalisasi ini adalah :

  • Individualisme yang semaking meninggi
  • Tingkat konsumtif masyarakat meningkat
  • Kreativitas menurun karena kemudahan-kemudahan yang ada
  • Budaya dan adat akan semakin menghilang
  • Informasi yang tidak bisa difilter
  • Persaingan ketat dan kompetisi dengan pihak asing dalam perkembangan perusahaan
  • Timbulnya masalah-masalah sosial baru
  • Mudah menyerap budaya dan kebiasaan baru yang lebih dominan

Contoh-Contoh Modernisasi dan Globalisasi

  • Perkembangan Dalam Bidang Komunikasi

Perkembangan modernisasi dan globalisasi dalam bidang komunikasi dapat kita rasakan dan sangat berpengaruh pada kehidupan kita di zaman ini. Komunikasi di era modernasis dan globalisasi berkaitan erat dengan kemajuan teknologi dan juga informasi. Dengan teknologi digital yang kita rasakan, seperti pada telepon seluler, kemudahan kita mengakses informasi di internet dan juga teknologi-teknologi yang memudahkan komunikasi kita sehari-hari adalah contoh nyata dari adanya modernisasi dan globalisasi.

Dibalik kemajuan dari komunikasi, teknologi dan informasi, cara-cara interaksi yang terjadi antar individu mulai mengalami perubahan. Dalam hal ini, kecanggihan yang kita rasakan juga menyebabkan beberapa dampak negatif seperti berkurangnya intensitas interaksi kita untuk saling bertemu dan bertatap mata untuk sekedar bertukar informasi, berkomunikasi sehari-hari dan sebagainya. Manusia semakin merasa tidak membutuhkan kehadiran orang lain secara nyata, karena teknologi sudah memberikan kemudahan untuk berkomunikasi tanpa harus bertatap muka.

  • Perkembangan Dalam Bidang Pekerjaan

Contoh modernisasi dan globalisasi dalam bvidang pekerjaan yaitu dengan berubahnya sistem dan pola pikir dalam bekerja. Sistem, administrasi, visi dan misi perusahaan menjadi lebih canggih dan mulai meninggalkan cara-cara konvensional aatu tradisional. Contoh konkret dalam hal ini adalah terciptanya mesin-mesin atau alat transportasi dan juga alat-alat berat untuk membantu memudahkan pekerjaan industri sehari-hari. Secara tidak langsung, adanya kemajuan dalam bidang perusahaan ini dapat mengurangi beban biaya, memangkas waktu produksi dan meningkatkan jumlah produksi secara berlipat ganda.

  • Perkembangan Dalam Bidang Pendidikan

Perkembangan dalam bidang pendidikan dapat dilihat dengan cara penggunaan sarana-sarana pendidikan yang tidak lagi tergantung dengan kertas atau buku. Kemudahan untuk mengakses segala jenis informasi akademik dan juga kemudahan akibat banyak pilihan barang elektronik sangat meningkatkan kemajuan masyarakat dalam bidang pendidikan.

Dengan adanya perubahan sistem pada masyarakat, pasti ada dampak positif dan negatif perubahan sosial budaya. Masih ada banyak contoh modernisasi dan globalisasi yang tidak bisa kita bahas secara mendetail dan satu persatu. Globalisasi dan modernisasi adalah salah satu contoh perubahan sosial budaya yang pasti akan terjadi secara langsung atau tidak langsung demi mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih maju dan berkembang.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 06th, February 2018 / 08:09 Oleh :
Kategori : Sosiologi