Sponsors Link

6 Fakta Gerhana Matahari yang Perlu diketahui

Sponsors Link

Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menarik. fenomena ini melibatkan benda benda langit yang ada dalam tata surya. Gerhana merupakan peroses terjadinya pergerakan benda langit lainnya menjadi tertutup.

ads

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi.

Berikut merupakan beberapa fakta menarik tentang gerhana matahari.

1. Jarang Terjadi

Gerhana matahari sangat jarang terjadi, rata-rata gerhana matahari terjadi sekitar 18 bulan, dengan kekambuhan hanya setiap 320 sampai 410 tahun, di daerah tertentu gerhana matahari terjadi setiap tahun antara 3 dan 5 gerhana matahari.

2. Menutupi Matahari Sepenuhnya

Pada saat peristiwa gerhana matahari, matahari tertutup sepenuhnya oleh bulan. Padahal ukuran matahari 400 kali lebih besar dari bulan.

3. Menurunnya Suhu

Pada saat terjadi peristiwa gerhana matahari maka suhu akan menurun sekitar 4 derajat celsius.

4. Proses nya singkat

Gerhana matahari total hanya dapat bertahan maksimum 7 menit 30 detik.

5. Ada Beberapa Jenis

Gerhana matahari mempunyai jenis lain, yang dikenal sebagai gerhana hibrida, yang terjadi saat pergeseran antara gerhana total dan annular tergantung kita melihatnya dari bumi, ini relatif jarang.

6. Dapat Merusak Mata

Gerhana matahari dapat merusak mata jika kita menikmatinya secara langsung. Pada gerhana matahari kita harus menggunakan pelindung agar mata tidak rusak.

Itulah beberapa fakta menarik tentang gerhana matahari semoga mudah dimengerti.

Sponsors Link
,
Post Date: Thursday 19th, May 2022 / 02:23 Oleh :
Kategori : Geografi